Bantuan Tugas Teknologi Informasi
Bantuan tugas teknologi informasi dapat memberikan pengguna informasi yang sangat berkualitas mengenai perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat data informasi yang sangat terperinci dan terkategorisasi, dan perangkat lunak ini sendiri tidak memiliki izin untuk menggunakannya, sehingga semua orang dapat menikmati teknologi sepenuhnya.
Menariknya, ini juga merupakan organisasi konten yang sangat baik untuk teknologi dan kehidupan. Ini menghubungkan pengguna dan merek untuk menghasilkan konten yang menarik dan profesional. Ini mencakup informasi teknis, tinjauan mendalam, tips keterampilan, dan pengalaman produk, dll. Ini memiliki format konten grafis, video, dan infomercial, dan mencakup platform media baru utama.
16. Berikut ini yang merupakan web berbasis media sosial adalah __ a. SIAKAD b. Twitter c. Instagram d Google e. Gmail 17. Perhatikan kalimat kalimat berikut! 1) Tidak harus menuliskar coding yang rumit 3) Berbasis drag and drop 2) Keterbatasan fitur 4) K etergantungan pada koneksi internet in 5) Aplikasi yang user friendly Berdasarkan kalimat -kalimat di atas, yang merupakan kekurangan App Inventor ditunjukkan oleh nomor __ a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 18. Berikut ini yang tidak termasuk framework pengembangan Web Apps adalah __ a. React b. IDE c. data mining d. Angular e. Vuejs 19.Berikut ini yang merupakan IDE yang sering digunakan dalam pengembangan Web Apps yaitu __ a. visual studio kode b. sublime text c. angular d hierarki e. data mining
4. Bagaimana permainan Maze membantu pemain memahami prinsip -prinsip dasai pemrograman? Jawab: __ 5. Apa perbedaan antara permainan "Pond" dan "Pond Tutor" dalam Blockly Games? Jawab: __
$\square $ 1 PRINT Diagram alir dapat memiliki beberapa dapat adaptif terhadap masukan yang diberikan. kemungkinan aliran sehingga suatu algoritma Hal ini dimungkinkan dengan adanya simbol keputusan. Aliran keluar dari simbol keputusan akan bergantung pada kondisi yang ada di dalam simbol keputusan. Pada contoh ini, simbol keputusan digunakan untuk menghindari dijalankannya suatu operasi matematika yang tidak dapat dieksekusi oleh komputer, yaitu operasi pembagian dengan pembagi bernilai O. Apabila operasi tersebut dilakukan, komputer akan menampilkan pesan kesalahan dan program akan berhenti secara tidak wajar. Diagram alir ini merupakan proses untuk membagi pembilang dengan penyebut. Akan tetapi, sebelum operasi pembagian dilakukan, diagram akan mengecek terlebih dahulu nilai dari penyebut. Apabila penyebut bernilai 0, operasi pembagian tidak dilakukan dan pesan yang sesuai akan ditampilkan . Jika tidak, operasi dapat dilakukan dengan aman dan Hisil pembagian dapat ditampilkan. START satu lebih simbol dijalankan berulang kali. Pada Aliran pada diagram alir dapat diatur sehingga contoh berikut, perulangan dilakukan sehingga READN diagram alir tersebut akan menghasilkan barisan bilangan bulat dari Nhingga 1. No Misalkan, N bernilai 5 Maka, diagram alir akan N.0? mencetak angka $54321$ $Yes$ terus-menerus sehingga diperlukan suatu Tentunya, perulangan tidak bisa dilakukan kondisi untuk menghentikar perulangan. PRINT N Simbol keputusan dapat digunakan untuk $N=N-1$ kondisi yang kita tetapkan. menghentikan perulangan tersebut pada END Menghitung Mundur dari N hingga 7 $\square $
18 . Perbedaan utama antara procedure dan function dalam pemrograman adalah __ a. procedure selalu memberikan hasil, function tidak b. function selalu memberikan hasil, procedure tidak C. keduanya memberikan hasil d procedure digunakan untuk menghentikan program 19 Fungsi blok repeat until dalam Scratch adalah __ a. mengulang i tindakan sampa ikondisi tertentu terpenuhi b mengulangi tindakan selamanya C.menghentikar program d memulai program 20. Cara menghindar penulisan ulang kode yang sama dalam sebuah program adalah __ a. menggunakar variabel b menggunakan loop c menggunakan modularisasi d menggunakan event
111. Scene recognition adalah kemampuan Al untuk __ a. membaca surel b. menjelajah web c. mengenali lokasi d. mengenali objek e. men ghubungkan aplikasi 12. Palette pada halaman designer Android App Inventor berfungsi untuk __ a. mengatur tampilan pada aplikasi nantinya b. mengambil gambar dan audio yang nantinya digunakan untuk membuat aplikasi c. mengatur komponen -komponen yang ada di viewer d. mengambil komponen -komponen yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhan e. mengatur ukuran dari setiap alat seperti ukuran tinggi, lebar,warna dan besar huruf 3. Kategori code block text pada halaman blocks Android App Inventor digunakan untuk __ a. mengatur tampilan pada aplikasi nantinya b. menampilkan text yang nantinya ditampilkan di halaman designer nantinya digunakan untuk membuat aplikasi d. mengatur komponen komponen yang ada di viewer e. mengatur ukuran dari setiap alat ukuran tinggi, lebar warna. dan besar huruf 14. Kategori kode blok Variables pada Kategor Blocks Android App Inventor berguna untuk __ b. mengatur tampilan pada aplikasi nantinya b. mengambil gambar dan audio yang digunakan untuk membuat aplikasi c. mengatur komponen -komponen yang ada di viewer d. mengatur cerala macam variabel untuk pemrograman e membuat suatu prosedur dan juga membuat suatu fungsi yang mengembalikan ke hasil tertentu 15. Antarmuka pada App Inventor hampir sama dengan antarmuka pada __ a. photoshop b. visual studio c. scratch d. adobe premiere excel
1. Sebutkan dampak positif perkembangan iptek dalam bidang sosia budaya! Jawab: ...... __ 2. Terangkan mengenai dampak negatif biaya dalam bidang politik! Jawab: ..... __ 3. Apakah yang Anda ketahui tentang iptek? Jawab:............ __ 4. Jelaskan tujuan utama perkembangan iptek! Jawab: .... __ 5. Tuliskan dampak positif yang dirasakan dari kemajuan iptek dalam bidang kerja sama internasional! Jawab: __
16. Hal yang terjadi jika tidak menggunakan modularisasi dalam program yang kompleks adalah __ a. program akan lebih mudah dipahami b program akan lebih lambat C. program akan lebih sulit dipelihara dan diperbarui d. program akan memiliki lebih sedikit blok 17. Loop dalam pemrograman adalah __ a. perintah untuk menghentikan program b. perintah untuk mengulang tindakan tertentu beberapa kali C.perintah untuk memulai program d. perintah untuk mengubah nilai variable
6. Alatyang digunakar untuk melacak pesan kesalahan di App Inventor adalah __ a. logcat d. forum b. mode debug e. review blok c. blok notifikasi kode 7. Konsep Alyang melibatkan pengenalan gambar dan video adalah __ a. natural language generation b. machine learning c vision processing d. speech recognition e. decision making 8. "Komponen yang bertanggung jawab untuk mengakses aplikasi web melalui browser atau aplikasi mobile adalah __ a. server d. client b. middleware e. API c. database 9. Fungsi dari middleware dalam arsitektur aplikasi web adalah __ a. memproses masukan dari pengguna b menyimpan dan mengelola data c menghubun akan antara client, server,dan database d. meng hubungkan aplikasi web dengan aplikasi atau sistem lain e.melindungi aplikasi web dari serangan dan ancaman keamanan 10. Teknologi yang sering diqunakan dalam Data Layer pada pengembangan aplikasi desktop adalah __ a.bahasa pemrograman b. Integrated Development Environment (IDE) c.Database Management System (DBMS) d. frameworks e. cloud services
Which protocol is responsible for automatically assigning IP addresses? Select one: a. WINS b. HTTP c. DNS d. DHCP
15 Fungsi blok "if"dalam Scratch adalah __ a. mengulangi tindakan b. menjalankan tindakan hanya jika kondisi tertentu terpenuhi C.menghentikan program d memulai program