Bantuan Tugas Teknologi Informasi
Bantuan tugas teknologi informasi dapat memberikan pengguna informasi yang sangat berkualitas mengenai perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat data informasi yang sangat terperinci dan terkategorisasi, dan perangkat lunak ini sendiri tidak memiliki izin untuk menggunakannya, sehingga semua orang dapat menikmati teknologi sepenuhnya.
Menariknya, ini juga merupakan organisasi konten yang sangat baik untuk teknologi dan kehidupan. Ini menghubungkan pengguna dan merek untuk menghasilkan konten yang menarik dan profesional. Ini mencakup informasi teknis, tinjauan mendalam, tips keterampilan, dan pengalaman produk, dll. Ini memiliki format konten grafis, video, dan infomercial, dan mencakup platform media baru utama.
Apa yang merupakan tindakan yang tepat untuk melindungi akun media sosial Anda dari akses yang tidak sah? a . Mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) b.Menggunakan kata sandi yang mudah diingat c. Menyimpan kata sandi di perangkat yang sering digunakan d . Membagikar kata sandi
3. Ketika dijalankan kode program berikut mengalami eror. Syntaxtrror: expected "." Bagaimana cara memperbaikinya? Jawab: __ 4. . Jelaskan tentang bentuk kondisi pada penulisan kode program tersebut! Jawab: __ 5 Apa kegunaan perintah loop while pada pemrograman Python? Jawab: __
Soal 9 -13
: include (10)tream>
lude
Seorang guru mendapati bahwa banyak 2 poin siswanya sering membaca berita dari situs klikbait. Apa yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan literasi digital mereka? Meminta siswa untuk hanya membaca satu sumber berita Menyarankan siswa untuk percaya semua berita yang dibaca A. Mengajarkar cara membedakar berita asli dan hoaks Menghindari semua berita di internet
B. Pilihan Ganda Kompleks Pilihlah lebih dari satujawaban yang benar! algoritma adalah __ Pernyataan yang benar tentang a. sulit dipaham b. langkahnya harus logis C. terdapat transistor d. digunakan untuk menyelesaikan masalah 2. Berikut alasan yang tepat untuk perlu a. membuat seseorang kreatif mempelajari pemrograman adalah __ b. teliti dalam kesalahan program C. digunakan untuk pengolahan data d. terdapat sheet pada aplikasi pada Scratch adalah __ 3. Pernyataan yang tepat tentang Canvas a. untuk pengolahan data b. menjalankan program C. terdapat gambar Sprite 4. Pernyataan yang benar tentang Sprite adalah __ a. dapat diganti dengan gambar orang b. digunakan untuk menyimpan data C. memberikan suara pada Scratch d berisikan blok-blok perintah 5. Berikut ini yang termasuk cara meng ganti latar belakang adalah __ a. Choose a Sprite b. Paint C. Upload Backdrop d. Choose a Backdrop
(Perbaikan Siswa Berllah tanda sllang (x)huruf a, b, c,atau d pada jawaban yang pallng tepat! 1. Pada saat mencari data dan data yang dicari tidak ditemukan maka kondisinya adalah __ a. MATCH c. TRUE b. EQUAL d. FALSE 2. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Hindari satu layer yang menghalangi layer lain. (2) Sumbu horizontal dan vertikal harus diberi label yang jelas. (3) Hindari membandingkan terlalu banyak data set. (4) Sebaiknya tidak memakai grid, variasi warna atau legend. Berdasarkanpernyataan di atas, pemakaian area chart yang tepat adalah __ b. (1),(2), dan (4) d. (3) dan (4) a. (1), (2), dan (3) c. (1) dan (3) 3. Fungsi yang akan melakukan proses data apabila memenuhi satu atáu banyak kondisi adalah fungsi __ a. COUNT c. SUMIF b. COUNTIFS d.SUMIFS 4. Perhatikan pornyataan berikut! (1) Matrix. (2) Index. (3) Sum. (4) Count. Berdasarkan pernyataan di atas socara default pivot table akan membuat ringkasan data dengan fungsi __ a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1) dan (3) d. (3) dan (4) 5.Perhatikan pernyataan berikut: (1) Filter. (2) Sorting. (3) Menghitung total. (4) Memilih dari list yang disediakan. Berdasarkan pernyataan di atas , pada fitur Tables di Excel yang berjalan secara otomatis adalah __ a. (1), (2)dan (3) c. (1) dan (3) b. (1)(2), dan (4) d. (3) dan (4)
Latihan Subbab 2.3 Bacalah dan pahami teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3. Software dan Hardware dalam SIG Perangkat lunak atau software merupakan program yang digunakan dalam mengoperasikan Sistem Informasi Geografis (SIG). Software berfungsi melakukan proses analisis,penyimpanan. dan visualisasi data (baik data spasial maupun atribut)Perangkat lunak khusus SIG yang biasa digunakan adalah ArcView GIS Series. Software ini bisa bekerja mandiri atau didukung dengan $software$ lain untuk pengolahan data spasial (pemetaan dan pengolahan citra) seperti Arclnfo ER Mapper, Global Mapper.IDRISI, ERDAS, Map Info SPANS, dan ILWTS. Software khusus untuk pengolahan data atribut kuantitatif semacam Ms.Excel atau SPSS bisa juga digunakan untuk mendukung proses pengolahan data atribut yang dilakukan software ArcView GIS Series. Hardware merupakan perangkat keras yang menjadi komponen-komponen sebuah komputer beserta sistem pendukungnya. Hardware pada Sistem Informasi Geografis (SIG) bisa menyajikan citra dengan kecepatan dan resolusi yang tinggi, serta mampu mendukung operasi -operasi basis data bervolume besar dalam kurun waktu yang cepat. Perangkat keras SIG sendiri terdiri atas beberapa bagian dengan fungsi-fungsi khusus, yaitu untuk menginput data (contoh, digitizer, scanner, mouse, keyboard USB), visualisasi dan pencetakan data (monitor printer, plotter), serta pengolahan dan penyimpanan data (CPU diskdrive, harddisk, RAM,VGA card). Sumber: Sistem Informasi Geggrafis Menggunakan ArcView GIS, 2002 1. Pasangkan istilah software dan hardware dalam SIG berikut dengan keterangan yang sesuai. Keyboard Brainware ArcInfo Citra indraja Buffering DBMS Peta topografi Plotter Termasuk jenis data raster Hardware untuk output data Software pengolahan citra indraja Termasuk jenis data vektor Operator dalam kegiatan SIG Fitur analisis data spasial untuk membuat jaringan pipa Hardware untuk input data o Software untuk proses analisis buffering dalam SIG Sistem penyimpanan dan pengolahan data pada software
4. Bentuk kesalahan jenis Runtime error terjadi karena kesalahan pada __ a. konstanta b logika c. struktur d. variable 5. Bahasa mesin diterjernahkan sebagai suatu rangkaian instruksi yang terdiri dari kode khusus yaitu __ a biner b. heksadesimal c. imaginer d. oktal
competent 1. Berilah tanda silang (x) huruf a, b c, atau d pada jawaban yang paling tepat! 1. Dalam Scratch, blok yang digunakan untuk mengulangi sebuah blok kode selama kondisi tertentu terpenuhi adalah __ a. repeat until C. if to forever d. wait until 2. Blokdalam pemrograman Blocky yang me- mungkinkan untuk menjalankan blok kode berulang kali sejumlah tertentu adalah __ - repeat while C. repeat n times b. repeat until d. forever 3. Kegunaan blok "broadcast" dalam Scratch adalah __ a. mengirim pesan ke sprite lain untuk memulai skrip b. mengulangi blok kode selama kondisi tertentu benar po menampikan teks di layar d. menghentikan semua skrip 4. Kegunaan blok "fi-else" di Blockly Games adalah __ a. mengulangi blok kode selama kondisi benar b. mengeksekusi satu dari dua blok kode berdasarkan kondisi menghentikan eksekusi program d. memulai loop tidak terbatas 5. Dalam permainan Pond di Blockly Games blok yang digunakan untuk mengukur jarak ke target adalah __ a. range (1) measure distance b. scan d. distance to 6. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Menggunakan blok fask and wait] (2) Nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] (3) Dapat dikenali di semua Sprite. (4) Dapat ditempatkan pada blok kode sprite manapun. Berdasarkan pernyataan di atas, yang terkait dengan variabel adalah __ a. (1), (2), dan (4) C. (2) dan (3) b. (2), (3)dan (4) (3) (3) dan (4) 7. Perhatikan pernyataan berikut (1) Hanya terdin dari satu blok (2) Dapat melakukan drag and drop pada blok-blok. (3) Mempresentasikan ekspresi logika. (4) Dapat langsung diterjemahkan ke Javascript. Berdasarkan pernyataan tersebut, yang benar tentang Blockly adalah __ a. (1), (2), dan (4) C.(3) dan (4) ) (2), (3), dan (4) d. (1) dan (4) 8. Perhatikan gambar berikut inil noveforward(): noveforward() turnRight() Gambar di atas adalah kode blok pada Blocky yang diterjemahkan ke dalam kode __ a. Javascript xo PHP b. Scratch d. Python 9. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Baca bilangan N. (2) Baca N. (3) Bandingkan K dengan 0. (4) Hitung $K=sisapembagian$ N dengan 2 Berdasarkan pernyataan di atas yang ter- masuk dalam program ganjilgenap adalah __ a. (1)(3), dan (4) C. (3) dan (4) b. (2), (3), dan (4) (1) (1) dan (4) 10. Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan adalah deskripsi dari game __ Turtle C. Maze b. Pond d. Bird 11.Blok ini terdapat pada Blockly game __ a. Maze b. Bird X) Music d. Turtel 12. Komponen komputer yang melakukai proses perhitungan aritmetika dan logik adalah __ a. printer C. variabel ALU d. Reference
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan nirkabel (wireless)! 2. Apa perbedaan utama jaringan kabel (wired) dan jaringan nirkabel (wireless)! 3. Sebutkan 4 faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan dalam jaringan nirkabel! 4. Sebutkan 5 perbedaan jaringan kabel dan nirkabel! 5. Sebutkan dan jelaskan 4 jenis-jenis jaringan nirkabel! 6. Sebutkan 4 komponen jaringan nirkabel! 7. Sebutkan 3 kelebihan dan kekurangan jaringan nirkabel! 8. Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan ? Sebutkan 2 jenis topologi jaringan nirkabel dan jelaskan! 9. Gambarkan 2 jenis topologi jaringan nirkabel! 10. Apa saja tantangan dalam jaringan nirkabel!