AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Kursus AP / Petunjuk untuk soal nomor 39 s.d 50 . Pilihlah "A" jika pernyataan dibawah ini "benar" dan "B" jika

Pertanyaan

Petunjuk untuk soal nomor 39 s.d 50 . Pilihlah "A" jika pernyataan dibawah ini "benar" dan "B" jika pernyataan tersebut "salah" 39. Fokus pada
zoom-out-in

Petunjuk untuk soal nomor 39 s.d 50 . Pilihlah "A" jika pernyataan dibawah ini "benar" dan "B" jika pernyataan tersebut "salah" 39. Fokus pada pemeahan masalah menjadi lebih keil, merupakan teknik berfikir komputasional abstraksi a. Benar b. Salah 40. Algoritma mengurutkan langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah a. Benar b. Salah 41. Algoritma membatu programer dalam menerjemahkan langkah-langkah menjadi program sesungguhnya a. Benar b. Salah 42. Bertikir komputasional penting untuk kesiapan dalam berbagai lapangan pekerjaan termasuk teknologi informasi, sains data, dan rekayasa perangkat lunak a. Benar b. Salah 43. Fundamental merupakan aspek dalam tahapan berpikir komputasional a. Benar b. Salah 44. Struktur data berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, mempercepat penyimpanan dan pengaturan data serta mempercepat pertukaran data a. Benar b. Salah 45. Tipe struktur data queue berfungsi menghapus atau menyisipkan item baru di bagian atas tumpukan a. Benar b. Salah 46. Prinsip Last In First Out (LIFO) artinya elemen pertama di sisipkan akan menjadi elemen terakhir yang keluar a. Benar b. Salah 47. Pemrograman digunakan untuk membuat perangkat lunak yang dapat memecahkan masalah a. Benar b. Salah 48. Program aplikasi scratch tidak dapat digunakan oleh kalangan pelajar a. Benar b. Salah 49. Pemrograman scratch dapat membuat animasi dan game a. Benar b. Salah 50. Sprite merupakan tokoh berupa objek dalam membuat animasi pada scratch a. Benar b. Salah

Tampilkan lebih banyak
183
Jawaban
4.0 (63 suara)
avatar
Endah Fitriani profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban


39. A


40. A


41. A


42. A


43. B


44. A


45. B


46. A


47. A


48. A


49. B


50. A

Penjelasan


39. Fokus pada pemecahan masalah menjadi lebih kritis, merupakan teknik berpikir. Pernyataan ini menjelaskan pentingnya berfokus dan kritis dalam pemecahan masalah, dan teknik ini menjadi sangat penting dalam dunia kerja.



40. Algoritma mengurutkan langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah. Ini adalah pernyataan yang benar yang menjelaskan bahwa aturannya mengurutkan langkah-langkah dalam urutan logis untuk mencapai suatu sasaran.



41. Algoritma membantu programmer dalam menerjemahkan langkah-langkah menjadi programnya. Algoritma digunakan sebagai alat untuk membantu menerjemahkan prosedur ke dalam bentuk kode yang bisa dipahami oleh komputer.



42. Berfikir komputasional penting untuk kesiapan dalam berbagai lapangan pekerjaan termasuk teknologi informasi rekayasa perangkat lunak. Ini adalah pernyataan yang benar dan menjelaskan bahwa kemampuan berfikir komputasional yang baik akan membantu individu dalam banyak bidang, khususnya dalam dunia teknologi modern.



43. Fundamental merupakan aspek dalam tahapan berpikir komputasional. Memahami konsep-konsep fundamental memang penting dalam tahapan berpikir komputasional.



44. Struktur data berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, mempercepat penyimpanan dan pengaturan data serta mempercepat pertukaran. Struktur data ditujukan untuk pendataan dan pembagian tugas yang tersusun rapi.



45. Tipe struktur data queue berfungsi menghapus atau menyisipkan item baru di bagian atas. Umumnya dalam struktur data queue mengacu pada prinsip FIFO(First In First Out).



46. Prinsip Last In First Out (LIFO) artinya elemen pertama yang disisipkan akan menjadi elemen terakhir yang keluar. Pernyataan ini berlaku pada struktur stack dan sebaliknya pada struktur antrian.



47. Pemrograman digunakan untuk membuat perangkat lunak yang dapat memecahkan masalah. Pemrograman merupakan keterampilan dasar dalam menciptakan solusi digital.



48. Program aplikasi Scratch tidak dapat digunakan oleh kalangan pelajar. Kalangan pelajar tentu saja bisa menggunakan Scratch, program ini dibuat untuk memberikan kesempatan kepada pengguna dengan sedikit bahkan tanpa pengalaman pemrograman untuk memahami konsep pemrograman yang sebenarnya.



49. Pemrograman Scratch dapat membuat animasi dan game. Dengan menggunakan Scratch, pengguna bisa membuat berbagai proyek interaktif dan inovatif, termasuk game dan animasi.



50. Sprite merupakan tokoh berupa objek dalam membuat animasi di Scratch.
Sebuah Sprite pada Scratch adalah objek grafis pada layar. Pengguna dapat memindahkan, mengahpus atau menerapkanya.



Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Gatekna wacan iki! Bapak Pengawas sekolah ingkang satuhu kinurmatan, ketua komite sekolah ingkang kinurmatan, saha para siswa ingkang sutresna. Mangga

Teknik menendang dalam permainan sepak bola ada beberapa macam, antara lain teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Berikut ini ad

Perhatikan gambar sasaran serangan pencak silat berikut! Pencak silat kategori tanding mempertemukan dua orang pesilat untuk bertanding sesuai dengan

Perhatikan gambar berikut ini! Pada gambar diatas, Calibri adalah .... A. Thema B. Huruf C. Warna D. Username A. B. C. D.

Markosik berjalan di lorong sekolah, pada saat di tengah perjalanan dia menemukan secarik kertas tertempel pada dinding. Terdapat sebuah simbol aplik

Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya. Karangan nonfiksi

Langkah membuat daftar isi yang sudah dibuat dan ingin di ubah adalah... Refences - caption Refences - Create Refences -kolom update table Insert - he

Apa yang dimaksud dengan "Pergelangan Tangan" dalam pencak silat? A. Bagian tubuh yang harus dihindari saat bertarung B. Bagian tubuh yang sering digu

Elakan, hindaran, tangkisan dan tangkapan merupakan strategi yangdibutuhkan pencak silat pada saat... A. Penyerangan B. Pertahanan C. Pertandingan D.

Urutan untuk menambahkan lembar kerja baru di Ms. Office Powerpoint adalah ... Home - layout Home - reset Home - section Home - new slide Home - find

Siapakah yang menciptakan DSS (Decision Support System ? A. Engineer B. Programmer C. Dokter E. Guru E. Jawaban A dan B benar

Menurut Satori, konsep kecakapan hidup di antaranya ada keterampilan dasar yang harus ditunjukkan seseorang agar dapat .... A. memahami diri sendiri B

Sebuah abstrak yang baik mengandung bagianbagian berikut ini, kecuali.... A. Pendahuluan B. Literatur C. Metode D. Pembahasan

Buat program PASCAL Menggunakan RECORD dan ARRAY sebagai berikut : 1. Buatlah nama restoran sesuai dengan Kop Nota dan Isi Data sesuai dengan gambar n

apakah perubahan suhunya sangat drastis? (4) Ayo, diskusikan manfaat menggunakan diagram garis. LATIMAN Kita bisa dengan mudah membandingkan selisihny