Pertanyaan
Fani yang berusia 24 bulan lebih sering menggunakar isyarat , seperti menunjuk , daripada berbicara dengan kata-kata . Jelaskan apakah perilaku ini wajar dalam tahap perkembang an bahasa anak dan jelaskan perkembangan bahasa yang seharusnya terjadi pada usia 24 bulan.
Solusi
Jawaban
**Perilaku Fani yang lebih sering menggunakan isyarat seperti menunjuk daripada berbicara dengan kata-kata adalah wajar dalam tahap perkembangan bahasa anak pada usia 24 bulan. Pada usia ini, anak-anak biasanya memasuki tahap babbling dan mulai menggunakan isyarat sederhana untuk berkomunikasi. Perkembangan bahasa yang seharusnya terjadi pada usia 24 bulan melibatkan penggunaan suara, kata-kata, dan isyarat untuk menyampaikan kebutuhan dan keinginan mereka. Interaksi sosial yang kaya dan beragam akan membantu Fani mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman bahasa yang lebih lanjut.
Penjelasan
**Pada usia 24 bulan, anak-anak biasanya memasuki tahap perkembangan bahasa yang dikenal sebagai "babbling" atau mengulang-ulang suara dan kata-kata. Pada tahap ini, anak-anak mulai meniru suara yang mereka dengar dari orang tua dan lingkungan sekitar. Mereka juga mulai menggunakan is sederhana seperti menunjuk untuk menyampaikan keinginan atau kebutuhan mereka.Perilaku Fani yang lebih sering menggunakan isyarat seperti menunjuk daripada berbicara dengan kata-kata dapat dianggap wajar dalam konteks perkembangan bahasa anak. Menggunakan isyarat adalah cara efektif bagi anak untuk berkomunikasi sebelum mereka memilikiampilan berbicara yang cukup untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka secara verbal.Namun, penting untuk memastikan bahwa Fani juga terlibat dalam aktivitas yang mendorong perkembangan bahasa, seperti bermain dengan teman sebaya, membaca buku, dan berinteraksi dengan orang dewasa. Interaksi sosial yang kaya danam akan membantu Fani mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman bahasa yang lebih lanjut.Secara umum, perkembangan bahasa pada usia 24 bulan melibatkan beberapa tahap, termasuk:1. **Babbling:** Anak mulai mengulang-ulang suara dan kata-kata.2. **Menggunakan Isyarat:** Anak menggunakan gerakan tangan dan ekspresi wajah untuk berkomunikasi.3. **Pembentukan Kata:** Anak mulai membentuk kata-kata sederhana dan menggunakannya dalam konteks yang relevan.4. **Kalimat Sederhana:** Anak mulai membentuk kalimat sederhana dan mengungkan beberapa kata untuk menyampaikan pesan yang lebih kompleks.**