Pertanyaan
1. Komponen program pendidikan yang bagian- pentingny termasuk dalam keterlaksanaan program, yang biasa disingkat dengan CIPP. Jelaskan menurut pemahaman saudara ! 2. Hasil pengambilan evaluator terhadap program yang dievaluasi terdapat 4 hal yang lingkup pembahasanya bisa dijelaskan oleh kalian yaitu antara lain adalah? 3. Kompetens Kepala Sekolah yang terdiri atas: kompetensi kepribadian , kompetens manajerial. kompetens supervisi kompetens kewirausahaan dan kompetensi dalam supervisi manajerial akan menjadi sasaran evaluasi bagi supervisor uraikan satu persatu!
Jawaban
1. Komponen Program Pendidikan CIPP
CIPP merupakan singkatan dari *Context, Input, Process, Product*. Ini adalah model evaluasi program yang holistik, memandang program pendidikan dari berbagai perspektif untuk memastikan efektivitasnya. Penjelasan masing-masing komponen:
* Context (Konteks): Meliputi analisis kebutuhan dan kondisi lingkungan tempat program pendidikan tersebut dilaksanakan. Ini mencakup faktor-faktor seperti karakteristik siswa, sumber daya yang tersedia, kebijakan pendidikan yang berlaku, dan harapan masyarakat terhadap program tersebut. Evaluasi konteks bertujuan untuk menentukan apakah program tersebut relevan dan sesuai dengan kebutuhan.
* Input (Masukan): Meliputi sumber daya yang digunakan dalam program, seperti kurikulum, guru, materi pembelajaran, fasilitas, dan anggaran. Evaluasi input bertujuan untuk menilai kualitas dan kuantitas sumber daya yang tersedia dan seberapa efektif sumber daya tersebut dialokasikan.
* Process (Proses): Meliputi bagaimana program pendidikan tersebut dijalankan. Ini mencakup metode pembelajaran, strategi pengajaran, interaksi guru-siswa, dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Evaluasi proses bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pelaksanaan program dan mencari cara untuk meningkatkannya.
* Product (Produk): Meliputi hasil atau dampak dari program pendidikan. Ini mencakup pencapaian belajar siswa, perubahan sikap dan perilaku siswa, dan kontribusi program terhadap tujuan pendidikan secara keseluruhan. Evaluasi produk bertujuan untuk menilai seberapa efektif program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan mengevaluasi keempat komponen ini, CIPP memberikan gambaran komprehensif tentang efektivitas program pendidikan dan memungkinkan dilakukannya perbaikan dan pengembangan yang tepat sasaran.
2. Empat Hal Lingkup Pembahasan Hasil Evaluasi Program
Meskipun tidak ada standar baku empat hal spesifik dalam hasil evaluasi program, berdasarkan praktik umum, empat hal yang mungkin dibahas dalam laporan evaluasi program adalah:
* Efektivitas Program: Seberapa berhasil program mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ini mencakup analisis data kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur dampak program terhadap peserta.
* Efisiensi Program: Seberapa efektif program menggunakan sumber daya yang tersedia. Ini mencakup analisis biaya-manfaat dan identifikasi area yang dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan hasil dengan sumber daya yang ada.
* Kelayakan Program: Seberapa layak program untuk diimplementasikan dan dipertahankan. Ini mencakup analisis kelanjutan program, dukungan dari pemangku kepentingan, dan keberlanjutan program di masa depan.
* Rekomendasi Perbaikan: Saran-saran untuk meningkatkan program berdasarkan temuan evaluasi. Ini mencakup rekomendasi spesifik untuk memperbaiki kelemahan yang teridentifikasi dan memaksimalkan kekuatan program.
3. Kompetensi Kepala Sekolah yang Menjadi Sasaran Evaluasi Supervisor
Berikut uraian kompetensi kepala sekolah yang menjadi sasaran evaluasi supervisor:
* Kompetensi Kepribadian: Meliputi integritas, kejujuran, komitmen, kepemimpinan, keteladanan, dan kemampuan beradaptasi. Supervisor akan mengevaluasi sejauh mana kepala sekolah menunjukkan perilaku dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai tersebut dalam memimpin sekolah dan berinteraksi dengan seluruh stakeholder.
* Kompetensi Manajerial: Meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan sumber daya sekolah (manusia, keuangan, dan material) untuk mencapai tujuan sekolah. Supervisor akan mengevaluasi kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan program sekolah, mengalokasikan sumber daya secara efektif, memotivasi staf, dan mengawasi kinerja mereka.
* Kompetensi Supervisi: Meliputi kemampuan kepala sekolah dalam membimbing, melatih, dan mengembangkan guru dan staf sekolah. Supervisor akan mengevaluasi kemampuan kepala sekolah dalam memberikan bimbingan dan supervisi akademik dan manajerial kepada guru, serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan profesional.
* Kompetensi Kewirausahaan: Meliputi kemampuan kepala sekolah dalam mencari dan mengelola sumber daya tambahan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Supervisor akan mengevaluasi kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak, mencari peluang pendanaan, dan mengelola sumber daya secara inovatif.
* Kompetensi Supervisi Manajerial: Ini merupakan integrasi dari kompetensi manajerial dan supervisi. Supervisor akan mengevaluasi kemampuan kepala sekolah dalam mengelola dan mensupervisi seluruh aspek operasional sekolah secara efektif dan efisien, memastikan tercapainya tujuan sekolah secara keseluruhan. Ini mencakup kemampuan dalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan komunikasi yang efektif.
Pertanyaan Panas lebih
Di bawah ini karakteristik produk si masal yang benar, kecuali __ biaya produksi kecil waktu siklus produksi tepat besar volume produk biaya produksi
Faktor-faktor yang Mempengai uhi Elastisitas Permintaan Sifat Barang Mewah atau kebutuhan? Substitusi Banyak atau sedikit? Proporsi Pendapatan 3 Besar
Untuk setiap situasi berikut hitunglah besarnya PPh Pasal 22 yang harus dibayar atau dipotong, sesuai dengan ketentuan yang berlaku: 1. PT Cahaya Seja
Nilai proxy NSB untuk cos (Probation)7 adalah 1,75 Select one: True False Question 4 Salah satu akibat dari barang hilang adalah stock tidak sesuai Se
Sebuah UMKM ingin meningkatkan inovasi di tempat kerja. Strategi apa yang paling efektif untuk mencapai tujuan ini? Select one: A. Memberikan pengharg
E. 11 6.Satuan Kerja Alengka memotong pajak atas pembelian barang dan jasa yang dilakukannya senilai Rp .2.000.000,00 . Berdasarkan peristiwa tersebut
19. Dalam menentukan Harga Pokok Penjualan (cost of goods sold)menggunakan periodic system, kecuali : Purchase aiscounts dikurangkan dari purchases b.
Soal No. 3 Pasar bebas adalah suatu kondisi jual beli yang ideal berdasarkan mekanisme penawaran dan permintaan tanpa terikat dengan kebijakan maupun
Baghimāna cara UMKM mengelola konflik antar koryawan yang berbsbl dari latar belakang yang berbeda bedo? Select one: A. Memecat salah satu pihak yang
13. Pada kemasan dengan inspirasi budaya nonbenda dapat menambahkan label yang memberikan keterangan __ HOTS a. asal muasal budaya nonbenda tersebut y
12. Untuk menghitung risiko pada umumnya dipakai nilai yang diperkirakan disebut __ a. decition under risk b. expected value c. variance d. desicion u
26.Langkah pertama yang paling penting dalam menjadi seorang customer service yang baik adalah __ a. Menguasai produk atau layanan yang ditawarkan b.
penting bagi proses kegiatan produksi serta distribusi sebuah produk karena hal tersebut akan membantu memperhitungkan segala usaha , produktivitas ,
Soal 2 Bagaimana cara UMKM yang memiliki sumber daya terbatas dapat meningkatkan kualitas SDM-nya? Select one: A. Mengadakan pelatihan internal yang d
2. Jelaskan yang termasuk dalam barang modal! Jawab __ 3. Apa yang Anda ketahui tentang bahan pangan nabati? Jawab ...................................