Pertanyaan

Busri telah merencanakan kegiatan belajar yang tentunya bisa meningkatkan kemampuan motorik balus anak dalam membuat berbagai macam garis seperti garis lurus ,garis, putus-putus, dan garis melengkung Kegiatan pembelajaran membuat berbagai macam garis ini , bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Bu Sri, pada saat kegiatan pembelajaran ini sudah ada beberapa anak, yang dapat membuat garis lurus, garis putus-putus dan garis melengkung secara mandiriPada hari m tentunya, tema kegiatan pembelajaran dikelas adalah "Alat Transportasi ". Jumplah anak dalam kelompok A secara keseluruhan berjumlah 10 anak dan setelah di absen Bu Sri mengetahui bahwa semua anak pada hari itu hadir lengkap tidak ada yang jin atau sakit. Setelah selesai mengabsen satu persatu anak dikelas Bu Sri kemudian meminta kava untuk maju kedepan memimpin doa bersama, setelah selesai berdoa Bu Sri mengajak anak untuk bersama-sama menyanyikan lagu "Naik Kereta'Api " sambil berpengangan di pundak anak lainnya Pada kegiatan inti, Bu Sri menunjukkan gambar salah satu alat transportasi kepada anak -anak dan Bu Sri menunjuk isma salah satu anak untuk menyebutkan nama alat transportasi yang ada dalam gambar tersebut Setelah itu Bu Sri membuat sebuah garis putus-putus hingga membentuk gambar alat transportasi tersebut di papan tulis . Setelah itu Bu Sri meminta anak-anak membuat kembali garis putus-putus yang ada di papan tulis tersebut. Setelah anak - anak selesai membuat garis putus -putus. Bu Sn kembali menunjukkan sebuah gambar yang berbentuk melengkung dan Bu Sri meminta anak- anal; untuk membuat salah satu alat transportasi yang bentuknya melengkung Kemudian Bu Sri meminta anak-anak untuk mengumpulkan semua hasil gambar yang telah dibuat ke depan, terlihat masih ada beberapa anak yang belum selesai membuat tugas yang diberikan oleh Bu Sni bahkan terdapat 2 anak yang sama sekali belum membuat gambar apapun yaitu rezal dan hadiah. Setelah mengetahui hal tersebut Bu Srikemudian meminta anak-anak termasuk rezal dan hadjiah untuk bernyanyi bersama sambil berdiri membentuk lingkaran , anak - anak dan Bu Sn kemudian bersama - sama meny anyikan lagu "Delman Istimewa'. Selepas bernyanyi Bu Sri meminta anak- anak; untuk beristirahat kemudian Bu Sri melanjutkan memenkaa hasil kerja dari anak anak setelah beberapa lama beristrahat bu sri meminta anak-anak untuk masuk kembali ke dalam kelas Bu Sri kemudian mengajak anak untuk bermain tebak gambar stapa yang terlebih dahulu menjawab dengan benar maka anak tersebut di jinkan untuk pulang Setelah satu persatu anak- anak menjawab dengan benar sisa satu anak lagi vang belum m tenjawab vaitu hadijah dan bahkan hanya berdiam diri saja kemudian hadijah malah menangis sehingga bu sri terpaksa meminta hadijah untuk pulang tanpa menjawab tebak gambar yang diberikan Bu Sri Menurut anda apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Sri nada anak-anak dikelas sudah sesuai dengan tema yang Bu Sri pilih ? Jelaskan pilihan anda!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (287 Suara)
Manish master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Tidak, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Sri pada anak-anak di kelas tidak sepenuhnya sesuai dengan tema yang, yaitu "Alat Transportasi". Kegiatan tersebut lebih banyak menekankan pada pengembangan kemampuan motorik anak dalam membuat berbagai macam garis dan kegiatan bernyanyi serta bermain tebak gambar yang tidak secara langsung berkaitan dengan tema alat transportasi.

Penjelasan

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Sri pada anak-anak di kelas tampaknya tidak sepenuhnya sesuai dengan tema yang dipilih, yaitu "Alat Transportasi". Meskipun kegiatan tersebut melibatkan pembuatan gambar alat transportasi, fokus utama kegiatan lebih banyak pada pengembangan kemampuan motorik anak dalam membuat berbagai macam garis, seperti garis lurus, garis putus-putus, dan garis melengkung. Selain itu, kegiatan bernyanyi dan bermain tebak gambar tidak secara langsung berkaitan dengan tema alat transportasi. Oleh karena itu, meskipun ada elemen-elemen yang berkaitan dengan tema, kegiatan pembelajaran secara keseluruhan lebih menekankan pada pengembangan keterampilan motorik daripada pemahaman tentang alat transportasi.