Pertanyaan
Seorang guru akan mengajarkan Kompetensi Dasar (KD) aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran ''3.1 ciri-ciriberbagai bentukbangun ruang" Pertanyaan a. Sebutkan 3 kriteria rumusan indikator pencapaian kompetens kunci/pokokyangtepat! b. Sebutkan rumusan indikato pencapaian kompetens ikunci/pokokuntukKD di atas!
Solusi
Jawaban
a. Tiga kriteria rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat adalah:1. **Relevansi**: Indikator harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dan mencerminkan aspek pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang diharapkan dari siswa. 2. **Spesifik**: Indikator harus jelas dan spesifik sehingga mudah dipahami oleh siswa dan dapat diukur secara objektif.3. **Measurable**: Indikator harus dirancang sedemikian rupa sehingga pencapaian kompetensinya dapat diukur dengan cara yang valid dan reliabel.b. Rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD "3.1 ciri-ciri berbagai bentuk bangun ruang" adalah:- **Indikator 1**: Siswa dapat menjelaskan definisi dan karakteristik bangun ruang. - **Indikator 2**: Siswa dapat mengidentifikasi dan membedakan berbagai jenis bangun ruang seperti kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola.- **Indikator 3**: Siswa dapat menerapkan konsep bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung volume atau luas permukaan benda-benda tertentu.