AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Sejarah

Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.

Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.

18. Perhatikan wacana berikut! Andra ingin membeli es kesukaannya. la pun pergi ke penjual es tersebut. Saat akan membeli la melihat ada seorang kakek yang sudah terlebih dahulu sampai di toko penjual es. Kakek tersebut ingin membelikan os untuk cucunya.tersebut ingin membelikan beradaan cucunya. Tanpa menghiraukan memesan es kesukaannya. Tindakan Andra tersebut merupakan contoh pelanggaran terhadap __ a. norma cara b. norma kebiasaan C. norma tata kelakuan d. norma adat istiadat 19. Norma hukum dibuat oleh negara lembaga-lembaga negara. Norma ini berfungsi untuk __ a. menetapkan pelantikan pejabat publik b. menentukan sikap yang tidak tertulis dalam masyarakat C. menentukan tindakan yang harus dilakukan oleh masyarakat d. memberikan legitimasi terhadap apa yang berlaku di masyarakat 20. Perhatikan peran lembaga sosial berikut! 1) Melakukan kegiatan pelestarian sumber dalam dalam lingkup kecil. 2) Mengenalkan konsep lingkungan alam dalam kegiatan beragama. 3) Melakukan pelestarian sumber daya alam secara efektif dan efisien untuk mendapatkan ceuntungan tanpa merusak alam. 4) Memberikan contoh kegiatan pelestarian sumber daya alam yang berkaitan dengan ajaran agama. Peran lembaga agama dalam pelestarian sumber daya alam ditunjukkan oleh angka __ a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) C. 2) dan 4) d. 3) dan 4) Peran lembaga politik dalam pemanfaatan sumber daya manusia adalah .... __ a. menjadi sistem dan praktik keyakinan dalam masyarakat b. mengatur hubungah antarmanusia dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjadi tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang dilakukan untuk mengubah tingkǎn laku seseorang mengatur pelaksanaan kekuasaan dan masyaraka yang suatu keteraturan wewenang yang menyangkut kepentingan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat ngetahuan Sosial Kelas VIII SMPMT (Kumkulum Masislah? perdagangan memilisi agama penting dalam pertuna di indonesianesia disinggan... __ pabal dagang goular b. pendagang guliaulan Indonesia.... bandas lengkap C. pandas lengkardonesia di jalur C. yang gitas ungguna tersedia sam letak strategis komputan indonesia 29. Pada makembang sebagai pusat perdaga carena .... __ karena rupakan an kol daerah The Aratikan komodian para pelasai b. C. kalan komoditas perdasaran b. menjadi tempat suk yang bersifat memilihnyatakan masuknya agam H. I dan Euddha golongan pemuka agama india adalah __ a. teori Waisya b. teori Kesatria b. teori Brahmana C. teori Arus Balik teori Aruskmenjelaskan indonesia an Teoriarus Hindu Buddha di Indonesia as: oleh __ a. kaum prajurit b kaum Brahmana C. kaum pedagang C. orang Indonesia sendiri 26. Raja Kerajaan Sang Rajasa Bathara Sang Amurwabhumi adalah a. Anusapati b Tohjaya C. Ken Arok d. Kertanegara 27. Perhatikan keterangan berikut! pada 1293 Masehi. di Trow 2) Pusat kerajaan berada Mojokerto,Jawa Timur, 3)Mojokerto, pusat kejayaan pusat kejayaan pada pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Keterangan tersebut sesuai ciri-ciri pada. __ a. Kerajaan Kediri b. Kerajaan Singasari C. Kerajaan Majapahit d. Kerajaan Mataram Kuno 28. Raja terakhir sebelum keruntuhan Keraj Singasari adalah __ a.Ken Arok C. Kertanegara b. Anusapati d. Panji Tohjoyo Kerajaan karena di a. berr bera C. ber d. Ma 30 Indone Salah menge fe a. te b. s C. d. 31. Dae Ind b. C c c 32.

8. Awal mula penyebaran Islam di Nusantara melalui jalur perdagangan dan pernikahar . Penduduk lokal Indonesia memilih untuk menikah derigan para saudagar musfim yang datang dari pelayaran . Alasan yang masuknya Islam melalui jalur pernikahan adalah __ HOUS a. keadaan ekonomi saudagar muslim menjadi primadona masya- rakat lokal b. jalur perdagangan antarnegara sudah terbuka dan bebas untuk dilewati c. orang-orang dari Arab memiliki paras tubuh yang besar dan tampan d. para wanita dari penduduk 10- kal tidak tertarik dengan lelaki penduduk lokal e. kurangnya pengetahuan penduduk lokal terkait ilmu agama dan per- nikahan 9. Awal mula masuknya Islam di Indonesia adalah melalui bagian __ a. Pulau Sumatra bagian utara b. Pulau Sumatra bagian barat c. Selat Malaka d. Pulau Jawa e. Pulau Kalimantan 10. Teori yang mengatakan Islam masuk dari negara Arab disebut teori __ a. Makkah d. Tiongkok b. Gujarat e.India Persia

Sukarno menjelaskan bahwa dasar negara yang diusulkannya bagi Indonesia merdeka terdiri dari kebangsaan perikemanusiaan , demokrasi,kesejahteraan sosial, dan ketuhanan . Konsep tersebut muncul pada tanggal __ a.I Juni 1945 c. 1 Juli 1945 b. 30 Juni 1945 d. 30 Juli 1945

1. Bagaimana teknologi modern seperti analisis DNA, membantu para antropolog dalam penelitian mereka?Apa dampaknya terhadap teori-teor yang ada sebelumnya? Bobot : $15\% $ Waktu Maksimal: j5 menit 2. Coba analisis pentingnya konsep relativisme budaya dalam antropologi Mengapa penting bagi para antropolog untuk menghindar etnosentrisme saat mempelajari Bobot: $25\% $ Waktu Maksimal: 20 monit 3. Bagaimana pandangan antropolog budaya mengenai konsep budaya?Jelaskan perbedaan antara budaya material dan budaya non-material dengan contoh! Bobot : $25\% $ [ Waktu Maksimal:30 monit 4. Jelaskan proses difusi budaya dan bagaimana konsep ini dapat mempengaruhi perkembangan budaya di masyarakat yang berbedal Bobot : $35\% $ | Waktu Maksimal : 35 menit

Buatlah kelompok yeng terdiri dari 4 siswa! Carilah referensi mengenai kesultanan Islam yang masih ada di Indones a. Kesultanan Surakarta b. Kesultanan Kanoman c. Kesultanan Ternate d. Kesultanan Cirebon e. Kesultanan Deli Carilah bagaimana kesultanan tersebut saat ini dan pengaruhnya bag sertakan info menarik lainnya! (erjakan dengan saksama!

D. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. Adanya kendaraan listrik yang dapat dipakai dan lebih ramah lingkungan menunjukkan contoh globalisasi di bidang __ Indonesia kerja sama dengan Arab Saudi terkait ibadah haji bagi umat Islam. Hal tersebut menunjukkan contoh kerja sama __ 3. ASEAN didirikan oleh negara -negara di Asia Tenggara pada tanggal __ 4. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN didirikan di __ 5. Badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan keadilan sosial dan hak-hak tenaga kerja buruh adalah __ E.Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut dengan tepat! 1. Apakah organisasi ASEAN itu? Jawab __ . 2. Jelaskan yang dimaksud kerja sama multilateral! Jawab: __ 3. Sebutkan tiga contoh bentuk kerjasama bilateral! Jawab:

19 Perubahan sosal budayardenggap positif jika b. kesenjangan sosial c. Iunturnya budaya nasional __ melibadian banyak individu d. pergeseran nilai dan normascolis a. melibadan baryat individu asyarakat c. mendorong masyarakat monjadi pada teknologi negatif yaitu besar dapat menimburban 20. Perubahan sosial budaya yang membawa b. mendorong sikap a. menjadisumber kejahatan baru terhadap kehidupan masyarakat c. mendorong beredarnya produk pale. adalah __ a per d. mengubah kebudayaan pemberontakin b. perubahan gaya rambut Perubahan yang tidak dikehendah gi c. pernbangunan masyarakat terdapat pada pernyataak __ d. bencana alam a. perubahan kurikulum dilaksanikan secialing 21. Cara hidup masyarakat suku pedalaman dari bertahap masa ke masa relatif statis Kondisi ini b. pemerintah melaksanakan progras disebab kan adanya hambatan bagi keluarga berencana melaksanakan perubahan. Faktor penyebab karena bencana kekeringan masyarakat suku pedalaman untuk c. jumlah penduduk desa Gampong menurun terhambatnya perubahan sosisibudaya dalam d. pembangunan jalan bebas hambatan masyarakat suku pedalaman adalah __ perkotaan mempertancar lalulintas a. sikap mempertahankan tradisi 27. Perhatikan dampak-dampak berikut! b. kurangnya perhatian pemerintah 1) Peningkatan jumlah penduduk karena c. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat urbanisasi. d. hambatan dalam hubungan dengan 2) Pencemaran air, tanah dan udara akbet masyarakat luar limbah industri. 22. Perhatikan contoh perubahan sosial dibawah 3) Munculnya pemukiman kumuh di pinggit init kota. 1) Mode pakaian. 4) Lahan pertanian berubah fungsi menjadi 2) Wajib belajar 9 tahun. lahan industri. 3) Jenis telepon seluler. Dampaknegatif pembangunan kota terhadap 4) Revolusi industri. lingkungan alam terdapat pada nomor __ Berdasarkan contoh tersebut perubahan sosial a 1) dan 2) yang pengaruhnya kecil ditunjukkan pada b. 1) dan 3) nomor __ c. 2) dan 4) a. 1) dan 2) d. 3) dan 4) b. 1) dan 3) 28. Sikap meniru gaya hidup masyarakat Barat c. 2)dan 3) dapat menyebabkan pudarnya jat diri dan d. 3) dan 4) budaya bangsa. Upaya yang tepat untuk 23. Sikap masyarakat yang tidak mau menerima mengatasi kondisi tersebut adalah __ hal-hal baru dan luar seperti yang dilakukan a. menerima kebudayaan Barat secara oleh orang-orang tua yang konservatif karena terbuka trauma terhadap penjajahan adalah b. mengenaiberbagaikebudayaan dari segara penghambat perubahan sosial budaya yang lain berupa __ c. memanfaatkan teknologi sesuai a. sikap tradisional masyarakat perkembangan zaman b. pendidikan yang terhambat d. memilihkebudayaan yang sesua dengan c. kepentingan yang lertanam dengan kuat kepribadian bangsa d. prasangka terhadap hal-hal baru 29. Salah satu faktor penyebab kenakalan remaja 24. Setiap hari Sabtu seluruh warga sekolah di adalah __ SMP Harapan Jaya wajib mengenakan batik. a. kontrol masyarakat yang memadai Kebijakan ini diletapkan untuk mencagai b. kebutuhan remaja yang mudah dipenuhi dampak negatif perubahan sosial budaya c. sikap perhatian orang tua terhadap anaknya berupa __ d. kepribadian remaja yang sulit dibentuk a. disintegrasi sosial dengan baik dalam masyarapenduduk tencomena tersebut dalam kendupan cosis c. Ingkungan alam fak yang ade di sektar pemberontakan didalam subuh a. so solidaritas tas sosial somakin berkurang __ adalah __ terihat c. kepelulian lamadap tesama sematu b. minilas kebudayaan sosial semakin berkurang d. desimias d. diskriminasi dalam masyarakat warnain c. auburasi kebudayaan 31. Seleh salu pengaruh positit modernisasi 38. Salah satu faktor pendorong perubahah terhadap perubahan sosial butaya adalah dalam masyarakat adalah __ elaktivitas den elisiensi. Tujuan manusia melakukan pekerjaan secara efektif b. Skap masyarakat yang tradisional dan efisien adalah __ c. pertembangan imu pergentuan yang b. menghemat waktu, biaya, den tenaga d. ketidakpuasan masyarakat tertadap a. meningkatkan kinerja manusia lemumbal c. meminimalisasi kesalahan dalam produksi 39. Tersidoya disintergasi dalam sala bidang d. meningkatkan kualitas sumber days manusia __ pen sosial labik nomal 32. Menurut Kingsley Davis, perubahan sodia diartikan sebagal pen __ dalam suat a. sistem scaial kemasyarakatan yengmengalication tetainya perbedaan dalam kehidupan b. unsur dalam sosial kemasyarakatan kebudayaan c. sistem nilai dan moral kemasyarakatan d. yang terjadi pada struktu dan fungal transler 33. Perubahan unsur-unsur kebutayaan karena kamajuan limu pengetahuan ter teknolog perubahan pada polapkir sobagai dari negara lain pendukung kebudayaan tersebut disebut d. komunikasi intamanusa dalam perubahan __ hovalt menjadi sengat kondusi take a. budaya masyarakat 40. Suatu unsur masyarakat yang cerdengg b. sistem nilai masyarakat mempertat ankan suatu keadaan untuk c. tertb hidup masyarakat d. pola tingkah laku masyarakat berubah disebutunsut __ 34. Berikut ini contoh perubahan sosial yang a. dinamika b. statika direncanakan, yaitu __ a. revolusi industri c. anomie b. mode pakaian d. aprion c. pembangunan desa 41. Berikut ini yang bukan merupakan conton c. evolusi masyarakat masyarakat yang mengalami disintegrasi 35. Suatu penemuan unsur-kebudayaan barubah yaitu __ berupa alat atau gagasan yang diciptakan oleh a. kriminalitas seorangindwidu ataupun serangkaian individu b. kenakalan remaja dalam suatu masyarakat, disebut __ c. Gerakan Papua Merdeka a. inovasi 42. Perubahan sosial terutama di bidang nilai, saat d. Gerakan Orang TuaAsuh b. invention c. discovery ini lebih banyak difasilitasi oleh __ d. extention a. keluarga 36. Dibawah ini yang bukan termasuk faktor in- b. teman sebaya temal penyebab perubahan dalam masyarakat c. sistem transportasi d. media massa adalah __

Persia, dan in (6) Perhatikan negara -negara berikut! 4) Persia 1)Mongolia 5) Afrika 2) Byzantium 3) Yunani negara yang mempengaruhi sen; arsitektur Usmaniyah adalah __ c. 2),3), dan 4) a. 1), 3), dan 4) d. 2), 4), dan 5) b. 1), 3), dan 5) 7. Sultan Bayazid I mendapat gelar Yaldrum yang berarti __ c. halilintar a. cahaya d. kilat b. petir (8.) Kalimat yang tepat terkait upaya-upaya Sultan Muhammad I adalah __ a. Sultan Muhammad I berhasil menarik kembali negara-negara bagian yang telah dimerdekakan Timur Lenk. b. Sultan Muhammad Iberhasil menakluk- kan Kota Konstantinopel di usia muda hanya dalam waktu sembilan bulan. c. Sultan Muhammad I berhasil mem- bangun dan mempererat hubungan diplomatik dengan penguasa Byzantium dan Cina. d. Sultan Muhammad I melakukan pemindahan ibu kota dari Busra ke Adrianopel sebagai kota para fukaha. 9. Pada masa pemerintahan Sultan Murad II terjadi sebuah peperangan.. Mulanya Islam mengalami kekalahan ,namun setelah putra Sultan Murad II datang membantu ,akhirnya peperangan berhasil dimenangkan . Perang tersebut disebut dengan istilah __ a. Perang Salib I b. Perang Salib $II$ c. Perang Salib $II$ d. Perang Salib $IV$

Ayo Berlatih JawabJah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. Bagaimana cara kalian bangga dengan budaya Indonesia? Jawab : __ 2. Apa yang dimaksud dengan warisan budaya tak benda? Sebutkan 3 contohnya! Jawab : __

Tugas Individu 2.1 Carilah informasi dari berbagai sumber mengenai pendidikan pada masa penjajahan . Titik kajiannya adalah mengapa pendidikan yang seharusnya menjadi hak seluruh manusia , menjadi yang bagus hanya milik kaum penjajah dan bumiputera orang ningrat . Adapun rakyat disekolahkan di sekolah rakyat yang kualitasnya jauh dari sekolah kaum elite . Apakah rakyat jelata tidak berhak mendapatkan pendidikan yang layak? Tuliskan hasil temuan Anda di buku tulis dan presentasikan di depan kelas.