Pertanyaan
DANG: IPS SMP 23. Dalam teori interaksi Sumbolik yang dikemukakan oleh Heber Blumer, interaksi sosial sangat dipengaruhi oleh simbol-simbol yang dipahami bersama dalam masyarakat Misalnya, seorang siswa simb mengangkat tangan di kelas menandakan bahwa ia ingin berbicara. Bagaimana teori interaksi simbolik ini relevan dalam konteks pendidikan di sekolah? A. Siswa bisa mengekspresikan diri melalui simbol-simbol yang tidak dimengerti oleh guru B. Simbol-simbol ini membentul pemahaman yang berbeda antara guru dan siswa C. Simbol-simbol memudahkar komunikasi di sekolah D. Penggunaan simbol-simbol hanya menimbulkan kesalahpahaman di lingkungan sekolah 24. Seorang guru meminta seorang siswa untuk meny ampaikan presentasi di depan kelas. Di sini, guru berperan sebagai pemberi instruksi sedangkan siswa berperan sebagai pelaksana. Berdasarkan perspektif dramaturgi Erving Goffman, interaksi sosial dalam situasi ini dapat dianalisis sebagai __ A. Panggung depan B. Panggung belakang C. Proses konflik D. Interaksi sosial disosiatif karena terjadi penolakan 25. Dalam suatu organisasi seorang manajer menyampaikan pendapatnya dan meminta pendapat dari bawahannya mengenai suatu keputusan. Dengan cara ini,manajer tersebut mendorong bawahannya untuk terlibat aktif dalam diskusi. Interaksi sosial ini menggambarkan bentuk hubungan berdasarkan teori interaksi sosial yang disebut __ A. Akomodasi C. Kerja sama D. Konflik B. Sugesti 26. Di sebuah perusahaan, terjadi konflik antara divisi pemasaran dan divisi produksi karena adanya perbedaan pandangan mengenai target penjualan dan kapasitas produksi. Berdasarkan teori konflik sosial oleh Lewis Coser konflik semacam ini berpotensi positif jika __ A. Konflik dibiarkan berlarut-larut sehingga salah satu divisi menyerah B. Konflik diselesaikan secara terbuka untuk memperbaiki hubungan antar-divisi C. Divisi pemasaran diutamakat karena berhubungan langsung dengan penjualan D. Divisi produksi diabaikan agar tidak mengganggu operasional perusahaan 27. Di sebuah desa.konflik sosial muncul antara penduduk asli dan pendatang mengenai pembagian sumber daya air. Konflik ini diperburuk oleh perasaan bahwa kelompok pendatang telah sumber daya at yang lebih banyak. Berdasarkan teori konflik Karl Marx faktor utama yang melatarbelakangi konflik ini adalah __ A. Faktor sosial budaya yang beragam di antara kedua kelompok B. Perebutan kekuasaan politik di tingkat lokal desa C. Ketimpangan akses terhadap sumber daya ekonomi D. Faktor agama yang berbeda antara penduduk asli dan pendatang Theory. konflik akan cenderung __ 28. Konflik sering kali terjadi dalam masyarakat multikultural karena adanya perbedaan kepentingan antar A. Dua berbeda dihadapkan pada sumber daya yang cukup melimpah B. Dua kelompok berbeda bersaing untuk memperolet sumber daya yang terbatas C. Tidak ada kelompok yang membutuhkan sumber daya khusus D. Kedua kelompok saling mengabaikan kebutuhan sumber daya yang sama
Solusi
4.1
(259 Suara)
Yajat
veteran ยท Tutor selama 11 tahun
Jawaban
23. C. Simbol-simbol memudahkan komunikasi di sekolah24. A. Panggung depan25. C. Kerja sama26. B. Konflik diselesaikan secara terbuka untuk memperbaiki hubungan antar-divisi27. C. Ketimpangan akses terhadap sumber daya ekonomi28. B. Dua kelompok berbeda bersaing untuk memperoleh sumber daya yang terbatas