Pertanyaan

PAUD4104 Di akhir hari, guru PAUD Ceria merenung dengan bangga melihat bagaimana setiap anak dengan cara belajarnya yang unik dapat berkontribusi dan berkembang Ini adalah pelajaran berharga bahwa setiap anak unik dan memiliki cara tersendiri dalam mengeksplorasi dan memahami dunia di sekitar mereka. square Berdasarkan cerita tersebut. a. Jelaskan jenis gaya belajar yang dimiliki Andre , Binar dan Citra! b. Jelaskan masing-masing 2 (dua) karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh setiap anak! Berdasarkan ilustrasi Andre, Binar dan Citra, a. Jelaskan kecerdasan majemuk yang Anda temukan pada Andre, Binar dan Citra serta jelaskan alasan Anda memilih kecerdasan majemuk tersebut! b. Buatlah Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH) dapat meningkatkan kecerdasan majemuk anak! Dalam RPPH harus mengandung unsur: identitas RPPH (kelompok , hari'tanggal, waktu), Indikator/tujuan pembelajaran, Kecerdasan yang dikembangkan Tema dan materi, Kegiatan pembelajaran (pembukaan , inti, istirahat dan penutup) Media dan sumber belajar Penilaian/ asesmen.

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.5 (241 Suara)
Hemanth profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

Berdasarkan cerita tersebut, mari kita analisis dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.### a. Jelaskan jenis gaya belajar yang dimiliki Andre, Binar dan Citra!Tanpa informasi lebih lanjut tentang Andre, Binar, dan Citra, kita harus membuat asumsi berdasarkan karakteristik umum anak-anak dalam konteks PAUD. Berikut adalah beberapa gaya belajar yang mungkin mereka miliki:- **Andre**: Misalnya, jika Andre menunjukkan minat yang kuat dalam kegiatan praktis dan hands-on, dia mungkin memiliki gaya belajar kinestetik.- **Binar**: Jika Binar lebih suka bermain dengan kata-kata dan mendengarkan cerita, dia mungkin memiliki gaya belajar auditori.- **Citra**: Jika Citra lebih suka melihat dan mengamati, dia mungkin memiliki gaya belajar visual.### b. Jelaskan masing-masing 2 (dua) karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh setiap anak!- **Andre (Kinestetik)**: 1. Lebih baik belajar melalui pengalaman fisik dan aktivitas langsung. 2. Menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan praktis.- **Binar (Auditori)**: 1. Memahami informasi lebih baik saat didengar, seperti melalui cerita atau diskusi. 2. Menguasai bahasa dan kemampuan berbicara dengan baik.- **Citra (Visual)**: 1. Belajar lebih efektif melalui penglihatan, seperti melihat gambar atau video. 2. Memiliki kemampuan menggambar dan membaca peta yang baik.### a. Jelaskan kecerdasan majemuk yang Anda temukan pada Andre, Binar dan Citra serta jelaskan alasan Anda memilih kecerdasan majemuk tersebut!Kecerdasan majemuk mengacu pada kemampuan anak untuk mengintegrasikan berbagai jenis kecerdasan (linguistik, logis-matematis, spasial, musikal, dan kinestetik). Berikut adalah analisis kecerdasan majemuk masing-masing anak:- **Andre**: - **Linguistik**: Kemampuan berbicara dan mendengarkan dengan baik. - **Logis-Matematis**: Kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. - **Spasial**: Kemampuan memahami bentuk dan posisi objek. - **Kinestetik**: Kemampuan motorik halus dan kasar.- **Binar**: - **Linguistik**: Kemampuan berbicara dan mendengarkan dengan baik. - **Musikal**: Kemampuan mengenali ritme dan melodi. - **Auditori**: Kemampuan mendengarkan dan memahami informasi auditori.- **Citra**: - **Visual**: Kemampuan melihat dan mengenali bentuk serta warna. - **Spasial**: Kemampuan memahami posisi dan hubungan antar objek. - **Kinestetik**: Kemampuan motorik halus dan kasar.### b. Buatlah Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH) dapat meningkatkan kecerdasan majemuk anak!#### Identitas RPPH- **Kelompok**: Kelompok A- **Hari/Tanggal**: Senin, 10 Oktober 2023- **Waktu**: 08.00 - 15.00#### Indikator/Tujuan Pembelajaran1. Anak-anak dapat mengidentifikasi dan menggunakan berbagai gaya belajar.2. Anak-anak dapat menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.#### Kecerdasan yang Dikembangkan- **Linguistik**: Kemampuan berbicara dan mendengarkan.- **Logis-Matematis**: Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.- **Spasial**: Kemampuanami bentuk dan posisi objek.- **Musikal**: Kemampuan mengenali ritme dan melodi.- **Kinestetik**: Kemampuan motorik halus dan kasar.#### Tema dan Materi- **Tema**: Peningkatan Kecerdasan Majemuk- **Materi**: - Pengenalan berbagai gaya belajar. -