Pertanyaan
Seorang peserta didik berkebutuhan khusus menunjukkan perubahan perilaku menjadi sering bersikap emosional. Padahal Anda sudah berupaya merancang aktivitas belajar yang sesuai dengan kondisinya, dan di awal semester ia tampak kooperatif mengikuti setiap pembelajaran. Sebagai guru pendamping, tindakan apa yang Anda lakukan ketika mendapatkan masalah yang terjadi seperti kasus tersebut? A ) Meminta petunjuk pada guru BK atau konselor sekolah tentang hal hal yang harus dilakukan B ) Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut C ) Memberikan jeda bagi peserta didik tersebut untuk menenangkan diri dengan tidak masuk sekolah sementara waktu ) peserta didik teisebut kembali kooperatif Memikirkan berbagai penanganan yang dapat dilakukan agar perilaku (E) Menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan sekolah agar E mendapatkan saran tindak lanjut yang lebih efektif
Solusi
Jawaban
B
Penjelasan
Dalam situasi di mana seorang peserta didik berkebutuhan khusus menunjukkan perubahan perilaku menjadi sering bersikap emosional, meskipun guru telah berupaya merancang aktivitas belajar yang sesuai dengan kondisinya, tindakan yang paling tepat adalah meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut. Konselor atau psikolog memiliki keahlian dalam memahami dan menangani masalah emosional yang mungkin dialami oleh peserta didik. Mereka dapat memberikan pendekatan yang tepat untuk membantu peserta didik mengatasi masalah emosionalnya dan kembali ke kondisi normal. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah opsi B.