Pertanyaan

PERTEMUAN JAN 18 INDIKATOR Indicator: 1. Partisipan PPA & remaja dapat mengenal nama-nama binatang/hewan 2. Partisipan PPA & remaja mengetahui karakteristik/ciri -ciri hewan 3. Partisipan PPA & remaja dapat mengetahui jenis hewan berdasarkan kelas (ikan , burung mamalia, reptil, amfibi.invertebrate) 4. Partisipan PPA & Remaja dapat mengetahui jenis binatang berdasarkan tempat hidupnya (darat air,darat dan air)

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (226 Suara)
Kunal master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

## Analisis Indikator Pertemuan 18 JanuariIndikator yang diberikan menunjukkan tujuan pembelajaran yang terukur dan terarah pada pengenalan dunia hewan. Berikut analisis lebih detail untuk setiap indikator, beserta saran perbaikan dan penambahan:**1. Partisipan PPA & remaja dapat mengenal nama-nama binatang/hewan.*** **Analisis:** Indikator ini mengukur kemampuan mengenal nama hewan. Sangat dasar, namun penting sebagai fondasi.* **Saran Perbaikan:** Sebaiknya ditambahkan jumlah minimal hewan yang harus dikenal. Misalnya, "Partisipan PPA & remaja dapat mengenal minimal 10 nama binatang/hewan." Ini membuat penilaian lebih objektif.**2. Partisipan PPA & remaja mengetahui karakteristik/ciri-ciri hewan.*** **Analisis:** Indikator ini mengukur pemahaman tentang ciri-ciri fisik dan perilaku hewan. Lebih kompleks daripada indikator pertama.* **Saran Perbaikan:** Perlu spesifikasi ciri-ciri apa yang harus diketahui. Misalnya, "Partisipan PPA & remaja mengetahui minimal 3 karakteristik/ciri-ciri hewan (misalnya, jenis makanan, habitat, cara berkembang biak) untuk 5 jenis hewan yang berbeda." Ini memberikan arah yang lebih jelas.**3. Partisipan PPA & remaja dapat mengetahui jenis hewan berdasarkan kelas (ikan, burung, mamalia, reptil, amfibi, invertebrata).*** **Analisis:** Indikator ini mengukur pemahaman tentang klasifikasi hewan. Ini merupakan indikator yang baik untuk pemahaman taksonomi.* **Saran Perbaikan:** Tambahkan contoh hewan untuk setiap kelas. Misalnya, "Partisipan PPA & remaja dapat menyebutkan minimal 2 contoh hewan untuk setiap kelas (ikan, burung, mamalia, reptil, amfibi, invertebrata)." Ini membantu memastikan pemahaman yang lebih komprehensif.**4. Partisipan PPA & Remaja dapat mengetahui jenis binatang berdasarkan tempat hidupnya (darat, air, darat dan air).*** **Analisis:** Indikator ini mengukur pemahaman tentang habitat hewan. Indikator yang sederhana dan relevan.* **Saran Perbaikan:** Sama seperti indikator sebelumnya, tambahkan jumlah minimal contoh hewan. Misalnya, "Partisipan PPA & remaja dapat menyebutkan minimal 3 contoh hewan yang hidup di darat, 3 contoh hewan yang hidup di air, dan 2 contoh hewan yang hidup di darat dan air."**Penambahan Indikator (Saran):**Untuk membuat pembelajaran lebih komprehensif, pertimbangkan untuk menambahkan indikator yang mengukur kemampuan:* **Menggambar atau mengidentifikasi gambar hewan:** Ini akan menguji pemahaman visual mereka.* **Menjelaskan rantai makanan sederhana yang melibatkan hewan:** Ini akan menguji pemahaman tentang interaksi antar hewan dan lingkungan.* **Menunjukkan sikap peduli terhadap hewan:** Ini akan mengukur aspek afektif pembelajaran.Dengan perbaikan dan penambahan ini, indikator pertemuan 18 Januari akan menjadi lebih terukur, spesifik, dan komprehensif, sehingga memudahkan dalam proses evaluasi dan memastikan tercapainya tujuan pembelajaran.