Bantuan Tugas Biologi
Bagian paling sulit dalam belajar biologi adalah membuat siswa memahami dunia mikroskopis biologi, bagaimana masuk ke dalam sel dan menjelajahi gen dan molekul. Namun, dengan perkembangan teknologi informasi, bantuan tugas biologi dapat memainkan peran penting ketika kata-kata atau gambar tidak dapat sepenuhnya menjelaskan poin-poin biologi.
QuestionAI adalah perangkat lunak pembelajaran biologi online yang membantu kamu belajar dan menguasai pengetahuan biologi, termasuk berbagai eksperimen dan latihan yang sesuai, yang secara mendasar berbeda dari bantuan pertanyaan biologi umum. Di sini, kamu dapat mensimulasikan eksperimen untuk mereproduksi skenario eksperimental, dari yang dangkal hingga dalam, lapis demi lapis, untuk belajar dan memahami poin-poin pengetahuan.
1. Gizi bayi $0-2$ tahun a. Kapan sebaiknya pemberiar ASI bagi bayi dihentikan? b. Mulai usia berapa MP-ASI mulai diberikan? c. Bagaimana csrs memperken alkan konsumsi MP -ASI pertama kali pada bayi? Jelaskan. 2. Gizi bayi $0-2$ tahun. Berikan contoh menu makan bayi usia a 1-2 tahun. $1-2$ 3. Gizi anak sekolah a. Apa yang bisa saudara amati terkait pertumbuhan dan perkembangan anak sekolah usia 2 sampai 10 tahun dan 10 sampai 14 tahun? b. Berapa rata-rata kebutuhan kalori pada kedua usia tersebut? 4. Gizi anak sekolah a. Mengapa remaja putri pada masa puber banyak yang mengalami anemia? Jelaskan. b.contoh pola makan/sarapan pagi anak sekolah beserta jumlah yang diperlukan. 5.Gizi dewasa Bagaimana kebutuhan kalori untuk dewasa awal dewasa tengah dan dewasa akhir? a. akhir saia yang perl u diperhatikan dalam pola makan golongan dewasa ini?
C. Inspeksi e. Kulturasi d. A uskultasi 6. Proses pen zambilan oksigen dari udara dan mengeluarka karbondioksida dari jaringan-jaringar tubuh lewat paru-paru disebut __ a.Denyut nadi b. Suhu tubuh d.Ruminasi e. Ruminansia 7.Mikroskopis merupakan pemeriksaan __ a.Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengamati sel darah b. Pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan mikroskop C. Pemeriks aan yang dilakukan dengan cara mengamati cairan darah d. Pemeriksaan secara biokimia e.Pemeriks aan seperti perubahar kelaian jaringan disebabl can oleh. __ 8. Penyakit demam tiga hari pada sapi merupakan penyakit menular yang a. Bakteri b. Jamur d . Cacing e. Protozoa C. Virus 9. Timpani merupakan penyakit pada temak ruminansia yang tidak menular biasa disebut penyakit.. __ a. Demam 3 hari b. Radang paru-paru C. Bloat atau perut kembung d. Kejang -kejang e. Ganggu an pencernaan 10 Pemeriksaar yang dilakukan dengan menggunakan alat pengetuk (semacam palu) dan bantalan pengetuk biasa disebut dengn pemeriksaan __ a.Palpasi d Anskultasi b. Inspeksi e. Visual C. Perkusi 11. Yang termasuk bentuk obat kecuali.. __ 1. Kapsul 2. Bolus 3. Serbuk bubuk 4. Tablet 5. Kaplet 6. Salep 7. Pellet 8. Krim 9. Butiran 10. Mask a. 1,2,3 d. 10,1,5 b. 4,5,6 e.7,9,1 C.7,9,10 12 Berikut ini merupakar cara agen penyakit masuk kedalam lingkungan peternakan __ a.Terbawa masuk melalu i kaki (sepatu) b Terbawa masuk ketika bibit ternak datang C.Masuknya ternak sehat yang baru sembuh d . Menular mata e .menular lewat udara
Berikut ini jenis pohon yang memiliki semua simpul internal dengan tepat dua anak adalah __ a. Pohon biner penuh b. Pohon biner lengkap c. Pohon berakar d. Pohon general A B C D
Perkembangan janin di uterus sangat oleh asupan nutrisi olah huruf W adalah olah huruf W adalah memperoleh nutrisinya Fungsi hagian gambar yang ditunjuk janin berkembang memanok oksigen dan nutrisi pada bay memasok oksiger dan nutrial pada bay ditahirkan. posisi janin dan paru janin agar tetap berfungsi sampai siap untuk
PILIHLAH! A. JIKA 1) DAN 2) BENAR B. JIKA 1) DAN 3) BENAR C. JIKA 2) DAN 3) BENAR D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR Keseimbangan ekosistem dipelihara melalui siklus zat kimiawi yang disebut siklus biogeokimia,seperti siklus Fosfor di darat Siklus Fosfor tersebut adalah __ 1) tumbuhan __ Hewan, tinjanya bakteri pembusuk makan 'He asam fosfor dalam air tanah Isap tumbuhan 2) tumbuhan __ Hewan, urinenya oleh Bakteri pembusuk makan fosfat dalam air tanah sap tumbuhan 3)tumbuhan __ >Hewan , Hewannya mati oleh bakteri pembusuk makan asam fosfor dalam air tanah di B tumbuhan
37. Perhatikar illustrasi berikut! Budi seorang memperbanyak siswa SMP yang sangat tertarik dengan dunia pertanian, ingin untuk membuat teh melati Setelah materi perkembangbiak C. tumbuhan di sekolah, Bud memutuskan untuk mencob memperbany ak tanamar melati dengan cemudian memben Budi memilih salah satu cabang melati yang sehat dan lentur tersebut dan menguburny a sebagian di dalam tanah beberapa minggu . Budi mengamati cabang yang telah dirunduk la melihat ada beberapa tunas baru yang tumbuh dari bagian batang yang terkubur. Namun, beberap hari kemudian, Budi terkejut karena tunas-tunas baru tersebut menguning dan layu. la merasa bingung dan bertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi. Setelah observasi lebih lanjut Budi menemukan bahwa tanah di sekitar bagian batang yang terkubur terlalu padat dan kurang aerasi. Jike Budi ingin mempercepa t pertumbuhan akar pada bagian batang yang terkubur maka tindakan yang dapat dilakukan Budi adalah __ A sebagian kecil kulit batang pada bagian yang akan dikubur. B. menyiram dengan air hangat setiap hari. c tanaman dengan pupuk organik setiap minggu. D. membungkus bagian batang yang terkubui dengan plastik.
PILIHLAH! A. JIKA 1)DAN 2) BENAR B. JIKA 1) DAN 3) BENAR C. JIKA 2) DAI 13) BENAR D. JIKA 1), 2)DAN 3) SEMUANY BENAR Faktor "dalam'menentukar variabilitas biogeografi antara lain adalah __ 1) mutasi genetik 2) variasi genetik 3)generatic spontanea
Persamaar antara sel hewan dengan tumbuhan adalah __ A. sebuah sel yang sederhane bukan nenek moyang yang sama bagi berbagai macam kehidupan yang ada sekarang B baru tidak melalu proses seleksi alam C . perkembangar embric melalui tingkatan pengecambaha n dan penetasan atau kelahiran D. individu baru terjadi begitu saja
URAIAN ABCD SEBAB AKIBAT 1) 2) 3) A. Jika 1) DA (2) BENAR B. JIKA 1) DA N3) DENAR C. JIKA 2) DAN 3) BENAR D. JikA 1), 2)DAN 3) SEMUANYA BENAR Protoplasma adalah jembatan antara hidup dan tidak hidup , karena terdiri atas zat __ 1) Zn,Ca, dan Fe 2) gula dan protein 3) tepung dan lemak
(A) dapat menurunkan energi aktivasi. (B) reaksi dapat berjalan dalam temperatur konstan. (C) bersifat stabil terhadap panas. (D) dapat bekerja di luar dan di dalam sel (E) dapat bekerja pada reaksi oksidasi dan reduksi. UMUGM 2013 Kode 26 3. Pernyataan yang paling sesuai dengan enzim adalah (1) molekul protein. (2) dapat berperan sebaga reaktan (3) katalis organik. (4) tidak dipengaruhi oleh pH SBMPTN 2017 4. Pasangan yang benar antara substrat, enzim, dan produk yang dihasilkan adalah (A) pati, amilase, fruktosa. (B) protein, peptidase,nukleotida (C) pati, peptidase, glukosa. (D) asam nukleat, endon klease, nukleotida (E) protein, endonuklease asam amino. UNUGM 2014 Kode 532 5. Enzim mampu memfasili asi reaksi-reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup sehingga berjalan secara efektif dengan cara (1) menyumbang energi tambahan pada reaksi sehingga memungkinkan berlangsung reaksi nonspontan. (2) mengubah konstanta ekuilibrium suatu reaksi sehingga lebih banyak reaktan yang diubah menjadi produk (3) meningkatkan suhu dalam campuran yang bereaksi schingga mempercepat konversi reaktan menjadi produk (4) menurunkan energi aktivasi schingga mempercepa reaktan menjadi produk. UMUGM 2017 Kode 713 6.Berikut ini merupakan sifat-sifat enzim, kecuali (A) enzim bersifat umum dan mampu mempercepat segala reaksi (B) mengalami denaturas pada suhu tinggi. (C) enzim bersifat khusus dan mempunyai fungsi tertentu. (D) mempercepat suatu reaksi dengan menurunkan energi aktivasi (E) enzim sebagai katalisator. 7. Pernyataan yang benar mengenai enzim adalah (A) menurut teori gembok anal kunci, bagian enzim mempunyai bentuk tertentu tertentu saja. yang hanya sesuai untuk jenis substrat (B) inhibitor kompetiti berupa senyawa kimia yang tidak mirip dengan substrat dan berikatan pada bagian selain bagian aktif enzim. enzim.menyebabkan perubahan bentuk (C) menurut teori induksi bagian aktif enzim struktur prostetik. fleksibel dalam menyesuaikan (D) inhibitor nonkompetis if menghambat keria enzim dengan menempat bagian aktif enzim. (E) gugus prostetik terdiri dari apoenzim dan kofaktor. 8.Perhatikan grafik berikut! y 3 1 4 6 8 r pH Grafik di atas menunjukkan hubungar antara pH terhadap kerja enzim ptialin. Manakah pernyataan berikut yang berhubungan dengan kerja enzim ptialin? (1) Enzim ptialin bekerja optimal pada pH 6. (2) pH memengaruhi pembentukan kompleks enzim-substrat (3) Semakin tinggi pH substrat, semakin cepat reaksi kimianya. (4) Pemecahan kompleks karbohidrat optimum pada pH cenderung basa. SBMPTN 2017 Kode 131 9.Pernyataan yang sesuai untuk menggambarkan pengaruh inhibitor terhadap cara kerja enzim adalah (A) inhibitor kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempel pada sisi aktif sehingga mengubah bentuk sisi aktif enzim. (B) inhibitor kompetitif menghambat kerja enzim dengan bereaksi pada gugus prostetik (C) inhibitor non kompetitif menempel pada luar sisi aktif enzim sehingga akan mengubah bentuk sisi aktif. (D) inhibitor non kompetitif menempel pada sisi aktif menghalangi penempelan substrat pada sisi aktif sehingga bentuk aktif. (E) inhibitor non kompetitif menghamba kerja enzim dengan bereaksi pada gugus prostetik 10. Beberapa bakteri secara metabolis bersifut aktif pada sumber air panas karena (A) bakteri itu mampu mempertahankan suhu internal jauh lebih sejul dibandingkan dengan suhu air di sekelilingnya. (B) suhu tinggi akan mempermudah metabolisme aktif tanpa memerlukan katalis. (C) enzim bakteri itu memiliki suhu optimal yang tinggi. (D) enzim bakteri itu tidak sensitif terhadap suhu. (E) enzim bakteri itu molekul selain protein sebagal katalisnya. 11. Reaksi dengan enzim dan tanpa enzim. Perun enzim dalam metabolism e yang diperlihatkan dalam grafik reaksi dengan enzim dan reaksi tanpa enzim adalah (A) sebagai katalis. (B) menghambat reaksi. (C) penghasil energi yang besar. (D) dipengaruhi suhu. (E) menghasilkan reaksi akhir tidak sempurna. 12. Perhatikan gambar reaks enzimatis berikut! Sifat enzim yang ditunjukku n adalah (A) menurunkan energ aktivasi. (B) bekerja secara spesifik. (C) bekerja secara bolak balik. (D) biokatalisator. (E) membantu reaksi kimia. 13. Pernyatian yang tepat tentang pengaruh konsentrasi substrat terhadap kecepata reaksi enzim adalah (A) kecepatan reaksi ber rbanding terbalik dengan jumlah substrat. (B) konsentrasi enzim dar substrat berbanding lurus dengan kecepatan reaksi enzim. (C) jika semua sisi aktif enzim bekerja dan terjadi penambahan substrat.akan terjadi penambahan kecepat in reaksi enzim. (D) jika semua sisi aktif enzim bekerja walaupun terjadi penambahan substrat tidak ada penambahan kecepatan reaksi enzim. (E) semakin banyak substrat semakin banyak enzim yang dibutuhkan