Pertanyaan
1. Kemampuan seseorang membuat suatu hal yang berbeda dengan yang lain sehingga dapat membuat diciptakan menjad unik, merupakar pengertian dari __ A. inovatif B. inovasi C. kreatif D. kreatifitas 2. Dampak positif pembelajaran inovatif bagi guru adalah __ A. siswa menjadi aktif B. hasil belajar siswa meningkat C. siswa berpikir statis D. siswa dapat berpikir kreatif 3. Penerapan pembelajaran aktif di luar kelas akan sangat dipertanyakar oleh banyak pihak - orang tua, guru lain, kepala sekolah - karena menyalahi persepsi tentang tempat belajar selama ini, yaitu belajar di sekolah harus terjadi di ruang kelas secara klasikal. Hal ini merupakan contoh inovasi pembelajaran dari karakteristik __ A. keuntungan relatif B. kemudahan uji coba C. kesesuaian dengan sistem yang lama D. kemudahan untuk diamati hasilnya 4. Apa yang dimaksud "guide on the side" dalam inovasi pembelajaran adalah pendidik menjadi __ A. pemeran utama dalam proses pembelajaran B. fasilitator dalam proses pembelajaran C. satu-satunya sumber informasi D. penuntun siswa
Solusi
Jawaban
1. C. kreatif2. B. hasil belajar siswa meningkat3. C. kesesuaian dengan sistem yang lama4. B. fasilitator dalam proses pembelajaran
Penjelasan
1. Pertanyaan ini berkaitan dengan pengertian bagaimana seseorang mampu menciptakan sesuatu yang berbeda sampai-sampai menghasilkan produk unik. Pilihan jawabannya mencakup inovatif, inovasi, kreatif, dan kreatifitas.2. Pertanyaan ini meminta kita untuk mengetahui dampak positif dari pembelajaran inovatif bagi guru. Pilihan jawabannya antara lain: siswa menjadi aktif, peningkatan hasil belajar siswa, siswa berpikir statis, dan siswa dapat berpikir kreatif.3. Pertanyaan ini membahas soal implementasi pembelajaran aktif di luar kelas dan bagaimana banyak pihak meresponsnya. Persoalannya adalah untuk mengetahui dalam kontek inovasi pembelajaran, konsep ini menggambarkan karakteristik apa. Pilihan jawabannya adalah keuntungan relatif, kemudahan uji coba, kesesuaian dengan sistem yang lama, dan kemudahan untuk diamati hasilnya.4. Pertanyaan ini berhubungan dengan terminologi 'guide on the side' dalam inovasi pembelajaran, yaitu peranan pendidik menjadi apa. Pilihan jawabannya mencakup pemeran utama dalam proses pembelajaran, fasilitator dalam proses pembelajaran, satu-satunya sumber informasi, dan penuntun siswa.