Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut! No. Contoh Bacaan Hukum Bacaan Cara Membaca 1) 2) Mad tabir Hurut zat dipanjangkan dua harakat atau satu alif Hurut zat dipanjangkan dua harakat atau satu alif 3) Mad arid lissukun Hurut lam dipanjangkan dua, empat, atau enam harakat Hurut lam dipanjangkan dua, empat, atau enam harakat No. Contoh Bacaan Hukum Bacaan Cara Membaca 1) 2) Mad tabir "Hurut zat dipanjangkan dua harakat atau satu alif" 3) Mad arid lissukun "Hurut lam dipanjangkan dua, empat, atau enam harakat" Pasangan yang tepat ditunjukkan oleh angka a. 1) dan 4) b. 1) dan 3) c. 2) dan 3) d. 2) dan 4) 6. Kandungan Surah al-Mă'idah [5] ayat 2 menjelaskan tentang ... . a. perintah tolong-menolong dalam segala hal b. larangan tolong-menolong dalam keburukan c. perintah menyantuni anak yatim di sekitar kita d. larangan menghardik anak yatim yang hidup miskin 7. Perhatikan cerita berikut! Fikar sedang berjalan-jalan di kompleks rumahnya. Tiba-tiba Fikar melihat Danang sedang mengambil mangga milik tetangga. Mangga tersebut berserakan di atas tanah. Fikar dapat menolong Danang dengan cara .... a. melaporkan Danang kepada orang tuanya agar dihukum b. membiarkan Danang melakukan apa pun yang ia inginkan c. menasihati Danang agar menyadari kesalahannya d. membantu Danang mengumpulkan mangga 8. Perhatikan perilaku berikut! Zafira membantu ibu melipat baju. Habibah membantu Isna belajar bersepeda. Amar membantu Bu Zainab membagikan soal ujian saat diminta. Anwar mendoakan teman tidak masuk sekolah karena sakit. Isna mengingatkan Zafira agar mengunci sepeda saat bermain. Zidni meminjamkan pensil kepada Amar. Perilaku tolong-menolong di sekolah ditunjukkan oleh

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.7 (183 Suara)
Maman Pratama veteran · Tutor selama 11 tahun

Jawaban

a.(1) dan 4)b.larangan tolong-menolong dalam keburukanc.menasihati Danang agar menyadari kesalahannyaPerilaku tolong-menolong di sekolah ditunjukkan oleh2) Habibah membantu Isna belajar bersepeda.3) Amarmembantu Bu Zainab membagikan soal ujian saat diminta.5) lsna mengingatkan Zafira agar mengunci sepeda saat bermain.6) Zidni meminjamkan pensil kepada Amar.

Penjelasan

Pertanyaan ini terkait dengan sejumlah konsep dalam subjek agama yang berkaitan dengan hukum bacaan dalam surah dan perilaku 'Membantu orang lain'.Untuk pertama, merujuk pada tabel yang menunjukkan hukum bacaan dan cara mereka dibaca.Soal 6 adalah tes pemahaman dan meminta pengguna untuk menentukan apa yang dijelaskan dalam Surah al-Ma'un [5], ayat 2.Dalam cerita untuk pertanyaan ketujuh, pembaca diajukan skenario di mana Fikar menyaksikan kejadian moral yang penting dan harus memilih respons yang paling baik dari pilihan yang ditawarkan.Dan pertanyaan nomor delapan meminta identifiksi benar tentang perilaku bantuan yang diberikan di sekolah dari daftar adegan yang ditawarkan.