Bantuan Tugas Ilmu Sosial
Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.
Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.
29. Zakat wajib hukumnya dikeluarkan oleh orang Islam yang sudah memiliki kemampuan atau kelebihan harta benda dan harus diberikan kepada golongan orang- orang yang berhak menerimanya sesuai ketentuan yang berlaku. Istilah yang tepat berdasarkan teks bacaan tersebut adalah __ A. muzakki B. haul C. nishab D. mustahik
Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut dengan benar! 1. Jelaskan dua wilayah terluar NKRI!
Sejak saat itulah pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah. Is math meragukan keberadaan Tuhan. Hasan semakin tersesat dari agama Pergaulannya semakin bebas. la kemudian menikahi Kartini. Pernikahan mereka didasarkan atas rasa suka sama suka. Pernikahan mereka ternyata tidak bahagia. Kehidupan rumah tangga mereka berantakan Pergaulan Kartini semakin bebas Lama- kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat. Hasan menganggap Kartini telah selingkuh.
18. Kalimat tarji paling sering diucapkan seseorang ketika mendengar berita __ a. kelahiran b. pengajian c. ulang tahun d. kematian 19. Setiap peristiwa yang terjadi merupakan kehendak Allah Swt. dengan tujuan ada kebaikan dan pelajaran di balik kejadian tersebut Hikmah yang dapat diambil dari suatu musibah adalah __ a. mendidik jiwa manusia untuk bersikap sabar dan ikhlas b. merugikan semua pihak c. menjadikan seseorang patus asa d. tidak usah dipikir HOTS 20. Ciri orang yang dapat meng- ambil hikmah dari musibah yang dialami adalah __ a. lebih sering mengeluh dan malas beribadah b. lebih tidak peduli kepada orang lain c. lebih bertambah keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt d. menjadi lebih buruk peri- lakunya
Higher Order Thinking Skills Umat Islam merupakan umatan wasatan yang dapat diartikan sebagai umat yang adil . Adil secara harfiah diartikan sebagai perilaku yang menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil juga dapat diartikan sebagai seimbang dalam berbagai macam hal. Lawan dari sikap adil adalah zalim yang berarti menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Islam mewajibkan umatnya untuk bersikap adi dalam segala hal dan melarang umatnya untuk bersikap zalim atau tidak seimbang dalam menjalankan sesuatu. Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita tidak seimbang dalam membagi waktu. antara waktu belajar, bermain dan istirahat. Menurut pendapatmu apakah hal tersebut termasuk dalam perilaku zalim terhadap diri sendiri? Bagaimana cara membagi waktu secara adil? Tulislah jawabanmu pada kolom berikut! __
29. Berusaha disertai doa dan berserah diri ke- pada Allah tentang berhasil atau tidaknya suatu usaha disebut __ a. ikhtiar c. qada' b. qadar d. takdir 30. Berikut usaha yang harus di tempuh agar berhasil, kecuali __ a. berusaha dengan sungguh-sungguh b. niat ikhlas karena Allah c. berusaha dengan modal yang besar d. berdoa agar memperoleh pertolongan
1. Ahmad rajin membaca buku tentang ilmu tajwid. la menjad tahu jika mad asli disebut juga __ mad thabi'l b. mad jaiz munfashil c. mad arid lissukun d. mad wajib muttashil 2. Perhatikan ayat berikut! 53 tile Ayat di atas menjelaskan tentang perintah agar setiap muslim __ a. membaca Al-Quran setiap hari b. mengamalkan kandungan Al-Quran membaca Al-Quran dengan tartil d. membaca Al-Quran dengan cepat 3. Perhatikan huruf hijaiah berikut! (1) (2) (3) (4) - (5) Berdasarkan huruf hijaiah tersebut, yang termasuk huruf mad ditunjukkan oleh nomor __ a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (2), (3), dan (4) (2), (3), dan (5) 4. Lafal yang mengandung hukum bacaan mad thabi'l dibaca panjang __ harakat. dua c. lima b empat d. enam 5. Perhatikan ayat berikut! is Lafal bergaris bawah pada ayat di atas mengandung hukum bacaan __ a. izhar halgi b. mad jaiz munfashil c. mad wajib muttashil \&K mad thabi'i 6. Perhatikan lafal-lafal berikut! (1) (3) (2) 925. (4) (1... Berdasarkan lafal-lafal di atas, lafal yang mengandung hukum bacaan mad thabi'l ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan (2) (1) (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) 7. Perhatikan lafal-lafal berikut! (1) (2) (3) (4) Berdasarkan lafal-lafal di atas yang termasuk contoh hukum bacaan mad thabi'l dalam ayat Al-Quran ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan (2) (2) dan (3)
Pendidikan Pancasila untuk SMA /SMK/MA/MAK Kelas X Penilaian 1 jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban yang benar! 1. Prinsip gotong musirdan berkeadilan Berikut ini yang bukan Pancasila yang invong ialah __ sendi Berikut ini yang bukan merupakan prinsip gotong royong lalan A. semangat tolong-menolong x asas kekeluargaan C. mengupayakan keuntungan bersama D. solidaritas sosial E persaingan bebas 2. Badan dan unirusahayang ada dalam sistem ekonomi Pancasila yang mencer. minkan demokrasi ekonomi dibentuk dari, oleh, dan untuk anggota, yaitu __ A. UMKM D. koperasi E BUMD B. BUMN C. perusahaan asing 3. Mengapa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara? A. menghindari permasalahan lingkungan dan sosial B. pengalaman sebelum kemerdekaan yang dikuasai oleh bangsa lain C. untuk dipergunakan sebesar besarnya bagi kemakmuran rakyat D. belum ada orang perseorangan yang dianggap mampu menguasai E karena kita sepakat membentuk negara yang berdaulat 4. Perhatikan pilihan berikut! 1) Kasih sayang 4) Mengejar keuntungan saja 2) Mematuhi regulasi 5) Mudah menyerah 3) Kemauan bekerja sama 6) Pasrah dalam berusaha Berdasarkan pilihan diatas perwujudan keadilan dalam bidang perekonomian tidak didasarkan pada aspek legal formal saja, tetapi harus disertai dengan nilai-nilai yang ditunjukkan pada pilihan nomor __ 146
Literasi Bacalah artikel berikut, kemudian kerjakan soalnya! Khalifah Hakam dan Sang Hakim Suatu hari Khalifah Hakam berjalan-jalan di sekitar istana Tiba-tiba Khalifah Hakam melihat tempat yang indah Khalifah Hakam berinisiatif menjadikan tempat tersebut sebagai taman istana yang indah Akan tetapi, di atas tanah tersebut ada gubuk milik seorang perempuan tua. Khalifah Hakam menawarkan harga rumah yang sesuai kepada perempuan tua tersebut.Akan tetapi, tawaran Khalifah Hakam ditolak. Khalifah pun melipatgandakan tawarannya . Perempuan itu tetap bersikeras menolak. Khalifah Hakam pun jengkel dan segera mengusir paksa perempuan tua itu. Setelah itu, Khalifah Hakam memerintahkan pasukannya untuk merobohkan gubuk hingga luluh lantak. Dalam waktu singkat Khalifah Hakam membangun taman indah di atas tanah itu. Akan tetapi, perempuan itu tidak tinggal diam.Perempuan itu menemui hakim dan mengadukan kejadian yang dialaminya. Beberapa saat setelah itu, Khalifah Hakam mengundang sang hakim untuk melihat istana dan mengeliling i taman. Sang hakim pergi ke istana pada saat yang tepat dengan membawa kuli kasar yang menggotong karung kosong di punggungnya . Khalifah heran dan bertanya, mengapa ia datang dengan ditemani kuli kasar?Sang hakim menjawab, aku memohon kepada paduka untuk mengizinkar aku mengambil beberapa karung tanah dari istana kerajaan ini. Khalifah tambah heran dengan permintaan aneh ini dan mengabulkan permintaannya. Sang hakim menyuruh si kuli untuk mengisi karung yang dibawanya dengan tanah dan memohon untuk kedua kalinya kepada khalifah untuk membantu mengangkat karung ke atas punggung si kuli. Khalifah Hakam yang merasa geli akan permintaa n hakim yang aneh itu segera beranjak dari tempat duduk dan mengerjakan permintaan hakim.Namun malang Khalifah Hakam tidak mampu mengangkat karung.Khalifah Hakam terus mencoba tetapi gagal. Hakim menoleh kepada Khalifah Hakam dan berkata,"Wahai Khalifah Hakam! Jika hari ini engkau tidak mampu mengangkat satu karung saja , bagaimana engkau akan mengangkat seluruh tanah yang engkau bangun untuk taman ini di hari pembalasan?Allah Swt. akan memerintahkan engkau untuk mengembalikan tanah ini kepada perempuan tua yang engkau rampas haknya dengan paksa". Khalifah Hakam merasa sangat malu dan seketika itu juga ia memanggil perempuan tua pemilik tanah itu.Saat perempuan itu masuk ke istana Khalifah Hakam berkata, "Ibu aku telah bersalah kepadam i. Maafkanlah aku, Ibu Mulai sekarang, istana dan taman ini milikmu". itu pun memaafkar Khalifah Hakam.Sejak saat itu Khalifah Hakam mencukupi kebutuhan perempuan itu selayaknya seorang ibu angkat. Sumber: Kisah-Kisah Teladan dari Negeri-Negeri Islam Mitra Pustaka, 2013 Kerjakan soal-soal berikut! 1. Apa alasan Khalifah Hakam ingin menjadikan tanah tempat gubuk perempuan tua sebagai taman istana? Jawab : __ 2 Bagaimana tanggapan perempuan tua ketika Khalifah Hakam menawarinya membeli tanah tersebut? Jawab : __ yang dilakukan perempuan tua setelah gubuknya Hakam? Jawab : __ 4 maksud sang hakim ketika ia meminta izin kepada beberapa karung tanah dari istana? lawab : __ Bagaimana konflik antara Khalifah Hakam dan perempuan Jawab : __
Manfaat dari merencanakan aksi membangun harmoni sosial adalah __ a. meningkatkan kohesi sosial b - meningkatkan inklusi sosial C. mencegah terjadinya konflik sosial d. mengurangi dampak negatif konflik sosial e. semua jawaban benar Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Nilai. (2) Norma. (3)Keyakinan. (4)Pengalaman. (5)Organisasi. Solidaritas mekanis merujuk pada solidaritas yang terbentuk berdasarkan __ a. (1), (3), dan (5) d. (1), (2)(3), dan (4) b. (1), (2), dan (5) e. (2), (4)dan (5) C. (1) dan (4) Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1)Bahasa. (2)Budaya. (3)Keyakinan. (4)Sejarah. (5)Agama. Identitas bersama terbentuk ketika anggota masyarakat merasa memiliki kesamaar dalam __ a. (1), (3)dan (5) d. (1), (2)(3), dan (4) b. (1), (2)dan (5) e. (2), (4)dan (5) C. (1) dan (4) C. d. e. 13. T c