Pertanyaan
Menurut kamu Bagaimana gambaran Kreativitas Anak Muda Indonesia dalam Menggambarka Peran Inovasi Digital untuk Mencapai SDGs d Desa 3T ( Tertinggal Terdepan dan Terluar) Jawaban Anda
Jawaban
1. Pengembangan Aplikasi Pertanian Berbasis Teknologi: Anak muda dapat menciptakan aplikasi yang membantu petani di desa-desa terpencil untuk mengelola tanaman mereka dengan lebih efisien. Aplikasi ini bisa menyediakan informasi cuaca, tips pertanian, dan alat pemantauan pertumbuhan tanaman.
2. Platform E-Learning untuk Pendidikan: Membangun platform e-learning yang menyediakan materi pelajaran dan kursus online gratis untuk siswa di desa-desa terluar. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat pendidikan dan memberikan akses ke pengetahuan yang sebelumnya tidak tersedia.
3. Inisiatif Kesehatan Digital: Menggunakan media sosial dan aplikasi kesehatan untuk menyebarkan informasi kesehatan dan mendorong praktik kesehatan yang baik di komunitas pedesaan.
4. Pengelolaan Sampah dengan Teknologi: Menciptakan sistem pengelolaan sampah yang cerdas menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) untuk memantau dan mengelola pembuangan sampah secara efektif, sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.
5. Pariwisata Digital: Mengembangkan situs web dan aplikasi pandata digital untuk mempromosikan potensi pariwisata di desa-desa terdepan, sehingga meningkatkan perekonomian lokal melalui pariwisata berbasis teknologi.
Dengan kreativitas dan inovasi digital, anak muda Indonesia dapat berperan aktif dalam mencapai SDGs, terutama dalam aspek pendidikan, kesehatan, pertanian, dan perekonomian, sehingga membawa perubahan positif bagi masyarakat di desa-desa tertinggal, terdepan, dan terluar.
Pertanyaan Panas lebih
Madrasah Alif Lam Mim mengembankan dokumen dalam merencanakan pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran dan Perangkat Ajar berdasarkan refleksi ya
1. Jelaskan 5 Teori Komunikasi yang ada di dunia dan berikan contoh konkrit masing-masing teori tersebut berkaitan dengan kejadian atau studi kasus sa
3. Gaya kepemimpinan yang etektif adalah hop kedewasaan (maturity)bawahan. Kedewasaan bawahan terkait dengan kematangan pekerjaan dan kematangan psiko
Validitas yang menunjukar akurasi ujian adalah? Select one: a . Validitas ujian b.Validitas isi c. Validitas pertanyaan d . Validitas kriteria
dari 10 soal ka satuan pendidikan memutuskan untuk tidak menaikkan kelas peserta didik, langkah yang harus diambil adalah A Menurunkan nilai peserta d
Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia , berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid -1
Busri telah merencanakan kegiatan belajar yang tentunya bisa meningkatkan kemampuan motorik balus anak dalam membuat berbagai macam garis seperti gari
Konten kreator menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh generasi Z. Menurut ahli psikolog generasi Z tumbuh dengan teknologi digital sej
Ujian intelege ncia adalah? Select one: a. Ujian terhadap beberapa ukuran kema ampuan mental khusus b. Ujian terhadap kepribadian c. Ujian terhadap ke
bebas , seseorang menyesuail <an perilaku terkait respon terhadap lingkungan sosial . Menurut Ritzer,model paradigma ini adalah karya dari __ a. Talco
Perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-5! Individu disebut mengalami kecanduan internet jika dalam sehari menggunakan internet lebih
definisi dan jenis-jenis kompetensi guru yang profesional dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1.Kompetensi Pedagogik 2.Kompetensi Keprib adian 3.Kon
8 dari 10 soal Peran asesmen sumatif dalam proses pembelajaran adalah A Menjadi bagian dari perhitungan nilai akhir semester atau tahun ajaran B Membe
1Individu disebut mengalami kecanduan internet jika dalam sehari menggunakan internet lebih dari enam jam dan mengalami kesulitan dalam mengontrol pen
22/25 " Pengaruh Literasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa" Variabel independ en dari judul tersebut yaitu __ pengaruh literasi matem