AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Kursus AP / a. memutar sprite searah jarum jam b. mengoerakkan sprile ke atah mousepointer atau ke arah sprite l

Pertanyaan

a. memutar sprite searah jarum jam b. mengoerakkan sprile ke atah mousepointer atau ke arah sprite lainnya mengoerakkan sprite maju atau mundur d. Ufth
zoom-out-in

a. memutar sprite searah jarum jam b. mengoerakkan sprile ke atah mousepointer atau ke arah sprite lainnya mengoerakkan sprite maju atau mundur d. Ufth merngoerakkan sphe pada koordinat x dan y datam stage 6. Hall mendostar yarig portu dipahami dalam therewerkse kesatahan suatu program ataupun memahami jalannya program adalah a. mornertukan sebuah dokumentasi dani program young borsangkutan b. memperthitungkan jumlah programernya c. menelusuri kode dan struktur logika yang digunakan pada program bersangkutan d. mongetatiul konsep setting komputer secara sederhana 7. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah a. b. c. 4 SOL sendini termasuk jenis bahasa pemrograman, namun dalam implementasinya lebih cenderung pada a. output data c. fungsi data b. input data d. Basis data 13. Jenis robot menurut gambar berikut adalah a. Seript area c. Events b. Motion d. Control 12. Sebuah robot dengan penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut .... a. arm robetic b. drone c. humanoid d. manipulator 10 langkah ke dalam kode ares, maka bagian kode yang dipilith arialah a. Seript area 11. Guna melakukan drag perintah dengan gerak

Tampilkan lebih banyak
172
Jawaban
4.4 (73 suara)
avatar
Rini Sari elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban


1. a
6. c
1. b (pertanyaan ini tampaknya salah nomor dan mungkin seharusnya 7 atau pertanyaan lain sesuai konteks)
8. b (jika ini mengikuti urutan sebenarnya dan mengasumsikan konteks dari pertanyaan sebelumnya)
11. b
12. c
13. b (berdasarkan konteks sebelumnya, tapi tidak ada gambar disediakan sehingga asumsi ini didasarkan pada pilihan yang diberikan)
14. d

Penjelasan

Pertanyaan ini berfokus pada pemrograman dan konsep dasar dalam pengembangan software, termasuk penggunaan Scratch, pemahaman kesalahan program, dan kategorisasi robot. Scratch merupakan platform pemrograman visual yang memudahkan pemula untuk mempelajari konsep pemrograman dengan menggunakan blok-blok kode yang dapat digerakkan. Dalam memeriksa kesalahan suatu program, penting untuk memahami dokumentasi, kode, dan logika yang digunakan. Robot humanoid adalah robot yang dirancang menyerupai dan berfungsi mirip manusia. Bahasa pemrograman generasi ketiga mengadopsi bahasa yang lebih mirip dengan bahasa manusia, tetapi masih menggunakan simbol khusus, dan ini dikenal sebagai pemrograman prosedural. Kesalahan yang terjadi saat program dijalankan (runtime error) dan kesalahan saat kompilasi (compile-time error) adalah dua jenis kesalahan yang umum dalam pemrograman.


Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Lab maya Concord 5 points menyediakan banyak aktivitas STEM interaktif yang selaras dengan ... . Next Generation Standard Science Generation Next Scie

39 dari 138 Tandal Compass heading in a liquid compass is indicated by: Lubber's line Needle Card Flinder's bar Saya Tidak Tahu

Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah A Pemahaman B Analisis C Sistem diri D Metakognisi

Chatcip pmin-Google Searc xx Soal dan Kunci lawal Jawabas Modul I Pe Pelatihan Mandini | P: kbud.go.id/ pelatihan-mandiri/modul/39/post-test?topik=13&

Langkah membuat daftar isi yang sudah dibuat dan ingin di ubah adalah... Refences - caption Refences - Create Refences -kolom update table Insert - he

Apa yang dimaksud dengan "Pergelangan Tangan" dalam pencak silat? A. Bagian tubuh yang harus dihindari saat bertarung B. Bagian tubuh yang sering digu

Elakan, hindaran, tangkisan dan tangkapan merupakan strategi yangdibutuhkan pencak silat pada saat... A. Penyerangan B. Pertahanan C. Pertandingan D.

Urutan untuk menambahkan lembar kerja baru di Ms. Office Powerpoint adalah ... Home - layout Home - reset Home - section Home - new slide Home - find

Siapakah yang menciptakan DSS (Decision Support System ? A. Engineer B. Programmer C. Dokter E. Guru E. Jawaban A dan B benar

Menurut Satori, konsep kecakapan hidup di antaranya ada keterampilan dasar yang harus ditunjukkan seseorang agar dapat .... A. memahami diri sendiri B

Sebuah abstrak yang baik mengandung bagianbagian berikut ini, kecuali.... A. Pendahuluan B. Literatur C. Metode D. Pembahasan

Buat program PASCAL Menggunakan RECORD dan ARRAY sebagai berikut : 1. Buatlah nama restoran sesuai dengan Kop Nota dan Isi Data sesuai dengan gambar n

apakah perubahan suhunya sangat drastis? (4) Ayo, diskusikan manfaat menggunakan diagram garis. LATIMAN Kita bisa dengan mudah membandingkan selisihny

The Bear and the Two Friends Once, two friends were walking through the forest. They knew that anything dangerous can happen to them at any time in th

APa Perbedaan antara komunikasi Verbal dan nonvecball berikan Contoh masing-masing Jenis komunikasi dan Jelaskan mengapa keduanya penting dalam berint