Pertanyaan

3. Menurut Anda, bagaimana lingkungan sosial memengaruhi perkembangan moral peserta didik? Berikan argumen yang mendukung pendapat Anda.

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (207 Suara)
Indira master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

**Lingkungan sosial memengaruhi perkembangan moral peserta didik melalui berbagai cara. Keluarga, teman, sekolah, dan komunitas semuanya berperan dalam membentuk nilai, norma, dan kebiasaan yang dianut oleh peserta didik. Interaksi dengan orang tua yang mengajarkan nilai-nilai positif, teman sebaya yang memiliki pengaruh positif, serta lingkungan sekolah yang mendukung pendidikan dan kesehatan, dapat mendorong peserta didik untuk memiliki moral yang baik. Sebaliknya, lingkungan yang kurang mendukung pendidikan dan kesehatan mungkin menghasilkan peserta didik yang kurang memiliki moral yang baik. Oleh karena itu, lingkungan sosial sangat penting dalam membentuk perkembangan moral peserta didik.

Penjelasan

**Lingkungan sosial memainkan peran penting dalam perkembangan moral peserta didik. Lingkungan sosial mencakup berbagai faktor seperti keluarga, teman, sekolah, dan komunitas yang berinteraksi dengan individu sehari-hari. Interaksi ini membentuk nilai, norma, dan kebiasaan yang dianut oleh peserta didik.1. **Pengaruh Keluarga:** Keluarga adalah unit dasar dari lingkungan sosial yang pertama kali berinteraksi dengan peserta didik. Nilai dan moral yang diajarkan oleh orang tua atau wali sangat mempengaruhi cara peserta didik memandang dunia dan bertindak di dalamnya. Misalnya, jika keluarga mengajarkan pentingnya kejujuran dan tanggung jawab, peserta didik kemungkinan besar akan menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.2. **Pengaruh Teman dan Sekolah:** Teman sebaya dan lingkungan sekolah juga memainkan peran penting dalam pembentukan moral peserta didik. Di lingkungan sekolah, peserta didik belajar tentang kerja sama, persaingan sehat, dan penghormatan terhadap orang lain. Interaksi dengan teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku peserta didik, baik positif maupun negatif. Teman yang memiliki nilai-nilai positif dapat mendorong peserta didik untuk berperilaku baik, sementara tekanan negatif dapat mengarahkan peserta didik ke arah perilaku yang kurang baik.3. **Pengaruh Komunitas:** Komunitas di mana peserta didik tinggal juga mempengaruhi perkembangan moral mereka. Komunitas yang mendukung pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan umum cenderung menghasilkan peserta didik yang memiliki moral yang baik. Sebaliknya, komunitas yang kurang mendukung pendidikan dan kesehatan mungkin menghasilkan peserta didik yang kurang memiliki moral yang baik.**