AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Matematika / B. (1)-(c), (2)-(d)(3)-(b), (4)-(a) 37. Diketahui median dan rata-rata berat badan 5 siswa adalah sa

Pertanyaan

B. (1)-(c), (2)-(d)(3)-(b), (4)-(a) 37. Diketahui median dan rata-rata berat badan 5 siswa adalah sama Setelah ditambah satu data berat data badan siswa, rata-ratal
zoom-out-in

B. (1)-(c), (2)-(d)(3)-(b), (4)-(a) 37. Diketahui median dan rata-rata berat badan 5 siswa adalah sama Setelah ditambah satu data berat data badan siswa, rata-ratal ya turun 1 kg, sedangkan mediannya tetap Select data berat badan tersebut diurutkan dari yang paling berat ke yang paling ringan, selisih berat badan antara siswa yang ditambahkan dan siswa di urutan ke -2 adalah __ C. 5 A. 2 D. 6 B. 4

Tampilkan lebih banyak
195
Jawaban
4.5 (169 suara)
avatar
Qimat profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban



B. 4**

Penjelasan



Pertanyaan: Diketahui median dan rata-rata berat badan 5 siswa adalah sama. Setelah ditambah satu data berat badan siswa, rata-ratanya turun 1 kg, sedangkan mediannya tetap. Jika 6 data berat badan tersebut diurutkan dari yang paling berat ke yang paling ringan, berapa selisih berat badan antara siswa terakhir yang ditambahkan dan siswa di urutan ke-2?

Langkah-langkah Penyelesaian:

1.
Menentukan kondisi awal:
- Median dan rata-rata berat badan 5 siswa adalah sama.
- Misalkan berat badan 5 siswa tersebut adalah \(a_1, a_2, a_3, a_4, a_5\).
- Karena median dan rata-rata sama, maka \(a_3 = \frac{a_1 + a_2 + a_3 + a_4 + a_5}{5}\).

2.
Menambahkan satu data berat badan:
- Setelah ditambah satu data, jumlah siswa menjadi 6.
- Rata-rata baru turun 1 kg, sehingga rata-rata baru adalah \(a_3 - 1\).
- Median tetap sama, yaitu \(a_3\).

3.
Menentukan posisi data baru:
- Karena median tetap, data baru harus berada di posisi ke-3 atau lebih tinggi agar tidak mengubah median.
- Jika data baru \(x\) berada di posisi ke-3, maka \(x \leq a_3\).

4.
Menghitung selisih berat badan:
- Selisih berat badan antara siswa terakhir yang ditambahkan (yaitu \(x\)) dan siswa di urutan ke-2 (yaitu \(a_2\)) adalah \(|x - a_2|\).

5.
Menentukan nilai \(x\):
- Karena rata-rata turun 1 kg, total berat badan 6 siswa harus lebih kecil 1 kg dari total berat badan 5 siswa.
- Total berat badan 5 siswa = \(5a_3\).
- Total berat badan 6 siswa = \(5a_3 - 1\).
- Maka, \(a_1 + a_2 + a_3 + a_4 + a_5 + x = 5a_3 - 1\).

6.
Menyusun persamaan:
- Karena \(a_3 = \frac{a_1 + a_2 + a_3 + a_4 + a_5}{5}\), maka \(5a_3 = a_1 + a_2 + a_3 + a_4 + a_5\).
- Jadi, \(x = 5a_3 - (a_1 + a_2 + a_3 + a_4 + a_5) = -1\).

7.
Menentukan selisih berat badan:
- Selisih berat badan antara siswa terakhir yang ditambahkan (\(x = -1\)) dan siswa di urutan ke-2 (\(a_2\)) adalah \(|-1 - a_2| = |a_2 + 1|\).

Kesimpulan:

- Selisih berat badan antara siswa terakhir yang ditambahkan dan siswa di urutan ke-2 adalah \(|a_2 + 1|\).
- Dari pilihan yang diberikan, jawaban yang paling sesuai adalah 4.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Sweet and salty are types of ... * A. taste B. food C. feeling D. beverage

1.) (2)/(3)+(3)/(4)-(1)/(6)=((8)/(12)+(9)/(12))-(1)/(6)=(17)/(12)-(1)/(6)=(1)/(24)-(1)/(24)=(1)/(24)

Hasil dari int(8x^(3)-6x^(2)+10 x-7)dx adalah dots . A. 2x^(4)-2x^(3)+5x^(2)-7+C B. 2x^(4)-2x^(3)+5x^(2)-7x+C C. 2x^(4)-3x^(3)+5x^(2)-7+C D. 2x^(4)+3x

Berikut ini yang bukan peran nanoteknologi 14 dalam mendukung gerakan kimia hijau adalah .... FiOR a. mengembangkan sintesis model baru dengan menggun

SOAL MATEMATIKA KELAS IX A DAN B SMP MUHAMMADIYAH 2 MAKASSAR TAHUN PELAJARAN 2023-2024 BENTUK ESSAY !! TULISKAN SIFAT SIFAT BILANGAN BERPANGKAT? Tentu

Harga sewa mobil di sebuah perusahaan mobil adalah Rp 350.000,00 per 24 jam pertama, sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda Rp. 25.000,0

Enam orang siswa, yaitu Alma, Bambang, Citra, Dinda, Erna, dan Fina sedang mengerjakan tugas kelompok bersama. Mereka duduk saling berhadapan di sebua

Sebuah matriks dideklarasikan sebagai berikut: Int nilai [3] [4] ; Jumlah elemen dari matriks tersebut adalah ...

Nilai lim_(x rarr2)(x^(4)-1)/(x^(2)+1) adalah... A. 1//5 B. 2//5 C. 3 D. 4 E. 1

" (1) "(7x+2)-(3x-1) =4x+3 (2) " 2) "(x-8)-(2x-5) =-x-3 (3)(-4a+9)-(a+3) =-5a+6 (4)(5a+6)-(-2a+6) =7a " (5) " (7-x)-(2x+8) =-3x-1 " (6) " ((1)/(

Perhatikan ilustrasi berikut ini. Luthfi adalah seorang karyawan perusahaan yang setiap bulan mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000,00. Dari gajinya te

f(x)=2x^(-5)-6x f(x)=2x-6x f(x)=(x^(2)-3)(x^(2)-2x+5) f(x)=3x^(3)-4x^(2)+x+5 f(x)=(1)/(3)x^(3)+(1)/(2)x^(2)-6x+1 f(x)=(2x+3)(x^(2)-3x+2) f(x)=(2x+3

a. 3ijam 10. menit 63 . detik Jam 49. menit 12.detik + =... Jam... menit ... detik

Banyak bidang pada prisma segi-30 adalah .... a. 92 c. 33 b. 91 d. 32 Luas alas suatu prisma yang berbentuk persegi adalah 36cm^(2) . Jika tinggi pris

TATA NAMA ANORGANIK 3. Berikanlah penamaan beserta ionisasi dari senyawa berikut ini: a. NH_(4)Cl d. Na_(2)CO_(3) b. H_(2)SO_(4) e. MgCl_(2) c. CuSO_(