AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Matematika / Sebuah perusahaan asuransi ingin mengetahui apakah program loyalitas pelanggan mereka efektif dalam

Pertanyaan

Sebuah perusahaan asuransi ingin mengetahui apakah program loyalitas pelanggan mereka efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dibandingkan dengan pelanggan non- loyalitas. Dilakukan survei terhadap 30
zoom-out-in

Sebuah perusahaan asuransi ingin mengetahui apakah program loyalitas pelanggan mereka efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dibandingkan dengan pelanggan non- loyalitas. Dilakukan survei terhadap 30 pelanggan loyalitas (n1=30) dan 25 pelanggan non- loyalitas (n2=25) . Kepuasan pelanggan diukur berdasarkan skala 1-100 , dengan total skor Hasil survei menunjukkan rata-rata kepuasan pelanggan loyalitas (x1) adalah 82, dengan deviasi standar populasi diasumsikan 12. Di sisi lain, rata-rata kepuasan pelanggan non- loyalitas (x2) adalah 75, dengan deviasi standar populasi diasumsikan 10. Pertanyaan: Dengan menggunakan taraf signifikansi (a)10% uji hipotesis apakah rata-rata kepuasan pelanggan di antara pelanggan loyalitas dan non-loyalitas berbeda. Gunakan nilai kritis dan nilai p untuk mendukung analisis Anda.

Tampilkan lebih banyak
194
Jawaban
4.6 (143 suara)
avatar
Aarti master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Berikut adalah analisis uji hipotesis untuk membandingkan rata-rata kepuasan pelanggan antara pelanggan loyalitas dan non-loyalitas, menggunakan taraf signifikansi 10%.

1. Hipotesis:

* H₀ (Hipotesis Nol): Tidak ada perbedaan rata-rata kepuasan pelanggan antara pelanggan loyalitas dan non-loyalitas (μ₁ = μ₂)
* H₁ (Hipotesis Alternatif): Ada perbedaan rata-rata kepuasan pelanggan antara pelanggan loyalitas dan non-loyalitas (μ₁ ≠ μ₂) Ini adalah uji dua sisi.

2. Tingkat Signifikansi (α):

α = 0.10

3. Statistik Uji:

Karena kita mengetahui deviasi standar populasi untuk kedua kelompok, kita akan menggunakan uji-z untuk dua rata-rata. Rumus statistik uji z adalah:

z = (x̄₁ - x̄₂) / √[(σ₁²/n₁) + (σ₂²/n₂)]

di mana:

* x̄₁ = rata-rata kepuasan pelanggan loyalitas (82)
* x̄₂ = rata-rata kepuasan pelanggan non-loyalitas (75)
* σ₁ = deviasi standar populasi pelanggan loyalitas (12)
* σ₂ = deviasi standar populasi pelanggan non-loyalitas (10)
* n₁ = jumlah sampel pelanggan loyalitas (30)
* n₂ = jumlah sampel pelanggan non-loyalitas (25)

Substitusikan nilai-nilai tersebut ke dalam rumus:

z = (82 - 75) / √[(12²/30) + (10²/25)]
z = 7 / √(4.8 + 4)
z = 7 / √8.8
z ≈ 2.36

4. Nilai Kritis:

Karena ini adalah uji dua sisi dengan α = 0.10, kita perlu mencari nilai kritis z yang membagi area di bawah kurva normal standar menjadi 0.05 di setiap ekor. Menggunakan tabel distribusi z atau kalkulator statistik, nilai kritis z adalah ±1.645.

5. Keputusan Berdasarkan Nilai Kritis:

Karena nilai z hitung (2.36) berada di luar daerah penerimaan (-1.645 < z < 1.645), kita tolak hipotesis nol (H₀).

6. Nilai p:

Nilai p adalah probabilitas mendapatkan hasil yang sama ekstrim atau lebih ekstrim daripada yang diamati, dengan asumsi hipotesis nol benar. Karena ini adalah uji dua sisi, kita perlu mencari probabilitas di kedua ekor distribusi. Menggunakan tabel distribusi z atau kalkulator statistik, nilai p untuk z = 2.36 adalah sekitar 0.018. Karena nilai p (0.018) < α (0.10), kita tolak hipotesis nol.

7. Kesimpulan:

Berdasarkan analisis di atas, baik dengan menggunakan nilai kritis maupun nilai p, kita menolak hipotesis nol. Ada bukti yang cukup pada taraf signifikansi 10% untuk menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kepuasan pelanggan loyalitas dan non-loyalitas. Program loyalitas tampaknya efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada suatu barisan aritmetika diketahui u_(3)=26 dan u_(8)=56 , maka u_(13)=dots . A. 75 B. 85 C. 86 D. 95 E. 96

Nilai dari (a^((3)/(5))xa^((1)/(3)))/(a^((7)/(15))) adalah ... A. a^((7)/(15)) B. a^((2)/(15)) C. a D. a^(2)

Putri membeli boneka seharga Rp. 50.000. Kemudian, boneka dijual lagi dengan harga Rp. 80.000. Berapa persen keuntungan Putri? 30% 40% 50% 60% 70%

Ranil pombagian tho home Latihan 18 Kerjakan soal-soal berikut. Tulislah dalam bentuk pecahan desimal. a. (5)/(10) c. (25)/(1.000) b. (5)/(100) d. (5)

Bilangan rasional yang nilainya terbesar adalah.... a. (5)/(8) c. (3)/(5) b. (2)/(3) d. (1)/(2) Ketidaksamaan-ketidaksamaan di bawah ini yang benar ad

Q adalah himpunan semua bilangan Rasional dengan operasi + dan * yang didefinisikan sebagai berikut : AA a,b in Q,a+b=a+b+1,a**b=a+b+ab , Selidiki bah

persamaan untuk menentukan jumlah kelereng dari Reno! 6. Jumlah tiga bilangan asli berurutan adalah 114 Tuliskan persamaannya! 7. Selisih panjang dan

Nilai dari lim_(x rarr(3)/(2))(4x+1)/(2x-3)=-oo adalah pernyataan yang benar. Pilih satu: BENAR PALSU

Suatu regu pramuka membuat pionering gazebo. Satu pionering dikerjakan oleh 6 orang menghabiskan waktu selama 90 menit. Bila pionering tersebut dikerj

Himpunan penyelesaian dari 2x+3 <= x-2 , untuk x bilangan bulat adalah ....

Sulawesi berikut ini. Bulatkan pertama dan berikan jawaban bilangan bulat. 2.659.163 orang 61.841km^(2)

Modal sebesar Rp5.000.000,00 dibungakan dengan bunga majemuk 10%/tahun. Maka berapakah modal akhir dan bunga yang diperoleh setelah 6 tahun!

Sub Kegiatan 3.1 Letakkan tutup botol pada koordinat A(3,4) . Gambar ruas garis yang tegak lurus terhadap sumbu- x dari titik A . Hitung jarak titik A

Persamaan lingkaran dengan pusat (-4,2) dan menyinggung sumbu Y adalah .... A. x^(2)+y^(2)+8x+4y+4=0 B. x^(2)+y^(2)+8x-4y+4=0 C. x^(2)+y^(2)+8x-4y+16=

Persamaan di bawah ini yang bukan persamaan linier adalah... x+y=2^(2) 3=(1)/(x+y) sqrtx=3-y (1)/(x+y-2)=(2)/(x-y+2)