Pertanyaan
Frustrasi status yang sering dialami remaja kelas bawah dalam melakukan adaptasi terhadap nilai-nila i (remaja) kelas menengar menyebabkan remaja kelas menengah ke bawah mengembangkan nilai-nilai sendiri sebagai sikap protes terhadap nilai yang dianut kelas menengah (yang juga dianut masyarakat). Dan umumnya hal itu berbentuk __ A. formasi reaksi B kontlik C - subkebudayaan kenakalan D kesempatan yang berbeda
Solusi
Jawaban
** C. subkebudayaan kenakalan
Penjelasan
**Pertanyaan ini berkaitan dengan fenomena sosial di kalangan remaja, di mana perbedaan kelas sosial dapat mempengaruhi nilai-nilai dan sikap yang diadopsi oleh individu. Dalam konteks ini, remaja kelas bawah mungkin merasa frustrasi ketika berusaha beradaptasi dengan nilai-nilai yang dianut oleh kelas menengah, yang juga sering kali merupakan refleksi dari nilai-nilai masyarakat secara keseluruhan.Ketika remaja kelas bawah mengembangkan nilai-nilai sendiri sebagai bentuk protes terhadap nilai-nilai yang dianut oleh kelas menengah, hal ini dapat berbentuk "subkebudayaan kenakalan". Subkebudayaan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok kecil dalam masyarakat yang memiliki norma dan nilai-nilai yang berbeda dari norma dan nilai-nilai dominan dalam masyarakat tersebut. Dalam kasus ini, "kenakalan" mengacu pada perilaku yang mungkin dianggap tidak sesuai dengan norma-norma dominan atau yang dianggap menyimpang dari nilai-nilai yang dianut oleh kelas menengah.Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini adalah:C. subkebudayaan kenakalan**