Pertanyaan

4. Perkembangan Peserta Didik Usia Sekolah Menengah: a) Pencarian Identitas Diri Peserta didik yang memasuki usia remaja berada pada periode transisi antara masa kanak kanak dan dewasa. Masa remaja dipandang sebagai waktu yang positif bagi peluang pencarian identitas diri dan pertumbuhan. Setelah menyimak dan memahami isi video ini: https://www.youtube .com/watch? ?v=nDjUhdO9FvU . Setelah Anda menyimak video ini ceritakan bagaimana Anda mencari identitas diri. Sharing Anda mengenai identitas diri didasarkan pada penjelasan dalam video ini. Tulislah pengalaman Anda terkait dengan pencarian identitas diri! b) Kenakalan Remaja: Peserta didik usia remaja menjadi remaja nakal lebih banyak disebabkan oleh kurangnya pengawasan orang tua dan disiplin . Berdasarkan pengamatan dan pengalaman Anda, apakah Anda setuju terhadap pernyataan di atas atau apakah pernyataan di atas benar?Tulislah sebanyak-banyaknya pendapat Anda dan ceritakan pengalaman konkret Anda sendiri dan pengamatan Anda terhadap sikap dan perilaku para remaja di lingkungan Anda! 5. Dimensi dan Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik Anda telah mempelajari dan memahami dimensi dan tugas-tugas perkembangan peserta didik Berdasarkan pemahaman Anda mengenai dimensi dan tugas -tugas perkembangan peserta didik dimens i-dimensi apa yang paling mendesak untuk diperhatikan secara serius oleh orangtua dan guru di pulau Sumba? Sebutkan dua (2) dimensi yang paling mendesak dan kemukakan pendapat

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (295 Suara)
Nitesh master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

**Saya mengalami pencarian identitas diri selama masa remaja dengan cara mengikuti minat dan hobi saya, serta berinteraksi dengan teman-teman dan keluarga. Proses ini melibatkan banyak percobaan dan kesalahan, tetapi akhirnya membantu saya menemukan siapa diri saya sebenarnya. Saya percaya bahwa setiap remaja memiliki perjalanan unik dalam mencari identitas diri, dan dukungan dari orang tua dan guru sangat penting dalam proses ini.**b) Kenakalan Remaja:****Penjelasan:**Kenakalan remaja sering kali disebabkan oleh kurangnya pengawasan orang tua dan disiplin. Orang tua dan guru perlu memahami bahwa remaja mencari batasan dan otoritas, yang bisa menyebabkan perilaku nakal jika tidak dikelola dengan baik.**Jawaban:**Saya setuju dengan pernyataan bahwa kurangnya pengawasan orang tua dan disiplin dapat menyebabkan kenakalan remaja. Dalam lingkungan saya, banyak remaja yang terlibat dalam perilaku nakal karena mereka mencari perhatian dan otoritas. Namun, dengan adanya panduan dan disiplin yang tepat dari orang tua dan guru, remaja dapat mengarahkan energi mereka ke arah yang lebih positif. Pengalaman saya menunjukkan bahwa komunikasi yang baik dan konsistensi dalam disiplin sangat penting untuk mencegah kenakalan remaja.**5. Dimensi dan Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik:****Penjelasan:**Dimensi dan tugas-tugas perkembangan peserta didik mencakup aspek fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Memahami dimensi ini penting untuk mendukung perkembangan remaja secara holistik.**Jawaban:**Dua dimensi yang paling mendesak untuk diperhatikan oleh orangtua dan guru di pulau Sumba adalah dimensi emosional dan sosial. Dimensi emosional penting karena remaja mengalami banyak perubahan emosional yang dapat mempengaruhi perilaku dan kesejahteraan mereka. Sementara itu, dimensi sosial juga krusial karena remaja mencari identitas diri melalui interaksi dengan teman-teman dan komunitas. Orangtua dan guru harus memberikan dukungan emosional yang kuat dan menciptakan lingkungan sosial yang positif untuk membantu remaja berkembang dengan baik.

Penjelasan

**Pada usia remaja, peserta didik mengalami transisi penting dalam mencari identitas diri. Mereka berada di antara masa kanak-kanak dan dewasa, yang merupakan waktu yang penuh dengan eksplorasi dan pembentukan diri. Video yang disebutkan memberikan wawasan tentang bagaimana remaja mencari identitas mereka melalui berbagai pengalaman dan interaksi sosial.**