Pertanyaan
3(x-1)+x=-x+7," Persamaan asil " 3(2-1)+2=-2+7," Substitusi "x=2 3(1)+2=5," Menyederhanakan " 5quad=5," Solusi teruji " Jika ada koefisien-koefisien dalam suatu persamaan berbentuk pecahan, kalikan kedua ruas dengan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut-penyebutnya, untuk menghilangkan pecahan tersebut. Karena setiap bilangan desimal dapat ditulis ke dalam bentuk pecahan, maka dalam menyelesaikan persamaan yang memuat koefisien desimal, kita dapat mengubah bentuk desimal tersebut ke dalam bentuk pecahan terlebih dahulu. Tentukan penyelesaian dari persamaan: (1)/(4)(n +8)-2=(1)/(2)(n-6) . Pembahasan: (1)/(4)(n+8)-2=(1)/(2)(n-6)quad Persamaan asli (1)/(4)n+2-2=(1)/(2)n-3quad Sifat distribusi (1)/(4)n =(1)/(2)n-3 =4((1)/(2)n-3) Operasi suku-suku serupa Kalikan kedua ruas dengan KPK=4 Sifat distributif Kurangkandengan 2n kalikan dengan -1 Dengan menguji persamaan asli dengan x= 12 , kita mendapatkan 3=3 . Jenis Penilaian : Pengotahuan Penilaian Peserta Didik Diskusikan soal-soal berikut dengan kelompokmul Tentukan apakah pernyataan berikut bernilai benar atau salah! Jelaskan jawabanmu! a. Persamaan -2x+5=-3 setara dengan persamaan -2x=-8 b. Persamaan 3x-(x-8)=4x setara dengan persamaan x=-4 . c. Untuk menyelesaikan (3)/(4)y=12 , kita harus mengalikan kedua ruas dengan (3)/(4) . d. Persamaan -4x=-16 setara dengan x=-4 . Jawab: Tentukan apakah setiap variabel yang diketahui memenuhi persamaan yang diberikan! a. x=-5,2x+7=-3 b. x=-1,-4x-5=-9 c. y=20 , d. x=-21,0,5(x+10)=21-0,3x Jawab: Tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan linear berikut! a. 21m=42 c. 27-3y=2y+12 b. 3p+12=-15 d. (1)/(4)(y+2)=(3)/(4)y-6
Jawaban
Untuk menyelesaikan persamaan:
a) 1/4(n+8)-2=1/2(n-6) kita melakukan pemecahan persamaan. Distribusi persamaan menghasilkan persamaan menjadi 1/4n+2-2=1/2n-3. Kemudian dikurangi dengan semua operasi serupa menghasilkan -n=-12. Dengan mengalikan dengan -1 dihasilkan nilai n = 12.
2. "Aktivitas Kelompok"
a. Persamaan -2x+5=-3 setara dengan persamaan -2x=-8 : Salah
b. Persamaan 3x-(x-8)=4x setara dengan persamaan x=-4 : Salah
c. Untuk-menyelesaikan 3/4y=12, kita harus mengalikan kedua ruas dengan 3/4: Salah
d. Persamaan -4x=-16 setara dengan x=-4: Benar
a. Jika x=-5, persamaan 2x+7=-3 menjadi 2*(-5) + 7 = -3, menghasilkan -10 + 7 = -3, yang setara dengan -3 = -3 yang merupakan nilai True.
b. Jika x=-1, persamaan -4x-5=-9 menjadi -4*(-1) -5 = -9, yang setara dengan 4-5=-9 salah/keliru.
c. Untuk persamaan \(y=20\), nilai ini tidak diketahui persamaannya, kita tidak bisa menentukan.
d. Untuk persamaan: \(x=-21,0,5(x+10)=21-0,3 x\), mungkin terdapat beberapa pelanggaran aturan dalam penyerahan formula atas \(x\), karena tidak ada tanda sama dengan ataupengubungan di antara -21 dan 0,5(x+10).
3.
a. \(21 \mathrm{~m}=42\), Maka \(m = 42/21 = 2\)
b. \(3 p+12=-15\), Maka \(p = (-15 - 12) / 3 = -9\)
c. \(27-3 y=2 y+12\), Maka \(y = (27 - 12) / 5 = 3\)
d. \(\frac{1}{4}(y+2)=\frac{3}{4} y-6\), Maka setelah melakukan penyederhanaan didapatkan \(y = 56/3\)
Penjelasan
1. Persamaan berikut 1/4(n +8)-2=1/2(n-6) akan disederhanakan untuk mengungkapkan nilai n.
2. Pada bagian "Penilaian Peserta Didik", diberikan beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Misalnya, dipinta untuk mendeterminasi apakah suatu pernyataan benar atau tidak dan melakukan tes apakah nilai x atau y memenuhi suatu persamaan.
Pertanyaan Panas lebih
Sweet and salty are types of ... * A. taste B. food C. feeling D. beverage
1.) (2)/(3)+(3)/(4)-(1)/(6)=((8)/(12)+(9)/(12))-(1)/(6)=(17)/(12)-(1)/(6)=(1)/(24)-(1)/(24)=(1)/(24)
Hasil dari int(8x^(3)-6x^(2)+10 x-7)dx adalah dots . A. 2x^(4)-2x^(3)+5x^(2)-7+C B. 2x^(4)-2x^(3)+5x^(2)-7x+C C. 2x^(4)-3x^(3)+5x^(2)-7+C D. 2x^(4)+3x
Berikut ini yang bukan peran nanoteknologi 14 dalam mendukung gerakan kimia hijau adalah .... FiOR a. mengembangkan sintesis model baru dengan menggun
SOAL MATEMATIKA KELAS IX A DAN B SMP MUHAMMADIYAH 2 MAKASSAR TAHUN PELAJARAN 2023-2024 BENTUK ESSAY !! TULISKAN SIFAT SIFAT BILANGAN BERPANGKAT? Tentu
Harga sewa mobil di sebuah perusahaan mobil adalah Rp 350.000,00 per 24 jam pertama, sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda Rp. 25.000,0
Enam orang siswa, yaitu Alma, Bambang, Citra, Dinda, Erna, dan Fina sedang mengerjakan tugas kelompok bersama. Mereka duduk saling berhadapan di sebua
Sebuah matriks dideklarasikan sebagai berikut: Int nilai [3] [4] ; Jumlah elemen dari matriks tersebut adalah ...
Nilai lim_(x rarr2)(x^(4)-1)/(x^(2)+1) adalah... A. 1//5 B. 2//5 C. 3 D. 4 E. 1
" (1) "(7x+2)-(3x-1) =4x+3 (2) " 2) "(x-8)-(2x-5) =-x-3 (3)(-4a+9)-(a+3) =-5a+6 (4)(5a+6)-(-2a+6) =7a " (5) " (7-x)-(2x+8) =-3x-1 " (6) " ((1)/(
Perhatikan ilustrasi berikut ini. Luthfi adalah seorang karyawan perusahaan yang setiap bulan mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000,00. Dari gajinya te
f(x)=2x^(-5)-6x f(x)=2x-6x f(x)=(x^(2)-3)(x^(2)-2x+5) f(x)=3x^(3)-4x^(2)+x+5 f(x)=(1)/(3)x^(3)+(1)/(2)x^(2)-6x+1 f(x)=(2x+3)(x^(2)-3x+2) f(x)=(2x+3
a. 3ijam 10. menit 63 . detik Jam 49. menit 12.detik + =... Jam... menit ... detik
Banyak bidang pada prisma segi-30 adalah .... a. 92 c. 33 b. 91 d. 32 Luas alas suatu prisma yang berbentuk persegi adalah 36cm^(2) . Jika tinggi pris
TATA NAMA ANORGANIK 3. Berikanlah penamaan beserta ionisasi dari senyawa berikut ini: a. NH_(4)Cl d. Na_(2)CO_(3) b. H_(2)SO_(4) e. MgCl_(2) c. CuSO_(