Pertanyaan

6) Karena Pak Anang sudah mengenal dengan baik bahwa Anto adalah anak yang pandai IPA , maka pada saat memeriksa hasil ujian IPS, Pak Anang cenderung memberi skor tinggi pada hasil pekerjaan Anto Dalam pemeriksaan hasil tes uraian efek ini dikenal dengan __ A. order effect B. test to test carry over effect C. item to item carry over effect D. hallo effect 7) Carry over effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian dapat diatasi dengan cara __ A. Memeriksa hasil tes per nomor soal untuk seluruh siswa B. memeriksa hasil tes siswa per siswa C. menggunakan dua orang pemeriksa D. memeriksa hasil tes dengan menggunakan pedoman penskoran 8) Untuk mengurangi unsur subjektivitas dalam pemeriksaan tes uraian dapat dilakukan dengan cara __ A. setiap jawaban diperiksa guru yang bersangkutan B. pemeriksaan jawaban berpedoman pada penskoran C. setiap jawaban diperiksa dua orang D. pemeriksaan dilakukan per nomor untuk seluruh siswa 9) Memeriksa hasil tes uraian dengan menutup nama siswa merupakan upaya untuk meminimalkan __ A. order effect B. hallo effect C. carry over effect D. subjektivitas pemeriksa 10) Dalam melakukan pemeriksaan hasil tes uraian jawaban siswa pertama sampai selesai kemudian memeriksa jawaban siswa kedua juga sampai selesai, begitu seterusnya sampa jawaban siswa terakhir. Cara pemeriksaan yang dilakukan Pak Adi tersebut dapat menimbulkan __ A. hallo effect dan carry over effect B. item to item carry over effect dan order effect C. item to item carry over effect dan hallo effect D. test to test carry over effect dan order effect

Solusi

Terverifikasi Ahli
3.3 (249 Suara)
Omkar elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

6) Dalam situasi ini, Pak Anang cenderung memberi skor tinggi pada hasil pekerjaan Anto karena sudah mengenal bahwa Anto adalah anak yang pandai IPA. Efek ini dikenal dengan **D. hallo effect**, yaitu ketika pemeriksa memiliki ekspektasi tinggi terhadap kinerja seseorang dan hal itu mempengaruhi penilaian mereka.7) **D. memeriksa hasil tes dengan menggunakan pedoman penskoran** adalah cara yang efektif untuk mengatasi carry over effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian. Dengan menggunakan pedoman penskoran, pemeriksaan dapat lebih objektif dan konsisten.8) Untuk mengurangi unsur subjektivitas dalam pemeriksaan tes uraian, cara yang baik adalah **B. pemeriksaan jawaban berpedoman pada penskoran**. Ini memastikan bahwa setiap jawaban dinilai berdasarkan kriteria yang sama dan tidak dipengaruhi oleh preferensi pribadi pemeriksa.9) Memeriksa hasil tes uraian dengan menutup nama siswa merupakan upaya untuk meminimalkan **D. subjektivitas pemeriksa**. Dengan tidak mengetahui identitas siswa, pemeriksa lebih mungkin untuk memberikan penilaian yang objektif.10) Cara pemeriksaan yang dilakukan Pak Adi, yaitu memeriksa jawaban siswa satu per satu secara berurutan, dapat menimbulkan **B. item to item carry over effect dan order effect**. Item to item carry over effect terjadi ketika jawaban satu pertanyaan mempengaruhi jawaban pada pertanyaan berikutnya. Order effect terjadi ketika urutan pertanyaan mempengaruhi hasil keseluruhan.