Pertanyaan
3. Pembelajaran di Era Pandemi covid-19 pada tingkat Sekolah dasar dilaksanakan dengar pola pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran banyak dilakukan secara daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi. Pak Rahmat mengajar di kelas 5 SD Cendekia dalam mengajar pak Rahmat mengalami kesulitan. Beliau masih menggunakan pola-pola lama dengan menggunakan bantuan media buku teks dan LKS serta komunikas i mengandalkan socia media (Whatsapp). Para siswa mengeluh bosan dan pembelajaran tidak menyenangkan dan menantang. Pertanyaan: Berdasarkan gambaran kasus yang disajikan , bagaimanakah karakteristik siswa yang dihadapi oleh pak Rahmat dan bagaimana cara yang ideal untuk memfasilitas pembelajaran? Jelaskan
Solusi
Jawaban
Karakteristik siswa yang dihadapi oleh Pak Rahmat adalah mereka merasa bosan dan pembelajaran tidak menyenangkan dan menantang. Cara yang ideal untuk memfasilitasi pembelajaran dalam situasi ini adalah dengan memanfaatkan teknologi dan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran yang interaktif, mengadakan kegiatan pembelajaran yang praktis dan aplikatif, mendorong interaksi antara siswa dan guru melalui platform komunikasi yang efektif,ikan variasi dalam metode pengajaran.
Penjelasan
Karakteristik siswa yang dihadapi oleh Pak Rahmat adalah mereka merasa bosan dan pembelajaran tidak menyenangkan dan menantang. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya variasi dalam metode pengajaran dan kurangnya interaksi antara siswa dan guru.Cara yang idealfasajaran dalam situasi dengan memanfaatkan teknologiajaran yang lebih interaktif dan menarik. dilakukan adalah:1. Menggunakan aplikasi pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti aplikasi game berbasis pembelajaran atau aplikasi virtual reality.2. Meng kegiatan pembelajaran yang lebih praktis dan aplikatif, seperti kegiatan lapangan atau proyek kolaboratif.3. Mendorong interaksi antara siswa dan guru melalui platform komunikasi yang lebih efektif, seperti video konferensi atau platform kolaborasi online.4. Memberikan variasi dalam metode pengajaran, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau pembelajaran berbasis penemuan.Dengan memanfaatkan teknologi dan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik, pembelajaran dapat menjadi lebih menyenangkan dan menantang bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka.