AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Kedokteran / 1. Apa ciri-ciri model pembelajaran Jigsaw, ?(10) 2. Coba anda analisis (30) yang anda lakukan jika

Pertanyaan

1. Apa ciri-ciri model pembelajaran Jigsaw, ?(10) 2. Coba anda analisis (30) yang anda lakukan jika penerapan model pembelajaran tidak berhasil meningkatkan hasil belajar
zoom-out-in

1. Apa ciri-ciri model pembelajaran Jigsaw, ?(10) 2. Coba anda analisis (30) yang anda lakukan jika penerapan model pembelajaran tidak berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik? b. Tujuan pendidikan adalah menciptakan manusia yang seutuhnya baik secara pengetahuan maupun tingkah laku jika proses pendidikar sudah diikuti akan tetapi tingkah laku tidak berubah sesuai dengan fenomena sekarang silakan apa yang salah?dan apa yang harus dilakukan? 3. Bagaimana hubungan antar model pembelajaran guru dan peserta didik didalam kelas dalam meningkatkan hasil belajar? (20) 4. Dalam strategi pembelajaran mana yang lebih efektif antara kurikulum KTSP, K13 dan Merdeka sesuai kondisi sekarang kemukakan alasan saudara? (20) 5. Silakan anda kemukakan kesimpulan dari model yang anda terapkan didalam kelas? (20)

Tampilkan lebih banyak
189
Jawaban
4.7 (368 suara)
avatar
Aishani master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Jawaban:



1. Sepuluh Ciri-ciri Model Pembelajaran Jigsaw:

Model pembelajaran Jigsaw, yang menekankan kerja kelompok kooperatif, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Pembagian Materi: Materi pelajaran dibagi menjadi beberapa bagian (potongan "jigsaw").
2. Kelompok Ahli: Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen (beragam kemampuan).
3. Penguasaan Materi: Setiap anggota kelompok ahli bertanggung jawab mempelajari satu bagian materi.
4. Diskusi Kelompok Ahli: Anggota kelompok ahli mendiskusikan dan menguasai bagian materi mereka.
5. Kelompok Asli: Setelah mempelajari bagian materi, siswa kembali ke kelompok aslinya (kelompok yang berbeda dengan kelompok ahli).
6. Mengajar Teman: Di kelompok asli, setiap siswa "mengajar" bagian materi yang telah mereka kuasai kepada anggota kelompok lainnya.
7. Evaluasi: Evaluasi dilakukan secara individu maupun kelompok, untuk memastikan pemahaman semua siswa.
8. Ketergantungan Positif: Sukses kelompok asli bergantung pada kontribusi setiap anggota.
9. Akuntabilitas Individual: Setiap siswa bertanggung jawab atas pemahaman mereka sendiri terhadap seluruh materi.
10. Interaksi Tatap Muka: Model ini menekankan interaksi langsung dan kolaborasi antar siswa.


2. Analisis:

a. Apa yang Anda lakukan jika penerapan model pembelajaran tidak berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik?

Jika penerapan model pembelajaran Jigsaw (atau model lainnya) tidak berhasil meningkatkan hasil belajar, perlu dilakukan analisis menyeluruh. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain:

* Evaluasi Implementasi: Periksa apakah model diterapkan dengan benar. Apakah pembagian materi seimbang? Apakah waktu yang dialokasikan cukup? Apakah siswa memahami instruksi dan perannya? Apakah terdapat hambatan dalam proses kolaborasi?
* Evaluasi Materi: Apakah materi pelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan siswa? Apakah materi menarik dan relevan? Apakah materi disajikan dengan cara yang mudah dipahami?
* Evaluasi Metode Penilaian: Apakah metode penilaian yang digunakan sudah tepat untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi? Apakah penilaian hanya berfokus pada hasil akhir atau juga proses pembelajaran?
* Identifikasi Hambatan: Cari tahu hambatan yang mungkin terjadi, seperti kurangnya motivasi siswa, masalah disiplin, atau kurangnya dukungan dari guru.
* Modifikasi Strategi: Jika ditemukan masalah, modifikasi strategi pembelajaran. Bisa jadi perlu penyesuaian dalam pembagian kelompok, alokasi waktu, atau metode penyampaian materi. Pertimbangkan untuk mengganti model pembelajaran jika diperlukan.
* Umpan Balik: Berikan umpan balik kepada siswa tentang kinerja mereka dan bantu mereka untuk memperbaiki kelemahan mereka.
* Observasi dan Dokumentasi: Catat semua proses dan hasil evaluasi untuk pembelajaran di masa mendatang.


b. Tujuan pendidikan adalah menciptakan manusia yang seutuhnya baik secara pengetahuan maupun tingkah laku. Jika proses pendidikan sudah diikuti akan tetapi tingkah laku tidak berubah sesuai dengan fenomena sekarang, silakan apa yang salah dan apa yang harus dilakukan?

Jika tingkah laku siswa tidak berubah meskipun proses pendidikan sudah diikuti, kemungkinan penyebabnya adalah:

* Inkonsistensi antara teori dan praktik: Materi pendidikan mungkin tidak diintegrasikan dengan baik ke dalam kehidupan sehari-hari siswa. Nilai-nilai moral dan etika mungkin hanya diajarkan secara teoritis tanpa contoh nyata dan penerapan praktis.
* Kurangnya model peran: Siswa mungkin tidak memiliki model peran yang baik, baik di rumah maupun di sekolah, yang dapat mencontohkan perilaku yang diinginkan.
* Lingkungan yang tidak mendukung: Lingkungan rumah atau masyarakat mungkin tidak mendukung nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Tekanan teman sebaya juga dapat mempengaruhi perilaku siswa.
* Metode pengajaran yang kurang efektif: Metode pengajaran yang monoton dan tidak menarik dapat membuat siswa kurang termotivasi untuk menerapkan nilai-nilai yang diajarkan.
* Kurangnya konsistensi dalam penerapan disiplin: Kurangnya konsistensi dalam penerapan aturan dan sanksi dapat membuat siswa merasa bahwa aturan tidak penting.

Apa yang harus dilakukan?

* Integrasi nilai-nilai moral ke dalam semua aspek pembelajaran: Nilai-nilai moral dan etika harus diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran dan aktivitas sekolah.
* Memberikan contoh nyata dan penerapan praktis: Siswa perlu melihat contoh nyata bagaimana nilai-nilai moral diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
* Membangun kemitraan dengan orang tua dan masyarakat: Sekolah perlu bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran nilai-nilai moral.
* Menggunakan metode pengajaran yang menarik dan efektif: Metode pengajaran yang inovatif dan partisipatif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan menerapkan nilai-nilai moral.
* Konsistensi dalam penerapan disiplin: Aturan dan sanksi harus diterapkan secara konsisten untuk memastikan bahwa siswa memahami pentingnya aturan.
* Pengembangan karakter: Program pengembangan karakter yang terintegrasi dan berkelanjutan perlu diterapkan.


3. Hubungan Antar Model Pembelajaran, Guru, dan Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar:

Model pembelajaran yang efektif membutuhkan kolaborasi yang kuat antara guru dan peserta didik. Guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator, sementara peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat akan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, di mana guru dan siswa saling berinteraksi dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilannya bergantung pada:

* Pilihan model yang tepat: Guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, karakteristik siswa, dan tujuan pembelajaran.
* Peran guru sebagai fasilitator: Guru harus memfasilitasi proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penyampai informasi.
* Keaktifan peserta didik: Peserta didik harus aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok.
* Umpan balik dan evaluasi: Guru harus memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa dan melakukan evaluasi secara berkala untuk memantau kemajuan belajar siswa.
* Motivasi dan dukungan: Guru harus memotivasi dan mendukung siswa agar mereka tetap semangat dalam belajar.


4. Strategi Pembelajaran yang Lebih Efektif (KTSP, K13, Merdeka Belajar):

Saat ini, Kurikulum Merdeka Belajar cenderung lebih efektif dibandingkan KTSP dan K13. Alasannya:

* Fleksibilitas: Kurikulum Merdeka Belajar menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi guru dalam memilih materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
* Pengembangan Kompetensi Abad 21: Kurikulum Merdeka Belajar lebih fokus pada pengembangan kompetensi abad 21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan berpikir kritis.
* Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik: Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, di mana siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
* Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): P5 mendorong pengembangan karakter dan nilai-nilai luhur.
* Adaptasi terhadap perkembangan: Kurikulum Merdeka Belajar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Namun, keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar juga bergantung pada kesiapan guru, sarana prasarana, dan dukungan dari berbagai pihak.


5. Kesimpulan Model Pembelajaran yang Diterapkan di Kelas:

(Jawaban ini harus disesuaikan dengan model pembelajaran yang *sebenarnya* diterapkan di kelas. Sebagai contoh, jika model Jigsaw diterapkan):

Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Kerja kelompok kooperatif memungkinkan siswa untuk saling belajar dan membantu satu sama lain. Namun, perlu diperhatikan bahwa keberhasilan model ini juga bergantung pada kesiapan siswa dalam berkolaborasi dan kemampuan guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran. Evaluasi berkala dan umpan balik yang konstruktif sangat penting untuk memastikan keberhasilan model ini. Perbaikan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan siswa dalam berdiskusi dan memberikan panduan yang lebih detail dalam setiap tahapan pembelajaran.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Dibawah ini adalah peralatan P3K yang sering diperlukan ... a. Gunting, kapas, betadin, obat merah b. Gunting, kapas, betadin, plester c. Gunting, bet

Berikut ini gejala penyakit pernapasan yang dialami siswa: 1) Batuk-batuk 2) Napas pendek dan berbunyi 3) Sesak napas 4) Terjadi penyempitan saluran p

Penanganan cidera dengan metode Balut dengan perban elastis secara merata di area cedera untuk mencegah pembengkakan. Hindari untuk tidak membalutnya

Tindakan seorang dokter ketika sedang merawat pasiennya, merupakan tindakan yang... A. from utility B. place utility C. time utility D. service utilit

Bagaimana peran guru dalam pengembangan emosi peserta didik.... A. peserta didik perlu dibimbing dan dididik melalui metode pembiasaan secara intensif

Seseorang yang telah mampu berpikir rasional dapat menunjukkan bahwa orang tersebut dapat.... A. berempati dengan orang lain B. memecahkan masalah sen

Salah satu strategi untuk membangun keterampilan emosional yang dapat dilatinkan pada anak adalah group dynamic yang artinya.... A. kepekaan terhadap

Gerakan yang dilakukan secara perlahan-lahan pada otot hingga terjadi ketegangan dan mencapai rasa nyeri disebut? Dynamic Stretching Static Stretching

Cermatilah kutipan berikut! Kaca mata yang baik dan ahli kaca mata merupakan dua sisi yang berkaitan. Ahli kaca mata merupakan salah satu profesi yang

"Obat Penicillin" Penicillin merupakan jenis obat yang termasuk dalam kategori antibiotik. Obat ini berfungsi untuk mengatasi infeksi pada tubuh yang

APOTEKER : Obat = PERAWAT : Pasien MONTIR : Rusak KOKI : Masakan PSIKIATER : Jiwa

Fungsi fakta dalam teks berita adalah .... a. menguatkan keakuratan informasi dalam berita yang ditulis b. menunjukkan kinerja para wartawan dan repor

Berikut yang termasuk ke dalam ciri-ciri pantun, kecuali ... A. Baris ketiga dan keempat disebut isi B. Tiap bait terdiri dari 4 baris C. terdiri dari

Perbedaan hikayat dengan cerita kuno lainnya terletak pada ... A. latar dan suasana dalam cerita. B. penokohannya sulit dipahami. C. alur yang gampang

How much liferaft capacity should be provided on a conventional cargo ship of more than 85 meters in length ? 75% of the complement on each side of th