Pertanyaan
Studi Pengelolaan 1) Kelas 4.B SD 1 terdiri dari 25 siswa dengan latar belakang sosial, budaya, dan kemampuan yang beragam. Beberapa siswa memiliki kecenderungan sulit berkonsentrasi , sering terlambat mengumpulkan tugas, dan ada konflik antar siswa yang memengaruhi suasana belajar. Guru kelas, Bu Din, ditugaskan untuk menciptakan pengelolaan kelas yang kondusif, memastikan disiplin, meningkatkan iklim kelas yang positif, menangani masalah anak, dan mengatur ruang kelas secara efektif. Masalah yang dihadapi Ibu Din: Masalah pertama : Beberapa siswa sering berbicara saat guru menjelaskan, mengganggu teman saat belajar, dan ada siswa yang sulit mengikuti aturan waktu saat kegiatan berlangsung. Masalah Kedua : Kelas terasa tegang karena sering terjadi konflik kecil di antara siswa, seperti saling mengejek dan tidak menghargai pendapat teman saat diskusi. Masalah Ketiga : Ada seorang siswa bernama Didin, yang sering mengganggu teman, tidak menyelesaikan tugas, dan tampak kurang percaya diri saat diminta berbicara di depan kelas. Pertanyaan: 1. Jika kamu menghadapi masalah kelas seperti Ibu Din, bagaimana tindakan kamu untuk mendisipilinkan siswa dan menciptakan iklim kelas yang kondisinya seperti itu!(masalah pertama) 2. Apa tindakan yang anda akan ambil (Masalah Kedua)untuk menanggulangi permasalahan kelas jika anda menghadapi hal yang sama dihadapi Ibu Din. 3. Uraikan tindakan yang akan anda ambil jika menghadapi siswa seperti Didin di kelas yang anda ajar (Masalah Ketiga)
Solusi
Jawaban
**Menetapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten, serta memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan perilaku baik.**2. Penjelasan:**Untuk menanggulangi tegangan di kelas akibat konflik kecil, langkah pertama adalah menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, di mana setiap siswa merasa dihargai dan didengar. Ini bisa dicapai dengan menerapkan kegiatan yang mempromosikan kerjasama dan empati, serta menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif.**Jawaban:**Menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, serta menerapkan kegiatan yang mempromosikan kerjasama dan empati.**3. Penjelasan:**Untuk menangani siswa seperti Didin yang sering mengganggu teman dan kurang percaya diri, pendekatan yang efektif adalah dengan memberikan dukungan individu. Ini bisa berupa percakapan pribadi untuk memahami alasannya dan memberikan bimbingan serta dorongan. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan kelompok kecil dapat membantu meningkatkan kepercayaan dirinya.**Jawaban:**Memberikan dukungan individu melalui percakapan pribadi dan bimbingan, serta melibatkan siswa dalam kegiatan kelompok kecil.
Penjelasan
**Untuk mendisiplinkan siswa dan menciptakan iklim kelas yang kondusif, langkah pertama adalah menetapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten. Aturan ini harus mencakup ekspektasi perilaku, seperti berbicara satu per satu saat guru menjelaskan dan menghormati waktu teman saat belajar. Selain itu, penting untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan perilaku baik sebagai bentuk motivasi.**