Pertanyaan
Topik "Tokoh Pahlawan" di Indonesia yang digunakan dalam pembelajaran IPS di SD melalui kajian dalam kliping , gambar atau majalah dapat digunakan untuk pendekatan modifikasi prilaku model __ A. kajian nilai B. analitik keteladanan C konsep dan nilai D. ekspositori berorientasi nilai dan sikap
Solusi
Jawaban
Jawaban yang paling tepat adalah **A. Kajian Nilai**.Pembelajaran IPS di SD yang menggunakan tokoh pahlawan Indonesia melalui kliping, gambar, atau majalah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai positif dari tokoh tersebut kepada siswa. Siswa akan menganalisis tindakan dan perilaku tokoh pahlawan, kemudian mengkaji nilai-nilai moral, kejujuran, keberanian, dan pengorbanan yang ditunjukkan. Proses ini merupakan inti dari **kajian nilai**, di mana siswa secara aktif mengidentifikasi dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut untuk membentuk perilaku mereka sendiri.Pilihan lain kurang tepat karena:* **B. Analitik keteladanan:** Meskipun ada unsur analisis, fokusnya lebih pada proses meniru perilaku tokoh, bukan pada pengkajian nilai-nilai di balik perilaku tersebut.* **C. Konsep dan nilai:** Terlalu umum dan tidak spesifik pada proses pembelajaran yang digambarkan.* **D. Ekspositori berorientasi nilai dan sikap:** Metode ekspositori (penjelasan langsung) mungkin digunakan, tetapi inti pembelajarannya tetap pada pengkajian dan internalisasi nilai-nilai, bukan hanya eksposisi.Oleh karena itu, kajian nilai paling tepat menggambarkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengambilan nilai-nilai moral dari tokoh pahlawan Indonesia melalui media visual seperti kliping, gambar, dan majalah.