Bantuan Tugas Ilmu Sosial
Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.
Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.
III. ESSAY 1. Jelaskan secara singkat keterkaitan antara sila Pertama dan Sila Kedua! 2. Jelaskan maksud dari Pancasila sebagai Ideologi Negara! 3.Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang demokrasi! 4.Jelaskan bagaimana proses perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945! 5. Tuliskan perilaku demokratis dalam kehidupan sehari-hari!
menggembala perikop Kitab Suci Yohanes $21:15-19$ dinyatakan perintah Yesus untuk menggembalakan domba -domba-Nya. Makna pesan tersebut sehubungan dengan Hierarki dalam Gereja Katolik adalah __ a. Gembala yang baik adalah gembala yang mengenal dombanya. b. Hierarki bertugas untuk memimpin kehidupan Gereja. c. Yesus adalah Gembala utama dan sejati bagi umatNya d . Setiap gembala bertanggungjawab atas tugas kegembalaannya. e . Pemimpin Gereia adalah pribadi yang sangat Yesus. 35. Dalam Gereja ada kesatuan iman pimpinan , kebaktian dan kehidupan Sakramental adalah Gereja bersifat __ a . Mengumat b. Katolik c. Satu d. Kudus e. Apostolik 36 . Dokumen Ajaran Sosial Gereja yang ditulis oleh seorang paus,dimana dirinya adalah paus yang membuka Konsili Vatikan II adalah __ a. Materet Magistra b . PopulorumP rogressio c. OctogesimaAdveniens d. Caritas in Veritate e QuadragessimoAnno 37. Ajaran tradisional Gereja menyebutkan bahwa sifat-sifat Gereja Katolik adalah __ a. Gereja yang berifat dinamis diperjuangkan b. Katolik dan Apostolik c. Satu Kudus Katolik dan Apostolik d. Gereja yang melayani e. Gereja yang rukun dan bersatu 38. Ciri Gereja sebagai persekutuan umat yang terbuka adalah __ a kepemimpinan tertahbis identik dengan gereja b. sikap yang triumfalistik dan tertutup c. hidup persaudaraar karena iman dan harapan yang sama d. Gereja umat Allah dikumandangkan oleh Konsili Vatikan $I$ e .persaudaraan dalam Gereia Katolik adalah persaudaraan kasih 39. Nama ensiklik yang berarti "Keprihatinan akan Masalah -masaiah Sosial"adalah __ a RerumNovarum b EvangeliiNuntiandi C Socialis d GaudiumetSpes e LaboremExcercens 40 . Keanggotaan di dalam Gereja dapat digolongkan menjadi tiga yaitu hierarki biarawan- biarawati , dan kaum awam. Dimana masing -masing anggotanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini peran dan fungsi dari anggota Gereja bagi kaum awam adalah __ a menyadari pentingnya persatuan dengan anggota lain. b. mampu melihat dan mendengar karunia dalam diri umat. c . pemimpin bersama dengan umat, bukan diatas melainkan melayani sesama. d. awam dan hierarki martabat yang sama. e. kaum awam bukan pelengkap atau sebagai peserta. 41. Ciri khas dari cara hidup jemaat perdana adaiah __
17. U. all Bacaan di atas dibaca pada saat jamaah Haji melaksanakan __ D. Tahallul A. Niat lhram B. Thawaf $Sa'1$
Jawab __ 2. Sikap-sikap apa saja yang dapat tumbuh dari mempelajari kisah hijrah Rasulullah saw? Jawab __
14. Sebagai seorang petani, pak Sabar bekerja keras menanam padi di sawah, hasil pane. diperoleh dan terkadang tidak sesuai dengan harapan, akan tetapi pak Sabar tetap mensyukur nikmat yang diberikan Allah kepadanya, dengan memberikan sebagian hasil panennya sebagai zakat mat.Sikap pak Sabar termasuk perilaku __ A. sabar C. qonaah B. syukur D. ikhtiyar 15. Ahmad adalah seorang anak yang sholeh, patuh dan taat kepada kedua orang tuanya. la tidak pernah membantah apabila dinasehati kedua orang tuanya. la pergi ke sekolah naik sepeda, walaupun teman temannya naik sepeda motor suatu ketika sepedanya rusak, akan tetapi kedua orang tuanya belum mempunyai uang untuk memperbaikinya, maka Ahmad pergi ke sekolah dengan tanpa ada rasa kecewa. sikap Ahmad termasuk perilaku __ A. sabar C. syukur B. ikhtiyar D. qonaah 16. Berikut ini yang bukan dampak positif dari sikap tawakkal adalah __ A. memperoleh ketenangan jiwa karena merasa dekat dengan Allah B. memperoleh kepuasan batin karena keberhasilan usahanya mendapat ridlo Allah C. manusia tidak perlu berusaha lagi karena sudah diserahkan kepada Allah D. memperoleh keteguhan hati (istiqomah) 17. (1) Memperoleh ketenangan jiwa karena merasa dekat dengan Allah, (2) memperoleh keteguhan hati (istigomah), (3)memperoleh kepuasan batin Pernyataan tersebut di atas merupakan dampak positif dari sikap __ A. sabar C. syukur B. ikhtiyar D. qonaah 18. Memiliki emosi yang stabil, tidak mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungan, membuka jalan bagi terciptanya kehidupan yang damai dan tentram, merupakan dampak positif dari sikap __ A. ikhtiyar C. syukur B. sabar D. qona'ah 19. Di bawah ini merupakan dampak positif dari sikap syukur, kecuali __ A. terjauh dari sifat rakus dan tamak B. terhindar dari sifat kufur C. mendapat jaminan tambahan nikmat dari Allah D. hati menjadi gelisah karena takut rizkinya berkurang 20. Sikap egois atau sikap mementingkan diri sendiri kurang memperhatikan orang lain. merupakan pengertin dari __ A. ghadab C. ananiah B. putus asa D. tamak 21. Seorang anak tidak lagi mempunyai harapan tentang suatu yang semula hendak dicapai, ini merupakan dari __ A putus asa C. ghadab B. ananiah D. tamak 22. Perasaan tidak senang dan panas karena dihina dan dipermalukan oleh orang lain disebut __ A putus asa C. ghadab
3. Akikah dapat melepaskan anak dari ketergadaian .Benarkah p ernyataan tersebut?
E. Ashabah 33 Menghitung warisan harus memahami apa yang disebut dengan furudhul muqadarah.yang artinya adalah __ A. Hak-hak waris para pewaris B. Ketentuan pembagian harta warisan C. Peralihan benda waris pada ahli waris D.Bagian-bagian tertentu dari waris. E. Ketentuan sebelum harta diwaris 34 Kelompok penerima warisan.ada yang digolongkar ke dalam dzawil furudh.ada juga yang dari ashabah.. menurut bahasa ashabah berarti __ A. Terhalang B. Bertambah C. Harta yang rusak D. Kelebihan harta E. Sisa harta. 35. Dekat tidaknya ahli waris menentukan hak waris yang diperoleh Berikut ini ahli waris yang tidak pernah hilang hak warisnya adalah __ A. Saudara laki-laki dan perempuan B. Anak laki-laki dan perempuan C. Cucu laki-laki dan perempuan D. Paman dan bibi B. Ayah dan ibu. 36. Setiap ahli waris memiliki bagian yang berbeda tergantung dekat tidaknya dengan yang meninggal. Dan ahli waris yang mendapat bagian $2/3$ adalah __ __ A. Anak perempuan lebih dari satu. B. Suami apabila tidak ada anak C. Cucu laki laki lebih dari satu D. Saudara perempuan tunggal E. Anak perempuan tunggal 37 Kedekatan nasab, sangat memberi arti tentang bagian yang diterima Salah satu ahli berikut ini yang termasuk ashabah binnafsi adalah __ A. Istri B. Suami C. Anak perempuan D. Saudara laki-laki seibu K. Saudara laki-laki sekandung. 38 Perhatikanlan $Q.S.an-Nisa'/4:$ 7 di bawah ini! v Ling is is is i iio 15 Li Terjemahan yang tepat untuk kalimat yang di atas adalah __ A. Baik sedikit atau banyak menurut bahagian telah ditetapkan B. Dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabat kerabatnya. C. Dari harta peninggalan keluarga dan kerabatnya D. Dan bagi seorang wanita ada hak bagian (pula) E. Bagi orang laki-laki ada hak bagian 39. Apabila kelompok ahli waris laki-laki semuanya masih ada yang berhak mendapat bagian harta warisan adalah __ A. Suami.anak laki-laki.anak perempuan dan cucu B. Anak laki-laki.anak perempuan istri dan bapak C. Suami anak laki -laki.dan anak perempuan D. Anak laki-laki . cucu laki-laki, dan bapak. E. Suami bapak,dan anak laki-laki 40. Adanya hukum waris memberikan keadilan bagi kehidupan manusia. Pernyataan di bawah ini merupakan hikmah adanya hukum waris.kecuali __ A. Sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih bijaksana B. Menjalin persaudaraan berdasarkan hak dan kewajiban C. Menghindari perselisihan yang mungkin terjadi antar ahli waris D . Menghilangkar pilih kasih dari orangtua kepada anak anaknya E.Melindungi hak anak yang masih kecil atau dalam keadaan lemah 41. Orang yang akan mewarisi harta peninggalan si mayat disebut A. Al-miras B. Mawaris C. Faraid D. Ahli waris E. Furudul muqaddarah 42. Jika suami yang meninggalkan tidak memiliki anak laki-laki atau cucu dari anak laki-laki,istri akan mendapatkan sebanyak. __ A. $1/2$ B. $1/4$ C. $1/3$ D. $2/3$ E. $1/8$ 43. Ilmu yang mempelajari pembagian harta warisan disebut. __ A. Tarikh B. Tarekat C. Tawasuf D. Faraid
benar! 1. Sebagai sebuah sistem istinbat hukum Islam, usul fikih sangat penting untuk dipahami oleh umat Islam Usul fikih merupakan kumpulan beberapa kaidah yang dengan kaidah itu menjadi dasar perbuatan hukum Oleh sebab itu, per- nyataan berikut yang menunjukkan tu- juan yang benar untuk usul fikih adalah __ a. untuk menerapkan kaidah-kaidah dan pembahasanny a terhadap dalil- dalil terperinci untuk mendatangkan hukum syariat Islam yang diambil dari dalil-dalil tersebut b. untuk mendapatkan hasil pernikiran yang akurat dan benar dalam mene- tapkan hukum Islam C.memperluas wawasan pengetahuan tentang hukum-hukum Islam yang belum ada dasar hukumnya, baik yang berhubungan dengan ibadah maupun muamalah d. meminimalisir adanya taklid terha- dap suatu masalah dikalangan para mujtahid Islam e. menjaga perpecahan para imam muj- tahid dalam periode ketiga menjadi beberap golongan yang setiap golong- an memiliki suatu aliran sendiri 2. Suatu kaidah-kaidah yang dengannya seorang mujtahid mampu menggali hukum-hukum syarak dari dalil-dalilnya yang terperinci.Pernyataan ini meru- pakan gambaran pengertian tentang usul fikih yang disampaikan oleh __ a.Wahbah Zuhaili b.Ramadhan al-Buthi C.Imam Haramain d. Imam al-Ghazali e.Abdul Wahhab Khallaf A. Berilan tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d.atau e di depan jawaban yang paling 3. Berikut ini yang merupakan pengertian usul fikih menurut Abdol Wahhab Khallaf adalah __ a. ilmu tentang kaidah -kaidah dan pembahasan -pembahasan yang dengannya bisa dicapai pengambi- lan faidah terhadap hukum-hukum syariat yang bersifat aplikatif dari dalil-dalilnya yang terperinci b. kaidah-kaidah yang dengannya bisa dicapai istinbat terhadap hukum- hukum syariat dari dalil-dalil yang terperinci C. kaidah-kaidah yang di atasnya diba- ngun ilmu tentang hukum-hukum syariat yang bersifat aplikatif yang digali dari dalil -dalilnya yang ter- perinci d. ilmu yang membahas tentang dalil- dalil fikih yang bersifat umum, tata cara mengambil faidah (hasil pema- haman) darinya dan keadaan mujta- hid (orang yang mengambil faidah) e.kaidah-kaidah yang dengannya se- orang mujtahid bisa ber istinbat ter- hadap hukum-hukum syariat dari dalil-dalilnya yang terperinci 4.Pada zaman Rasulullah saw. belum ada ilmu khusus yang mempelajari usul fikih. Hal itu disebabkan pada masa itu. Rasul sendiri yang memberikan fatwa dan menetapkan hukum secara langsung dengan __ a.bertanya kepada para sahabat dekat Rasulullah saw. b.mengambil nas dari Al-Qur'an atau menjelaskan hukum sesuai sunah- nya C. menunggu wahyu yang disampaikan Malaikat Jibril kepadanya
Corak pemikiran dari Imam Hanafi yakni dengan mengedepankan __ Fakta Akal Al-qur'an Realita Hadis
Konsep pemisahan trias politika atau pemisah aan adalah __ parlemen tidak dapat dibubarkan oleh presiden presiden dan parlemen bekerja I sama di dalam membuat UU tidak ada hubunan satu sama lain antarlembag a negara presiden dan parlemen tidak dapat saling menjatuh kan presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen