AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Matematika / 2) Bu Aryani sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi " kepada siswa kela

Pertanyaan

2) Bu Aryani sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi " kepada siswa kelas 4 SDN sukarasa dengan apersepsi mengingatkan kembali materi
zoom-out-in

2) Bu Aryani sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi " kepada siswa kelas 4 SDN sukarasa dengan apersepsi mengingatkan kembali materi terkait konsep luas bangun datar. beliau menjelaskan bahwa luas daerah bangun datar adalah ukuran yang menyatakan besarnya daerah bangun datar, dengan tujuan membangun pemahaman konsep siswa terkait materi tersebut dengan menerapkan metode tanya jawab dan demonstrasi la menunjukkan bahwa luas daerah bangun datar persegi dapat diperoleh dengan cara menunjukkan persegi satuan yang tepat menulupi daerah persegi besar kemudian menghitung jumlah persegi satuannya Bu Aryani juga menyiapkan lembar kerja peserta didik (1KPD) yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan luas daerah persegi dengan berbagai ukuran sehingga pada akhirnya diperoleh bahwa luas daerah bangun datar persegi adalah hasil kali dua buah sisinya yang sama panjang Terkait dengan keterampilan bertanya yang harus dimiliki oleh Bu Aryani untuk membangun pemahaman konsep siswa dan tentunya sebaga modal dasar dalam berinteraksi dengan siswa agar siswa dapat berpatisipas aktif dalam pembelajaran sebagai calon guru 5D. bantu Bu Aryani merumuskan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dengan mengacu kepada komponen-

Tampilkan lebih banyak
178
Jawaban
4.7 (354 suara)
avatar
Sarala profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat diajukan Bu Aryani kepada siswa kelas 4 SDN Sukarasa, berdasarkan komponen pembelajaran dan bertujuan membangun pemahaman konsep luas persegi, serta mendorong partisipasi aktif siswa sebagai calon guru 5D. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang dengan tingkat kesulitan yang bertahap, dari sederhana hingga lebih kompleks.

Fase 1: Apersepsi & Pengenalan Konsep Luas

* Pertanyaan Sederhana (Mengingat Kembali):
* "Anak-anak, apa yang kalian ingat tentang luas bangun datar? Coba berikan contoh bangun datar yang sudah kalian pelajari sebelumnya."
* "Apa perbedaan antara keliling dan luas bangun datar?"
* "Jika kita ingin mengukur luas halaman sekolah, alat ukur apa yang kira-kira bisa kita gunakan?" (Menghubungkan konsep ke kehidupan nyata)

* Pertanyaan Menantang (Menganalisis):
* "Mengapa kita perlu mempelajari tentang luas bangun datar?" (Menghubungkan relevansi materi)
* "Apakah semua bangun datar memiliki cara menghitung luas yang sama? Jelaskan!"


Fase 2: Demonstrasi & Aktivitas (Menggunakan Persegi Satuan)

* Pertanyaan Pemandu (Mengamati & Menjelaskan):
* "Perhatikan persegi besar yang telah Bu Guru bagi menjadi beberapa persegi kecil. Berapa banyak persegi kecil yang ada?" (Menggunakan demonstrasi visual)
* "Jika setiap persegi kecil mewakili 1 satuan luas, berapa satuan luas persegi besar ini?"
* "Bagaimana cara kita menghitung jumlah persegi kecil dengan cepat tanpa menghitung satu per satu?" (Mendorong siswa menemukan pola)

* Pertanyaan Mengaitkan (Menghubungkan & Menerapkan):
* "Jika sisi persegi besar ini memiliki panjang 4 satuan, bagaimana cara kita menghitung luasnya tanpa menghitung persegi kecil satu per satu?" (Mendorong siswa menemukan rumus)
* "Coba kalian gambarkan persegi dengan sisi 5 satuan. Berapa luas persegi tersebut?" (Menerapkan konsep ke contoh lain)


Fase 3: Lembar Kerja & Diskusi (Membuktikan Rumus)

* Pertanyaan Mengarahkan (Menyimpulkan & Mengevaluasi):
* "Berdasarkan pengisian tabel di LKPD kalian, apa yang kalian perhatikan dari hubungan antara panjang sisi persegi dan luasnya?" (Mendorong siswa menemukan pola dan rumus)
* "Bagaimana cara menghitung luas persegi jika diketahui panjang sisinya?" (Menyimpulkan rumus)
* "Apakah ada cara lain untuk menghitung luas persegi selain dengan menghitung persegi satuan? Jelaskan!" (Mendorong berpikir kritis dan alternatif solusi)

* Pertanyaan Refleksi (Merenungkan & Mengevaluasi Diri):
* "Apa yang sudah kalian pelajari hari ini tentang luas persegi?"
* "Apa bagian yang paling mudah dipahami? Apa yang masih membingungkan?" (Mengevaluasi pemahaman siswa)
* "Bagaimana kalian bisa menjelaskan cara menghitung luas persegi kepada teman kalian yang belum mengerti?" (Mendorong kemampuan menjelaskan dan mengajar)


Tips Tambahan untuk Bu Aryani:

* Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami siswa kelas 4.
* Berikan kesempatan kepada semua siswa untuk menjawab pertanyaan.
* Berikan pujian dan dorongan kepada siswa yang menjawab dengan benar.
* Gunakan berbagai metode bertanya, seperti pertanyaan terbuka, tertutup, dan pertanyaan yang menantang.
* Pastikan pertanyaan terhubung dengan demonstrasi dan aktivitas yang dilakukan.
* Buat suasana kelas yang menyenangkan dan interaktif.


Dengan menggunakan variasi pertanyaan seperti di atas, Bu Aryani dapat membangun pemahaman konsep siswa secara efektif dan melatih keterampilan bertanya sebagai calon guru 5D. Ingatlah untuk menyesuaikan pertanyaan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada suatu barisan aritmetika diketahui u_(3)=26 dan u_(8)=56 , maka u_(13)=dots . A. 75 B. 85 C. 86 D. 95 E. 96

Nilai dari (a^((3)/(5))xa^((1)/(3)))/(a^((7)/(15))) adalah ... A. a^((7)/(15)) B. a^((2)/(15)) C. a D. a^(2)

Putri membeli boneka seharga Rp. 50.000. Kemudian, boneka dijual lagi dengan harga Rp. 80.000. Berapa persen keuntungan Putri? 30% 40% 50% 60% 70%

Ranil pombagian tho home Latihan 18 Kerjakan soal-soal berikut. Tulislah dalam bentuk pecahan desimal. a. (5)/(10) c. (25)/(1.000) b. (5)/(100) d. (5)

Bilangan rasional yang nilainya terbesar adalah.... a. (5)/(8) c. (3)/(5) b. (2)/(3) d. (1)/(2) Ketidaksamaan-ketidaksamaan di bawah ini yang benar ad

persamaan untuk menentukan jumlah kelereng dari Reno! 6. Jumlah tiga bilangan asli berurutan adalah 114 Tuliskan persamaannya! 7. Selisih panjang dan

Nilai dari lim_(x rarr(3)/(2))(4x+1)/(2x-3)=-oo adalah pernyataan yang benar. Pilih satu: BENAR PALSU

Suatu regu pramuka membuat pionering gazebo. Satu pionering dikerjakan oleh 6 orang menghabiskan waktu selama 90 menit. Bila pionering tersebut dikerj

Himpunan penyelesaian dari 2x+3 <= x-2 , untuk x bilangan bulat adalah ....

Sulawesi berikut ini. Bulatkan pertama dan berikan jawaban bilangan bulat. 2.659.163 orang 61.841km^(2)

Modal sebesar Rp5.000.000,00 dibungakan dengan bunga majemuk 10%/tahun. Maka berapakah modal akhir dan bunga yang diperoleh setelah 6 tahun!

Sub Kegiatan 3.1 Letakkan tutup botol pada koordinat A(3,4) . Gambar ruas garis yang tegak lurus terhadap sumbu- x dari titik A . Hitung jarak titik A

Persamaan lingkaran dengan pusat (-4,2) dan menyinggung sumbu Y adalah .... A. x^(2)+y^(2)+8x+4y+4=0 B. x^(2)+y^(2)+8x-4y+4=0 C. x^(2)+y^(2)+8x-4y+16=

Persamaan di bawah ini yang bukan persamaan linier adalah... x+y=2^(2) 3=(1)/(x+y) sqrtx=3-y (1)/(x+y-2)=(2)/(x-y+2)

Misalkan diketahui barisan bilangan (4,6,8,10 dots , Tentukan. Suku ke 12 bilangan tersebut ... a. 27 b. 26 C. 28 d. 30 e. 29 a b c d e