Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
8. Makna dari idiom besar kepala adalah __ 9. Kalimat tanya dalam wawancara harus disusun dengan __ 10. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan pekerjaan atau yang sedang dilakukan adalah __ III Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat! 1 Tuliskan arti dari idiom berikut ini! __ c. kaki lima a. banting tulang b. gaji buta
9. Karaktere utawa sipate Ajisaka yaiku __ a. adil lan wicaksana b. pinter lan wicaksana c. sumeh lan wicaksana d. jujur lan wicaksana
million manna Sandhangan sing ora katon sajrone ukara yaiku __ a. suku b. wulu c. pepet d. taling e. cecak llankas __ anning a. mun c. [nnon d. $4mm_{3}$ e. IIIIIIII
1.1 Analisis Pargaraf Buatlah contoh paragraf deskripsi eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi masing-masing 1 paragraf. Tiap paragraf minimal terdir dari enam kalimat Jelaskan alasan mengapa paragraf tersebut diketeorikan dalam paragraf deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi dengan menyebutkan ciri-cirinya. Tugas ditulis tangan rapi terbaca. - Tugas ditulis sesual format yang ditentukan Paragraf Deskripsi $\square $ Mengapa paragraf di atas tergolong paragraf deskripsi?lelaskan dengan menyebutkan ciri-cirinya I dan menunjukkan buktinya dengan kalimat dalam paragraf. Paragraf Eksposisi $\square $ Mengapa paragraf di atas tergolong paragraf eksposisi? Jelaskan dengan menyebutkan ciri-cirinya dan menunjukkan buktinya dengan kalimat dalam paragraf. Paragraf Persuasi $\square $ Mengapa paragraf di atas tergolong paragraf persuasi?Jelaskan dengan menyebutkan ciri-cirinya dan menunjukkan buktinya dengan kalimat dalam paragraf. $\square $ Paragraf Argumentasi $\square $ Mengapa paragraf di atas tergolong paragraf argumentasi? lelaskar dengan menyebutkan ciri- cirinya dan menunjukkan buktinya dengan kalimat dalam paragraf. Paragraf Narasi $\square $
4. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini! 1) Mendaftar pokok-pokok pidato. 2) Menentukan tema pidato. 3) Menentukan tujuan pidato. 4) Mengembangkan kerangka pidato. 5) Menyusun kerangka pidato. Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah __ A $1)-2)-3(-4)-5)$ C $2)-1(-3)-5)-4$ B. $1)-3(-2)-5)-4)$ D $2)-3)-1)-5)-4$
kita mengapresiasi Kebudayaan sendiri yang sangat kaya dan beragam. 4. Konjungsi yang menyatakan sebab pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) c. (3) b. (2) d. (4) 5. Simpulan isi kutipan teks tanggapan tersebut adalah __ a. Orang Indonesia kesulitan menguasai bahasa Korea. b. Masyarakat Indonesia banyak yang ter- tarik dengan kebudayaan Korea. c. Banyak masyarakat Indonesia yang ti- dak mencintai kebudayaannya sendiri. d. Bahasa Korea tidak mudah untuk dipe- lajari masyarakat pada umumnya. pembangunai dicontohkan artikel terseb Paling tidak, wawasan te bangsa. Ciri menonj an teks tang a. mengun an artike b. menggu mudah c. berusal penting d. tidak a ngaruh
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor $1-5$ Kita perlu melakukan kontrol dalam menggunakan media sosial Kontrol ini baik untuk diri sendin maupun orang-orang disekitar kita Entah orang itu teman, tetangga, saudara. latau yang lainnya. Kontrol itu dapat dengan cara mengingatkan etika dan tata krama dalam bermedia sosial. Selalu memfiler setiap informasi yang masuk agar informasi tersebul dapat dicek kebenarannya Jika informasi tersebut benar dan bermanfaat, kita bisa membag ulang agar orang lain dapat mengetahuinya Akan tetapi jika ternyata informasi itu salah dan tidak benar kita bisa mendiamkannya dengan tidakikut membagikannya agar informasi palsu atau hoaks tersebut tidak menyebar Selain mendiamkannya kita juga dapat membuat klanfikasi bahwa berita atau informas tersebut bohong atau hoaks Hal ini karena hoaks merupakan musuh kita bersama dan harus kita lawan 1 Apakah yang dimaksud hoaks? Jawab __ 2 Mengapa kita perlu mengontrol penggunaan media sosial? Jawab __ 3 Bagaimana cara menyikap informasi yang dapat menjadi hoaks? Jawab Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan yang benar! 4 Jelaskan salah satu sikap bijak menggunakan media sosial! Jawab __ 5 Teman kalian tetap menyebarkan berita yang menurutmu hoaks Bagaimana sikap yang tepatuntuk mengingatkan teman kalian? Jawab __ Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor $6-10$ Di dalam buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences)Daniei Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dalam kehidupan diperlukan $80\% $ sementara kecerdasan intelektua hanyalah $20\% $ saja Dalam hal inilah maka pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab Jadi, terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal dengan pendidikan karakter (character education) Banyak pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, di antaranya kejujuran kejujuran adalah hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri kita maupun anak-anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dan semuanya
16. Where does the story take place? a. Indonesia c. Puerto Rico b. Brazil d. New York 17. From the text we learn that __ a. We have to follow others b. We haye to respect pet owner c. We have to imitate others d. We are not allowed to force others 18. Which statement is false according to the text? a. Catano was the name of the city where the parrot came from b. The man got angry at the parrot c. The parrot couldn't say Catano d. The man killed the parrot 19. "It was very,very smart". The underlined word "It"refers to __ a. The chicken c. The Catano b. The man d. The bird 20. What type of the text is used by the writer? a. narrative c. anecdote b. report d. news item The text is for number $21-20.$ Once upon a time, there lived a hen. There are so many children but all were male. The hen felt very sad because it had not been blessed with female chicks. His children were surprised by his mother's sadness. "Mom why are you sad? Don't you feel happy to have male children like us?"The mother hen answered, "Listen, son, I am happy to have beautiful boys like you. I really love you all. But I am very sad because after you grow up, humans will turn you into fighting cocks You will be competed against other roosters. A sharp blade will be attached to your starch , as will your opponent's rooster.Humans will not be satisfied if there is not one rooster that has lost and died." One of his children asked again, "But Mom, what is used as a fighting cock by humans is a handsome good -looking rooster. While bad roosters won't be turned into fighting cocks."It's true, son. But you also have to know that ugly chickens will be made into chicken pieces, slaughtered for human food," the mother answered. "That's how human's behavior is. If they are happy we will be slaughtered to make their food. But if they are in trouble, then we will starve without food." "It's not good to follow humans. Mom, Humans are greedy. They only care about themselves about we run away from them, Mom? We can runth the forest, away from human settlements'one of the chicks said."Then what should we eat? It has always chicks said."The ho always give us food," answered been humans who always can look for food alone in the forest. In the forest, there are a lot of food as long as we want to go to great lengths to find it. Even if it's only a little it's okay, what's important is being free from humans.the other chick answered Hearing the child proposal the hen agreed."All right, let's just run to the forest. We will learn to look for food ourselves. I don't want you to be victims of human abuse. Let us go to great lengths to find our own food, as long as we are happy. 21. The hen was sad because __ a. she had no chicken b. she had no female chicken c. she was left alone by the rooster d. she had an ugly son 22. What happened to the male chicken when they were adult? a. They will be competed against other roosters. b. They will do nothing c. They will go alone. d. They will never meet their mother. 23. What do the chickens think of humans? a. They are kind. c. They are powerful b. They are greedy. d. They are clever. What kind of lesson taught by the story to the readers? a. Selfshness. c. Independence. b. Good nature. d.Honesty. 25. (2) HOTS] What will happen if the rooster cannot fight? a. It will be sold. b. It will be ignored. c. It will be compelled to fight. d. It will be slaughtered. 26. What is the chickens' solution to the problem they are facing? a. They ran to the forest. b. They fought against human. c. They foughtagainst themselves. d. They pretended to be dead.
28. Kewan kang ngendelake kebat lumpate yaiku __ A. kidang B. arina C. liman D. gajah 29. Ngisor iki tembung kang tinulis nganggo sandhangan swara yaiku __ A. manemasne B. mmmm D. anaman 30. Ngisor iki tembung kang tinulis nglegena yaiku __ A. B. amm C. notan D. (UII)an
25 Retno __ did you go one week ago? Tiwi I went to Medan a. where b. when C. what d how 26. Yesi __ did yo go to East Java last holiday? Maharani : I went there by train. a. How C. When b. How d. What