Pertanyaan
Apa perbedaan nilai sosial dan norma sosial ? Bagaimana peran norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari? Apa fungsi nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari? Apa tujuan dari adanya sosialisasi primer? Jelaskan tahap proses sosialisasi perkembangan manusia mulai dari preparatory stage sampai generalized other? Jelaskan 3 ciri-ciri penyimpangan sosial? Berikan contoh jenis penyimpangan sekunder yang ada di masyarakat? Apa yang menyebabkan secrang anak menggunakan narkoba? Bagimana pendapat anda mengenai pengaruh internet terhadap kepribadian generasi muda? Menurut anda jika seorang perempuan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. apakah itu termasuk dalam penyimpangan sosial? Jika iya mengapa? Menurut anda apakah media masa memiliki dampak positif? Sepeninggal suaminya, Kembang Setaman hanus membesarkan bayinya yang masih berusia 3 bulan seorang diri. Tidak ada satu pun kerabat yang sudi membantunya. Sementara ia sama sekali tidak memiliki kemampuan dan keterampilan untuk bekerja. Di tengah himpitan hidup yang terasa menyesakkan, seorang kenalan menawarinya pekerjaan sebagai pramuria pada sebuah tempat hiburan malam. Inilah awal mula Kembang Setaman berkenalan dengan dunia prostitusi. Yang dapat disimpulkan dari uraian di atas adalah bahwa Kembang Setaman menyimpang karena... Jumlah pengamen jalanan yang beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, semakin meningkat dan kondisinya mengkhawatirkan. Penertiban terhadap pengamen sering dilakukan karena dianggap mengganggu arus lalu lintas dan rentan kecelakaan. Berdasarkan kadar pelanggaranya, tindakan mengamen di jalan tersebut termasuk jenis penyimpangan .... Remaja yang sedang mengalami stres berat berupaya untuk menghilangkan kekalutannya dengan mengonsumsi narkoba. Penyimpangan yang dilakukan remaja tersebut dapat diancam dengan sanksi berat karena termasuk penyimpangan .- Salah satu bentuk penyimpangan sosial yang kerap terjadi seiring pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi adalah kejahatan dunia maya, contohnya ....
Jawaban
Penjelasan:
1. Perbedaan antara nilai sosial dan norma sosial:
- Nilai Sosial:
- Merupakan keyakinan, prinsip, atau pandangan yang diterima dan dihargai oleh sebagian besar anggota suatu masyarakat.
- Nilai-nilai sosial mencerminkan idealisme, tujuan, dan aspirasi suatu masyarakat.
- Contoh nilai sosial: kejujuran, keadilan, kerja keras, kesetiaan, dan sebagainya.
- Norma Sosial:
- Merupakan aturan, tata tertib, atau pedoman perilaku yang diharapkan oleh masyarakat.
- Norma sosial mengatur interaksi antarindividu dalam suatu kelompok atau masyarakat.
- Contoh norma sosial: berbicara dengan sopan, menghormati orang tua, tidak merokok di tempat umum, dan sebagainya.
Contoh:
- Nilai Sosial: Kejujuran, keadilan, kesetiaan.
- Norma Sosial: Tidak berbohong, tidak mencuri, menghormati orang tua.
2. Peran norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari:
- Norma kesusilaan mengarahkan individu untuk bertindak sesuai dengan standar moral yang diterima oleh masyarakat.
- Hal ini mencakup perilaku sopan, hormat, menghargai privasi orang lain, dan menjaga kesopanan.
- Contoh: Menjaga etika saat berbicara dengan orang lain, tidak melakukan pelecehan verbal atau fisik, menjaga batasan privasi.
3. Fungsi nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari:
- Memberikan pedoman bagi individu dalam bertindak dan berinteraksi dengan orang lain.
- Membantu masyarakat dalam menentukan prioritas, mengidentifikasi kebaikan, dan membedakan antara benar dan salah.
- Memperkuat solidaritas sosial dan rasa identitas dalam suatu kelompok atau masyarakat.
- Contoh: Nilai kesetiaan mendorong individu untuk menjaga komitmen dalam hubungan, nilai kejujuran mengarahkan individu untuk selalu berbicara yang benar.
4. Tujuan dari adanya sosialisasi primer:
- Sosialisasi primer terjadi pada masa awal kehidupan individu, biasanya di lingkungan keluarga.
- Tujuan utamanya adalah untuk mengajarkan individu tentang norma, nilai, dan tata cara yang diharapkan dalam masyarakat.
- Membantu individu memahami peran sosialnya dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
- Menanamkan nilai-nilai dasar seperti rasa percaya diri, empati, dan keberanian.
Contoh:
- Anak belajar mengucapkan terima kasih saat diberi sesuatu.
- Anak memahami pentingnya berbagi dengan teman-teman di sekolah.
5. Tahap proses sosialisasi perkembangan manusia:
a. Preparatory Stage:
- Anak meniru perilaku orang dewasa tanpa memahami maknanya sepenuhnya.
- Belajar melalui pengamatan dan tindakan imitatif.
b. Play Stage:
- Bermain peran atau "role-playing", mulai memahami peran orang lain.
- Berlatih berbagai peran dalam permainan.
c. Game Stage:
- Memahami peran individu dalam suatu sistem sosial yang lebih kompleks.
- Mengerti norma, nilai, dan tata cara yang berlaku dalam masyarakat.
d. Generalized Other:
- Mampu melihat dirinya dari perspektif masyarakat secara keseluruhan.
- Memahami norma dan nilai sosial yang diterima oleh masyarakat secara umum.
Contoh:
- Preparatory Stage: Anak meniru cara orang dewasa berbicara.
- Play Stage: Bermain "rumah-rumahan" dengan peran-peran yang sudah ada.
- Game Stage: Memahami aturan main dalam permainan tertentu.
- Generalized Other: Mengerti norma sosial yang berlaku di sekolah atau masyarakat secara umum.
6. Tiga ciri-ciri sosial:
a. Abstraksi:
- Kemampuan manusia untuk membentuk gagasan dan simbol abstrak, seperti bahasa dan konsep.
b. Kekuatan:
- Kekuatan sosial terbentuk melalui interaksi antarindividu dan institusi.
c. Struktural:
- Terbentuknya pola-pola sosial yang mengatur hubungan antarindividu dan kelompok.
7. Jenis penyimpangan sekunder yang ada di masyarakat:
- Penyimpangan sekunder adalah perilaku yang dianggap melanggar norma sosial yang lebih serius.
- Contoh: pencurian, penipuan, penggelapan, narkoba, tindak kekerasan, dan sebagainya.
8. Penyebab seorang anak menggunakan narkoba:
- Banyak faktor yang bisa menyebabkan, antara lain:
- Pengaruh teman sebaya yang menggunakan narkoba.
- Lingkungan keluarga yang tidak stabil.
- Gangguan mental atau emosional.
- Ketidakpuasan terhadap diri sendiri atau lingkungan.
- Tuntutan sosial atau tekanan untuk tampil "keren" di lingkungan sekitar.
9. Pengaruh internet terhadap kepribadian generasi muda:
- Internet dapat mempengaruhi:
- Pola komunikasi interpersonal yang lebih cenderung melalui media sosial.
- Pengetahuan yang lebih luas, tetapi juga risiko informasi yang salah.
- Perubahan perilaku konsumtif dan gaya hidup.
- Penurunan kemampuan berpikir kritis akibat informasi yang mudah diterima tanpa verifikasi.
10. Perempuan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk dalam penyimpangan sosial?
- Tidak, bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah tindakan yang wajar dan tidak melanggar norma sosial.
- Penyimpangan sosial terjadi ketika individu melanggar norma atau aturan yang berlaku dalam masyarakat.
11. Dampak positif media massa:
- Media massa dapat:
- Menyebarkan informasi dan pengetahuan yang
Pertanyaan Panas lebih
Name the 4 levels of family Communication (top to bottom)
true about biological therapies for PTSD
When comparing rates of helping, sharing, and comforting in different situations, studies show that:
Learners that learn with hands
Explain gender differences in sexual socialization and how they affect individuals
Nature - nurture issue
Which of the following is the most accurate conception of adolescence when considering the majority of people ages 12-19?
Sebelumnya pak Agus adalah seorang peternak lele . Sekarang ia sudah beralih pekerjaan sebagai petani sayur. Kasus tersebut merupakan contoh __ Social
failure to achieve psychological intimacy may result in:
A researcher asks male and female participants to rate the guilt of a defendant on the basis of their physical attractiveness. Which of the following
What is seen background for behaviorism? (e.g., positivism)
Define differential reinforcement
3 influences of social institutions
A new patient from the Middle East comes to the office for her first exam. Her husband fills out all of the health forms and comes into the exam room
25. A new research methodology (termed "bench to bedside") developed to improve the application of research evidence in practice is known as a. ground