Pertanyaan
5. Studi Kasus: Nina, seorang siswa kelas 2 SD terkadang menunjukkan gejala kecemasan saat menghadapi tugas yang sulit dan merasa takut jika mendapat nilai buruk. Selain itu, Nina menunjukkan sikap positif dengan teman-temannya, selalu berusaha membantu dan tidak mudah marah. Sebagai guru, Anda diminta untuk menilai perkembangan emosional Nina. Apa indikator yang dapat digunakan dan bagaimana cara Anda melakukan penilaiannya?
Jawaban
1. Indikator Kecemasan:
- Gejala Fisik: Perhatikan tanda-tanda fisik kecemasan seperti wajah pucat, berkeringat, gemetar, atau sakit kepala saat Nina menghadapi tugas yang sulit.
- Perilaku: Amati perilaku Nina saat menghadapi tugas. Misalnya, apakah dia menunjukkan tanda-tanda kecemas menghindari tugas, merasa cemas sebelum memulai tugas, atau meminta bantuan lebih sering dari biasanya.
- Pernyataan Diri: Dengarkan pernyataan diri Nina. Apakah dia mengungkapkan perasaan takut atau ragu saat berbicara tentang tugas atau nilai?
2. Indikator Sikap Positif:
- Interaksi Sosial: Amati bagaimana Nina berinteraksi dengan teman-temannya. Apakah dia selalu berusaha membantu, mendengarkan, dan menunjukkan empati?
- Perilaku Proaktif: Perhatikan apakah Nina aktif dalam kegiatan kelas dan selalu berusaha untuk berkontribusi positif.
- Pernyataan Darkan pernyataan diri Nina tentang teman-temannya. Apakah dia mengatakan hal-hal positif tentang mereka atau menghargai kontribusi teman-temannya?
3. Indikator Ketahanan Emosional:
- Respon Terhadap Kesulitan: Amati bagaimana Nina merespons ketika menghadapi kesulitan atau tantangan. Apakah dia mudah menyerah atau mencari solusi?
- Pengendalian Diri: Perhatikan apakah Nina dapat mengendalikan emosinya saat marah atau frustrasi. Apakah dia mampu menunggu giliran dengan sabar?
- Bantuan dari Orang Lain: Amati apakah Nina meminta bantuan dari orang lain saat membutuhkan duk dan apakah dia bersyukur atas bantuan yang diterima.
Cara Penilaiannya:
1. Observasi Langsung: Lakukan observasi langsung terhadap Nina dalam berbagai situasi, baik saat dia berada di kelas, saat bermain dengan teman-temannya, atau saat melakukan tugas-tugas sekolah.
2. Wawancara: Lakukan wawancara dengan Nina untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang perasaannya. Ajukan pertanyaan terbuka seperti "Bagaimana perasaanmu saat menghadapi tugas yang sulit?" atau "Apa yang kamu rasakan ketika mendapat nilai buruk?"
3. Pengamatan Teman Sebaya: Mintalah masukan dari teman-teman Nina mengenai sikap dan peril Teman sebaya sering kali dapat memberikan perspektif yang berharga tentang bagaimana Nina berinteraksi dalam kelompok.
4. Penilaian Diri:** Gunakan kuesioner atau alat penilaian diri yang sesuai untuk membantu Nina mengenali dan mengartikulasi perasaannya. Ini bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa memahami emosi mereka.
Dengan menggunakan indikator-indikator ini dan metode penilaian yang tepat, Anda dapat mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang perkembangan emosional Nina dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantunya mengembangkan keterampilan mengelola emosi yang lebih baik.
Pertanyaan Panas lebih
Psychological dysfunction - Problems with Cognition, Behavior, or Emotion
In terms of TRIPTANS, describe: 1) Structure 2) Mechanism of action 3) Duration of action 4) Effectivity 5) Routes and slowest to fasts 6) Relief 7) W
What are common depression symptoms in the DSM-5 criteria of a major depressive episode? How many symptoms are required and for how long must symptoms
What is the role of dopamine in the pleasure/reward pathway?
IN adult education the concept of "knowledge transfer" refers to:
Which one of the following is a means of controlling for observer bias? a. Using unobtrusive observations. b. Waiting for the participants to become u
Oppositional Defiant Disorder -
Following an immediate prompt, introduce a progressive time delay. Progressively fade intrusiveness of prompt and length of delay. Over time, as reinf
There is a broad consensus among early childhood scholars that preschool teaching should be based on _______________________________.
8. Julie is getting ready for final exams. She has three exams during the first three days of the exam period. To prepare, she has outlined a schedule
Milgrams intention in conductivity his study was to replicate the social situation in:
Is information in long term memory permanent?
What effect does masker level have on amount of masking? As masker level increases,...
Human Needs Theory Human needs theory explains that need fulfillment dominates ________, and behavior is organized in relation to ___________
Pensi di fare una vacanza-lavoro durante l'anno di pausa?