Pertanyaan

SOAL: 2 Tanyakan 3 Dilarang kerjasama 1. Buthh langkah-langkah pembelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran cooperative learning atau model pembelajaran berbasis kontruktivism di SD kelas tinggi (kelis 4,5,6) (Skor-40) 2. Tuliskan dan jelaskan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru?Benlah masing-masing contoh! (Skor 35) 3. Jelaskan hal-hal berikut ini! (Skor: 25) 2. Mubungan filafat, psikologi teoni belajar dan model pembelajaran b. Teon belajar Slanner c. Teori belajar Gagne d. Teca belajar Aumbel c. Teori belajar Brunner 1. Jelaskan macam-macam kecerdasan menurut Gurdnerl

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.7 (259 Suara)
Neeharika lanjutan ยท Tutor selama 1 tahun

Jawaban

**Langkah-langkah pembelajaran IPAS menggunakan model cooperative learning atau konstruktivisme di SD kelas tinggi meliputi pembentukan kelompok, penentuan tujuan pembelajaran, perencanaan materi, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi.**2. Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh Seorang Guru****Penjelasan:**Kompetensi guru mencakup berbagai aspek yang mendukung efektivitas pengajaran.1. **Kompetensi Pedagogik:** - Kemampuan mengelola kelas dan mengembangkan metode pembelajaran yang efektif. - Contoh: Menggunakan berbagai metode untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.2. **Kompetensi Kognitif:** - Kemampuan memahami dan menerapkan konsep-konsep ilmiah. - Contoh: Mampu menjelaskan konsep fisika dengan cara yang mudah dipahami siswa.3. **Kompetensi Afektif:** - Kemampuan membangun sikap dan karakter positif pada siswa. - Contoh: Mendorong siswa untuk bekerja sama dan saling menghormati.4. **Kompetensi Sosial:** - Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja. - Contoh: Mendengarkan masukan dari siswa dan menyesuaikan strategi pengajaran.5. **Kompetensi Teknologi:** - Kemampuan menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. - Contoh: Menggunakan aplikasi pendidikan untuk memperkaya materi pelajaran.**Jawaban:**Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru meliputi kompetensi pedagogik, kognitif, afektif, sosial, dan teknologi. Contohnya adalah kemampuan mengelola kelas, memahami konsep ilmiah, membangun sikap positif, berkomunikasi dengan siswa dan orang tua, serta menggunakan teknologi pendidikan.**3. Penjelasan Berbagai Teori Belajar dan Model Pembelajaran****Penjelasan:**Berikut adalah penjelasan mengenai berbagai teori belajar dan model pembelajaran:a. **Filafat, Psikologi, dan Teori Belajar:** - Filafat dan psikologi pendidikan mempengaruhi bagaimana teori belajar dikembangkan. Misalnya, behaviorisme berfokus pada penguatan dan hukuman.b. **Teori Belajar Skinner:** - Teori ini menekankan pada konsep penguatan positif dan negatif dalam proses belajar.c. **Teori Belajar Gagne:** - Gagne mengembangkan hierarki instruksi yang mencakup lima tingkatan, mulai dari kondisi dasar hingga pemahaman yang mendalam.d. **Teori Belajar Ausubel:** - Ausubel menekankan pentingnya struktur diri dan pengetahuan sebelumnya dalam proses belajar.e. **Teori Belajar Bruner:

Penjelasan

**Model pembelajaran cooperative learning dan konstruktivisme menekankan pada kerjasama dan konstruksi pengetahuan bersama. Berikut adalah langkah-langkahnya:1. **Pembentukan Kelompok:** - Buat kelompok kecil yang terdiri dari siswa dengan kemampuan beragam. 2. **Penentuan Tujuan Pembelajaran:** - Tetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan dapat diukur.3. **Perencanaan Materi:** - Pilih materi yang relevan dan sesuai dengan tingkat kelas. - Rancang kegiatan yang melibatkan diskusi dan kolaborasi.4. **Pelaksanaan Pembelajaran:** - Lakukan presentasi atau diskusi untuk memperkenalkan topik. - Gunakan metode diskusi kelompok untuk memecahkan masalah atau menjelaskan konsep.5. **Evaluasi:** - Gunakan penilaian formatif dan sumatif untuk mengukur pemahaman siswa. - Berikan umpan balik konstruktif untuk meningkatkan pembelajaran.**