Pertanyaan
4 Ber Jasarkan illustras And re, Binar da in Citra, a. Jelaskar kecer lasa n majemuk yang Ar ida temuk an pada Andre Binar dan Citr serta ielaskan alasan Anda me nilih kecerda san majemuk tersebut! b. Buatlah Ra ncanga n Program P embelaja aran Harian (RPPH) d apat me ningkatke an kecerdasan majemuk an akl Dal har is mengal ndung unsur: iden titas R PPH (KE lompok,ha ri/tanggal, waktu), Indikat or/tujuan pe mbels jaran, Kecerda san yang dikemban gkan, Tema dan materi, Ke giatan pen belaja ran (pembuk aan,int istirah at dan pe nutup), Media dan s umber belajar, Penilaian Lasesmen.
Jawaban
a. Kecerdasan majemuk yang ditemukan pada Andre Binar dan Citra meliputi kecerdasan analitis dan kreatif, sosial dan emosional, serta teknis dan fleksibilitas. Kecerdasan ini dipilih karena memungkinkan pendekatan yang lebih komprehensif dalam pembelajaran.
b.** Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH) untuk meningkatkan kecerdasan majemuk siswa mengandung unsur-unsur seperti identitas RPPH, indikator/tujuan pembelajaran, kecerdasan yang dikembangkan, tema dan materi, kegiatan pembelajaran, media dan sumber belajar, serta penilaian/latihan.
Penjelasan
a. Kecerdasan Majemuk
Kecerdasan majemuk adalah kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis kecerdasan secara bersamaan untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks Andre Binar dan Citra, kita dapat melihat beberapa aspek kecerdasan majemuk:
1. Analitis dan Kreatif: Andre mungkin memiliki kemampuan analitis yang kuat, memungkinkan dia untuk memecahkan masalah dengan logika dan pemikiran kritis. Sementara itu, Citra mungkin lebih kreatif, mampu melihat peluang dan menciptakan solusi inovatif.
2. Sosial dan Emosional: Kedua individu ini mungkin juga memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang baik, memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan orang lain dan mengelola emosi dengan efektif.
3. Teknis dan Fleksibilitas: Mereka mungkin memiliki keterampilan teknis yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan alat dan teknologi dengan baik, serta fleksibilitas untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah.
Alasan Memilih Kecerdasan Majemuk:
Memilih kecerdasan majemuk karena pendekatan ini memungkinkan kita untuk memahami dan mengembangkan berbagai aspek kecerdasan yang dimiliki oleh individu. Ini membantu dalam merancang program pembelajaran yang lebih komprehensif dan efektif.
b. Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH)
Identitas RPPH:
- Kelompok: Kelompok kelas X
- Hari/Tanggal: Senin, 10 Oktober 2023
- Waktu: 08.00 - 15.00
Indikator/Tujuan Pembelajaran:
- Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar matematika.
- Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.
- Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama tim.
Kecerdasan yang Dikembangkan:
- Kecerdasan analitis dan kreatif.
- Kecerdasan sosial dan emosional.
- Kecerdasan teknis dan fleksibilitas.
Tema dan Materi:
- Tema: Pemahaman Konsep Dasar Matematika
- Materi: Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
Kegiatan Pembelajaran:
- Pembukaan: Sesi orientasi dan pengenalan materi.
- Intisirah: Diskusi kelompok dan latihan soal.
- Penutup: Ringkasan materi dan evaluasi.
Media dan Sumber Belajar:
- Buku teks matematika.
- Slide presentasi.
- Aplikasi pembelajaran online.
Penilaian/Latihan:
- Quizzes dan tes harian.
- Tugas kelompok dan individu.
- Observasi langsung oleh guru.
2.
Pertanyaan Panas lebih
Madrasah Alif Lam Mim mengembankan dokumen dalam merencanakan pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran dan Perangkat Ajar berdasarkan refleksi ya
1. Jelaskan 5 Teori Komunikasi yang ada di dunia dan berikan contoh konkrit masing-masing teori tersebut berkaitan dengan kejadian atau studi kasus sa
3. Gaya kepemimpinan yang etektif adalah hop kedewasaan (maturity)bawahan. Kedewasaan bawahan terkait dengan kematangan pekerjaan dan kematangan psiko
Validitas yang menunjukar akurasi ujian adalah? Select one: a . Validitas ujian b.Validitas isi c. Validitas pertanyaan d . Validitas kriteria
dari 10 soal ka satuan pendidikan memutuskan untuk tidak menaikkan kelas peserta didik, langkah yang harus diambil adalah A Menurunkan nilai peserta d
Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia , berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid -1
Busri telah merencanakan kegiatan belajar yang tentunya bisa meningkatkan kemampuan motorik balus anak dalam membuat berbagai macam garis seperti gari
Konten kreator menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh generasi Z. Menurut ahli psikolog generasi Z tumbuh dengan teknologi digital sej
Ujian intelege ncia adalah? Select one: a. Ujian terhadap beberapa ukuran kema ampuan mental khusus b. Ujian terhadap kepribadian c. Ujian terhadap ke
bebas , seseorang menyesuail <an perilaku terkait respon terhadap lingkungan sosial . Menurut Ritzer,model paradigma ini adalah karya dari __ a. Talco
Perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5! Individu disebut mengalami kecanduan internet jika dalam sehari menggunakan internet lebih
definisi dan jenis-jenis kompetensi guru yang profesional dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1.Kompetensi Pedagogik 2.Kompetensi Keprib adian 3.Kon
8 dari 10 soal Peran asesmen sumatif dalam proses pembelajaran adalah A Menjadi bagian dari perhitungan nilai akhir semester atau tahun ajaran B Membe
1Individu disebut mengalami kecanduan internet jika dalam sehari menggunakan internet lebih dari enam jam dan mengalami kesulitan dalam mengontrol pen
22/25 " Pengaruh Literasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa" Variabel independ en dari judul tersebut yaitu __ pengaruh literasi matem