Pertanyaan
Mohon berikan saran , masukan yang membangun untuk penerapan sekolah ramah anak di SMPN 1 Probolinggo
Jawaban
- Kurikulum yang Berpusat pada Anak: Desain kurikulum yang fleksibel dan berpusat pada ke dan minat anak. Ini memungkinkan anak untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing.
- Metode Pembelajaran Aktif: Menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan kegiatan ekskursi yang memungk anak untuk belajar melalui pengalaman langsung.
- Pengembangan Fasilitas yang Aman dan Nyaman: Memastikan bahwa fasilitas sekolah seperti ruang kelas, toilet, dan area bermain aman dan nyaman untuk anak. Ini termasuk pemeriksaan rutin terhadap kondisi bangunan dan kebersihan lingkungan sekolah.
- Program Kesehatan dan Keselamatan: Menyediakan program kesehatan dan keselamatan yang baik, termasuk pemeriksaan kesehatan rutin, pelatihan keselamatan, dan penanganan cepat terhadap kecelakaan atau sakit.
- Pembinaan Karakter dan Emosional: Melibatkan anak dalam kegiatan yang membangun karakter dan keterampilan emosional seperti kerja sama, empati, dan resiliensi. Ini bisa dilakukan melalui program bimbingan konseling dan kegiatan sosial.
- Kolaborasi dengan Orang Tua dan Komunitas: Membangun hubungan yang kuat dengan orang tua dan komunitas untuk mendukung pendidikan anak. Ini bisa dilakukan melalui pertemuan rutin dengan orang tua, keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, dan kerjasama dengan organisasi lokal untuk kegiatan ekstrakurikuler.
- Penggunaan Teknologi untuk Dukungan Pembelajaran:** Memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran dan komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua. Ini bisa mencakup penggunaan platform e-learning dan aplikasi pendidikan yang membantu anak dalam belajar.
Dengan menerapkan konsep sekolah ramah anak, SMPN 1 Probolinggo dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang tidak hanya mendukung perkembangan akademis anak, tetapi juga kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Penjelasan
Sekolah ramah anak adalah konsep pendidikan yang menekankan pada penciptaan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, dan intele anak. Penerapan sekolah ramah anak di SMPN 1 Probolinggo dapat dilakukan dengan beberapa langkah strategis untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan semua aspek kehidupan anak.
2.
Pertanyaan Panas lebih
Psychological dysfunction - Problems with Cognition, Behavior, or Emotion
In terms of TRIPTANS, describe: 1) Structure 2) Mechanism of action 3) Duration of action 4) Effectivity 5) Routes and slowest to fasts 6) Relief 7) W
What are common depression symptoms in the DSM-5 criteria of a major depressive episode? How many symptoms are required and for how long must symptoms
What is the role of dopamine in the pleasure/reward pathway?
IN adult education the concept of "knowledge transfer" refers to:
Which one of the following is a means of controlling for observer bias? a. Using unobtrusive observations. b. Waiting for the participants to become u
Oppositional Defiant Disorder -
Following an immediate prompt, introduce a progressive time delay. Progressively fade intrusiveness of prompt and length of delay. Over time, as reinf
There is a broad consensus among early childhood scholars that preschool teaching should be based on _______________________________.
8. Julie is getting ready for final exams. She has three exams during the first three days of the exam period. To prepare, she has outlined a schedule
Milgrams intention in conductivity his study was to replicate the social situation in:
Is information in long term memory permanent?
What effect does masker level have on amount of masking? As masker level increases,...
Human Needs Theory Human needs theory explains that need fulfillment dominates ________, and behavior is organized in relation to ___________
Pensi di fare una vacanza-lavoro durante l'anno di pausa?