Bantuan Tugas Ilmu Sosial
Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.
Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.
A.millian Ganda 1.Perhatian Surah Al-Mujadalah: 11 berikut! Kelanjutan ayat tersebut adalah __ C. (8) 2.Bagian mana dari Surah Al-Mujadalah ayat 11 yang derajat orang berilmu? B. 9!31 olj D. 5141 | 3. Bagaimana bunyi awal dari Surah Az-Zumarayat 9 A. B old 4. Lanjutan dari ayat 9 Surah Az Zumarsetelah "là j' 5. Apa yang dimaksud dengan waqaf mu'anaqah? A. Waqafyang menunjukkan akhir dari sebuah surah B. Waqafyang terjadi di antara dua ayat C. Waqafyang menunjukkan pilihan antara dua tempat unt D. Waqafyang tidak boleh dihentikan kecuali ada tanda ter 6. Bagaimana bunyi awal dari Surah Al-Mujadalah ay: 7. Dalam konteks ayat 11 dari Surah Al-Mujadalah, apakah ya oleh seorang muslim ketika diminta untuk memberikan ten dalam suatu majelis? A. Tetap pada tempatnyaC . Mengabaikan permintaan tersi B. Memberi tempat kepada orang tersebutC ). Meminta orar 8. Apa yang dimaksud dengan "Allah akan mengangkat oran antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa de ayat 11? A. Orang yang kaya akan diangkat derajatnya B. Orang yang taat dan berilmu akan ditinggikan derajatnya C. Orang yang memiliki banyak teman akan diangkat deraje D. Orang yang berpuasa dan berzakat akan diangkat deraja
D. surat nikah 32.Menetapkan suatu hukum berdasarkan status hukum yang berbeda sebelumnya selama tidak ada hukum yang merubahnya . Contoh, Seseorang ragu-ragu apakah ia telah berwudu atau belum , maka dalam hal ini ia harus berpegang pada hukum ashal yakni belum berwudu. Pernyataan di atas adalah pengertian dari __ A. Istihsan C. Al-Ijma D. Al-Urf E. Al-Qiyas 33.Pendapat para sahabat tentang suatu kasus yang dinukil pada ulama, baik berupa fatwa maupun ketetapan hukum setelah Rasulullah saw wafat. Pernyataan di atas adalah pengertian __ A. Madzhab shahabi B. Syaru man qablana C. Dalalatul Iqtiran D. 'Urf E. Istishab 34. Suatu hal yang lumrah dimasyarakat dan menjadi adat kebiasaan merupakan definisi dari __ A. Istihsan B. Istishab C. Urf D. Qiyas E. Al-Hadist 35. Kesepakatan para mujuhid tentang hukum syara' pada masa tertentu setelah nabi wafat. adalah __ A. $Al-Qur'an$ $Al-Qiyas$ B. C. $As-Sunnah$ D. $Al-Ijma'$ E. $Al-Urf$ 36. Kedudukan ijma' dalam hukum Islam dapat dijadikan sebagai hujjah qath'i dan menjadi sumber hukum Islam yang ke __ A. pertama B. kedua C. ketiga D. empat E. lima 37.Berikut ini adalah salah satu contoh produk hukum Ijma __ A. Upaya pembukuan al Qur'an yang dilakukan pada masa khalifah Abu Bakar ash- shiddiq B. Upaya penulisan al -Qur'an pada masa Rasulullah saw C. Upuya hafalan al-Qur an D. Upaya penulisan al-Hadits E. Upaya pembukuan al-Hadits pada masa Rasul 38. Menyamakan sesuatu yang belum ada ketentuan hukumnya dengan sesuatu ayng telah ada status hukumnya dan nash karena ada kesamaan nash antara keduanya A. $Al-Qur'an$ B. $Al-Oiyas$ C. As-Sunnah D. $Al-Ijma'$ E. $Al-Urf$ 39.Mengerahkan kemampuan dalam memperoleh hukum syar'i yang hersifat amali melahui cara istinbath merupakan definisi ijthad yang dikemukakan oleh __ A. Imam Abu Hanifah B. Ibnu Subki C. Imam al-Ghozali D. Imam Syafi'i 40.Bagi yang sudah mencapai tingkat faqih atau mujtahid hukum berijitihad bagi mereka adalah __ A. Wajib B. Sunnah C. Makruh E. Haram
8. Berikut yang bukan menjadi dasar madzab Hanafi adalah __ a. qiyas b. istihsan c. ijma'ahli Madinah d. fatwa sahabat 9.Zufar adalah salah satu murid __ a. Abu Hanifah b. Imam Malik c. Imam Syafi' d. Imam Ahmad 10. Imam Syafi'l pergi menghafal sya'ir dan belajar kesusastraan ke __ a. Baghdad b. Mesir c. Hudzail d. Persia
1. Perhatikan lafadz yang yang berwarna biru dalam ayat diatas, ada dua hukum mad, diantaranya : a. Mad thabi'l dan mad iwad b. Mad lin dan mad tamkin c. Mad Thabi'l dan mad badal d. Mad Jaiz dan mad wajib ) 43 failc all Perhatikan lafadz yang berwarna merah dalam ayat diatas mengandung bacaan hukum nun mati dan tanwin, diantaranya : a. Ikhfa b. Idzhar c. Idghom bigunnah d. Idghom bilagunnah jits Perhatikan lafadz yang berwarna coklat dalam ayat diatas mengandung bacaan hukum lafadz Allah diantaranya harus dibaca: a. Tafhim b. Tarqiq c. Tashil d. Tasydid just faile all Perhatikan lafadz yang berwarna merah ada tanda waqof $\square $ I, maka apa yang harus kita lakukan dalam bacaan al-Qur'an. __ a. Harus berhenti b. Boleh berhenti c. Boleh berhenti boleh terus d. Tidak boleh berhenti Perhatikan lafadz yang berwarna hijau dalam ayat diatas ada yang mengandung hukum bacaan mim mati, diantaranya __ a. Ikhfa Syfawi b. Idzhar Mutlak c. Idhar Syafawi d. Idghom mimi
26. Pancasila dapat mendorong dunia internasional untuk a. Menghormati budaya dan agama yang ada di setiap negara b. Menggunakan kekerasan dalam diplomasi internasional Mengabatkan c. Mengabaikan hak-hak negara kecil d. Memperebutkan kekuasaan secara global e. Menekan kebebasan berpendapat di luar negeri 27. Dalam hubungan internasional, sila ketiga Pancasila dapat memperkuat: a. Konfrontasi antarnegara b. Rasa nasionalisme yang ekstrem c. Persatuan dan kesatuan antarbangsa d. Politik dominasi ekonomi e. Pembentukan blok negara besar 28. Penerapan Pancasila dalam hubungan global dapat memperkuat prinsip a. Keuntungan sepihak b. Keadilan dan kerjasama internasional c. Persaingan ekonomi antar negara d. Pemaksaan budaya nasional ke negara lain e. Penghapusan hak asasi manusia di negara tertentu 29. Mengapa Pancasila relevan untuk diterapkan dalam kehidupan global? a. Karena ia mengutamakan dominasi ekonomi global b. Karena nilai-nilainya universa dan dapat diterima oleh banyak negara c. Karena mengatur perang antar negara d. Karena hanya berlaku bagi negara Indonesia e. Karena mengabaikan hak-hak negara lain 30. Jika hak warga negara dilanggar, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah a. Melapor kepada pihak yang berwenang b. Mengambil tindakan kekerasan c. Menyembunyikan fakta yang terjadi d. Mengabaikan masalah tersebut e. Meminta bantuan dari negara lain 31. Pengingkaran kewajiban di lingkungan masyarakat dapat menyebabkan: a. Peningkatan kualitas hidup b. Keharmonisan dan kedamaian dalam masyarakat c. Ketidakadilan sasial dan keretakan sasial d. Meningkatkan solidaritas sasial e. Penyelesaian masalah dengan cepat
16. Perhatikan hadis berikut. Terjemahan hadis tersebut adalah __
5. Jelaskan arti penting $\square $ berbangsa &
24. Keadaan manusia di hari kiamat adalah seperti yang digambarkan dalam QS. __ a. Ar-Ra'd ayat $11-13$ b. Ar-Ruum ayat $21-23$ c. Al-Baqarah ayat $5-7$ d. Al-Qari'ah ayat $1-5$ 25. Berikut ayat Al-Qur'ar yang berisi perintah untuk berbakti kepada orang tua adalah __ a. Q.S.Al-An'am $16;24$ b. Q.S. Luqman/ $31:14$ c. Q.S.Al -Isra' / $17:17$ d. Q.S.Al -An'am $6:18$ 26. Perhatikan ayat berikut! Ayat tersebut menunjukkan salah satu tanda datangnya hari kiamat, yaitu __ a. gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan b. manusia seperti anal -anai yang bertebaran c. bumi menyampaikan beritanya d. gempa yang sangat dahsyat 27. Doa untuk kedua orang tua terdapat dalam Q.S. __ a. Al-An'am ayat 14 c. Al-Isra' ayat 23 b. Luqman ayat 14 d. Al-Isra' ayat 24 28. Berdasarkan QS. Az -Zalzalah ayat 1, datangnya hari kiamat diawali dengan peristiwa __ a. banjir bandang b. gempa yang sangat dahsyat c. tanah longsor d. gunung meletus 29. Tawaf dilakukan sebanyak __ kali putaran. a.satu c. tujuh b. lima d. sepuluh 30. Hukum menepati janji adalah __ a. sunah c. haram b. wajib d. mubah
8. Karunia khusus bagi manusia sebagai ciptaan Allah adalah __ A. Akal budi,hati nurani dan kebebasan B. Pikiran, kehorm atan,dan kebijaks annaan C. Pikiran, kekayaan kedamaian D. Akal budi keterampilan ,kehebatan 9. Sejak kecil budi senang bermain musik, dia ing in menjadi pemain musik profesional. Cara untuk m engembangkan talentanya adalah. __ A. Meminta kepada orang tuanya untuk memberlikan alat musik yang mahal B. Belajar tiap hari tanpa memikirka hal yang lain C. Belajar dengan giat agar dipuji banyak orang D. Berdoa dan tekun belajar agar menjadi pemusik terkenal 10.Dalam kitab Roma $6:23$ dikataka," sebab upah dosa adalah __ A. Hukuman C. neraka B. Maut D. dibenci 11. Anak remaja mem butuhkan pembaharuan hidup agar dapat m enikmati.. __ A. Persekutuan yang benar dengan Tuhan C. menikmati masa muda B. Kekayaan D. kebebasan 12. Manusia pertama Tuhan tempatkan di... __ A. Di Yerusalem C. Ditaman Eden B. Dikebun anggur D. ditengah taman indah 13. Pria dan wanita diciptakan Allah " sungguh amat baik " karena __ A. Diciptakan sederajat dengan Allah B. Diciptakan segambar dan serupa dengan Allah C. Manusia menjadi penguasa alam raya D. Berbeda dengan ciptaan lainnya 14.Salah satu cara kita mensyukuri pem eliharaan Tuhan dalam hidup kita adalah __ A. Pergike gereja biar tidak dihukum guru B. Hanya menghormati ibu yang melahirkar I kita C. Menjaga kebersihan kelas diwaktu hari piket saja D. Menghargai dan menjaga Tubuh yang sudah Tuhan berikan lengampuni dalam kekristenan adalah __ A. Bersalaman B. Memaafkan dengan tulus tanpa mengungkit kesalahannya C. Melupakan kesalahan sesaat dan mengungkit kembali
12. Perjanjian yang disepakati oleh Nabi Muhammad Saw dan dari Madinah beberapa tahun sebelum hijrah bertempat di __ a. Mina b. Bukit Aqabah c. Masjidil Haram d. Gua hira