Menyelesaikan Masalah Matematika dalam Ujian Akhir Semester (THE)

essays-star4(237 votes)

Ujian Akhir Semester (THE) adalah bagian penting dari kurikulum di Universitas Terbuka. Dalam THE ini, mahasiswa harus menunjukkan pemahaman mereka tentang materi yang diajarkan selama semester. Salah satu masalah matematika yang sering muncul dalam THE adalah menghitung nilai akhir mata kuliah. Dalam kasus ini, mahasiswa A telah menerima nilai-nilai yang berbeda untuk tugas, kuis, UTS, dan UAS. Tugas ini meminta mahasiswa untuk menentukan bobot nilai kuis, nilai UAS, dan nilai UTS berdasarkan nilai-nilai yang diperoleh.

Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu menggunakan informasi yang diberikan dalam pertanyaan. Diketahui bahwa nilai akhir mata kuliah adalah 71, dan bobot nilai kuis adalah 20%. Ini berarti bahwa nilai kuis adalah 20% dari nilai akhir, atau 14 (71 x 0,20). Selanjutnya, diketahui bahwa bobot nilai UAS adalah 35%, yang berarti nilai UAS adalah 24,75 (71 x 0,35). Akhirnya, diketahui bahwa bobot nilai UTS adalah dua kali nilai tugas, yang berarti nilai tugas adalah 12 (24,75 / 2).

Dengan menggunakan informasi ini, kita dapat menentukan nilai akhir mata kuliah untuk mahasiswa A. Nilai akhir adalah 71, yang terdiri dari nilai kuis (14), nilai UAS (24,75), dan nilai UTS (12). Oleh karena itu, nilai akhir mata kuliah untuk mahasiswa A adalah 50,75 (14 + 24,75 + 12).

Masalah matematika lain yang sering muncul dalam THE adalah menghitung jarak antara dua objek. Dalam kasus ini, seorang anak berdiri di depan sebuah gedung, dan kita diminta untuk menentukan jarak antara anak dan gedung. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu menggunakan perbandingan tinggi anak dan bayangannya, yang adalah 3:1. Ini berarti bahwa tinggi anak adalah 3 kali tinggi bayangannya, atau 9 kali tinggi bayangannya.

Untuk menentukan tinggi anak, kita perlu mengetahui tinggi bayangannya. Dalam kasus ini, tinggi bayangannya adalah 3 kali tinggi anak, atau 9 kali tinggi anak. Oleh karena itu, tinggi anak adalah 3 kali tinggi bayangannya, atau 9 kali tinggi bayangannya.

Untuk menentukan jarak antara anak dan gedung, kita perlu mengetahui tinggi gedung. Dalam kasus ini, tinggi gedung adalah 16 kali tinggi anak, atau 144 kali tinggi anak. Oleh karena itu, jarak antara anak dan gedung adalah 144 kali tinggi anak, atau 144 kali tinggi bayangannya.

Masalah matematika lain yang sering muncul dalam THE adalah menghitung jumlah peserta dalam suatu formasi baris-berbaris. Dalam kasus ini, kita diminta untuk menentukan nilai n-m, di mana n adalah jumlah peserta dalam pola ke-n, dan m adalah jumlah peserta dalam baris terakhir pola ke-13. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu menggunakan pola pertama dan pola kedua yang diberikan dalam pertanyaan.

Dalam pola pertama, jumlah peserta dalam pola ke-n adalah 196, dan jumlah peserta dalam baris terakhir pola ke-13 adalah 13. Oleh karena itu, nilai n-m adalah 196 - 13, atau 183.

Dalam pola kedua, jumlah peserta dalam pola ke-n adalah 196, dan jumlah peserta dalam baris terakhir pola ke-13 adalah 13. Oleh karena itu, nilai n-m adalah 196 - 13, atau 183.

Masalah matematika lain yang sering muncul dalam THE adalah menghitung rata-rata dari dua kelompok siswa. Dalam kasus ini, kita diminta untuk menentukan nilai median dari dua kelompok siswa, yang memiliki nilai-nilai yang berbeda. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu menghitung rata-rata dari kedua kelompok siswa dan menentukan nilai median dari kedua