Bantuan Tugas Biologi
Bagian paling sulit dalam belajar biologi adalah membuat siswa memahami dunia mikroskopis biologi, bagaimana masuk ke dalam sel dan menjelajahi gen dan molekul. Namun, dengan perkembangan teknologi informasi, bantuan tugas biologi dapat memainkan peran penting ketika kata-kata atau gambar tidak dapat sepenuhnya menjelaskan poin-poin biologi.
QuestionAI adalah perangkat lunak pembelajaran biologi online yang membantu kamu belajar dan menguasai pengetahuan biologi, termasuk berbagai eksperimen dan latihan yang sesuai, yang secara mendasar berbeda dari bantuan pertanyaan biologi umum. Di sini, kamu dapat mensimulasikan eksperimen untuk mereproduksi skenario eksperimental, dari yang dangkal hingga dalam, lapis demi lapis, untuk belajar dan memahami poin-poin pengetahuan.
Pada seekor kelinci, gen bulu hitam (B) dominan terhadap gen bulu putih (b), dan gen telinga panjang $(T)$ dominan terhadap gen telinga pendek (t). Dua kelinci heterozigot untuk kedua sifat (BbTt)dikawinkan. Jika dihasilkan 16 keturunan, berapa jumlah keturunan yang diperkirakan memiliki fenotip bulu putih dan telinga pendek? A. 1 kelinci C. 4 kelinci B. 3 kelinci D. 9 kelinci
Perhatikan teks informasi berikut! INDONESIA MENJADI TEMPAT BURUNG BERMIGRASI Wilayah kepulauan di Indonesia menjadi tempat tujuan burung -burung air yang bermigrasi dari Cina, Rusia dan Eropa. Pola migrasi burung -burung air dari belahan utara tersebut dimulai pada bulan September hingga November, di mana wilayah Eropa, Rusia, dan Cina memasuki musim dingin. Pada musim dingin ini persediaan makanan satwa di alam liar semakin berkurang. Ketika satwa lain sedang memasuki masa hibernasi karena cuaca dingin, burung memilih untuk terbang jauh atau bermigrasi ke negara-negara yang memiliki cuaca lebih hangat. Pada masa itu, burung-burung air yang berasal dari Eropa, Rusia dan Cina pun ikut bermigrasi ke wilayah Asia Tenggara. Vietnam, Thailand Malaysia dan Indonesia menjad salah satu tujuan burung bermigrasi. Selain dari Rusia dan Cina Indonesia juga kedatangan burung yang bermigrasi dari selatan yaitu benua Australia. Kebalikan dari belahan bumi utara dimana bulan April dan Mei sudah memasuki musim semi, maka di Australia mulai memasuk musim dingin. Kondisi ini membuat burung-burung seperti Cekakak Australia dan Kirik-Kirik Australia bermigrasi ke Indonesia. ( Sumber bacaan : https //kehati.or.id/Indonesia-menjad -tempat-migrasi-burung-dari-cina -dan- rusia/ ) Pernyataan yang benar sesuai isi bacaan di atas yaitu __ A. Migrasi burung dari belahan bumi utara terjadi pada bulan April dan Mei. B. Burung dari benua Australia bermigrasi ke Indonesia ketika mulai musim dingin. C. Migrasi burung dari benua Australia terjadi pada bulan September hingga November. D. Burung-burung dari Cina, Rusia dan Eropa bermigrasi ke Indonesia karena memasuki masa reproduksi.
MATERI: BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Pada proses femnentasi tradisional , jelaskan peran mikroorganisme dalam proses pembuatan tempe dan tape?kelebihan dan kekurangan penggunaan mikroorganisme alami dengan mikroorganisme yang telah dimodifik asi? 2. Analisislah bagaimana penerapan bioteknologi konvensional pada proses produksi kecap dan keju, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat baik dari segi sosial ekonomi maupun keberlanjutan lingkungan! 3. Dalam adaptasi proses tradisional Menurut anda bagaimana bioteknolog konvensional dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan modern tanpa menghilangkan nilai tradisionalnya, dan berikan contoh kasus yang relevan beserta penjelasannya!
Perhatikan ilustrasi berikut! Budi, seorang siswa SMP yang sangat tertarik dengan dunia pertanian ingin memperbanyak tanaman melati milik ibunya. Tanaman melati ini sangat harum dan untuk membuat teh melati . Setelah materi perkembangbiakan tumbuhan di sekolah . Budi memutuskan untuk mencoba memperbanya k tanaman melati dengan cara merunduk. Budi memilih salah satu yang sehat dan lentur . la kemudian membengkokkan cabang tersebut dan menguburnya sebagian di dalam tanah. Setelah beberapa minggu, Budi mengamati cabang yang telah dirunduk tersebut. la melihat ada beberapa tunas baru yang tumbuh dari bagian batang yang terkubur. Namun, beberapa hari kemudian, Budi terkejut karena tunas-tunas baru tersebut menguning dan layu. la merasa bingung dan bertanya i-tanya mengapa hal itu bisa terjadi. Setelah melakukan observasi lebih lanjut Budi menemukan bahwa tanah di sekitar bagian batang yang terkubur terlalu padat dan kurang aerasi Jika Budi ingin mempercepa pertumbuhan akar pada bagian batang yang terkubur, maka tindakan yang dapat dilakukan Budi adalah __ A. memotong sebagian kecil kulit batang pada bagian yang akan dikubur. B. menyiram tanaman dengan air hangat setiap hari. C. memupuk tanaman dengan pupuk organik setiap minggu. D. membungkus bagian batang yang terkubur dengan plastik.
Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Apa yang dimaksud dengan ekosistem? 2. Apa fungsi dari dekomposer? 3. Jelaskan pengaruh sinar matahari terhadap keseimbangan ekonistemt 5. Sebutkan omaksud dengan komunitas pada tingkatan organisasi dalam ekolog 5. Sebutkan ciri-ciri perairan lotik! 6. Apa yang Anda ketahu mengenal zona eufotik? 7. Bagaimana bentuk adaptasi tumbuhan yang hidup di hutan kering tropis? 8. Bagaimana bentuk adaptasi hewan yang hidup di gurun? 9. Apa yang dengan permafrost? 10. Apa yang dimaksud dengan biosfer?
4. Pada usia 4-6 tahu , perkembangar motorik mengalami perubahan . Jelaskan bagaimana perkembang an motorik kasar dan halus pada setiap tahap, dan apa saja faktor lingkungan yang dapat mend ukung atau m enghambat pe rkembangan tersebut?Berikan contor kegiatan yang dapat dilakukan orang tua untuk mend ukung perkemba ngan motorik anak! Bobot , 250/ I Walst
Apa yang dimaksud dengan energi metabolis semu terkoreksi nitrogen (EMSn)? a. Energi bersih yang dapat dimetabolisme dikurangi energi yang hilang seiring bertambahnya panas b. Total energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan reproduksi dengan koreksi nitrogen c. Energi yang ; tersedia untuk pemeliharaan dan produksi dengan koreksi nitrogen d. Energi kotor pakan dikurang i energi kotor
ANTIBIOSIS Antibiosis merupakan salah satu bentuk interaksi antar spesies yang saling bergantung satu sama lain. Dalam antibiosis salah satu organisme yang terlibat menghasilkan senyawa yang merugikan bagi organisme lain yang terlibat. Senyawa ini bisa menyebabkan kerusakan atau kematian pada organisme lain . Secara alami hal ini sebenarnya menjaga keseimbangan antara bakteri yang berbeda di alam. Beberapa jamur dapat menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi tumbuhan lain. Contohnya adalah jamur yang dikenal sebagai Fusarium. Jamur ini menghasilkan senyawa yang disebut fusarotoksin yang berpotensi merusak tumbuhan lain, misalnya pada tanaman tomat Fusarotoksin menyebabkan kerusakan pada akar, batang, dan daun tumbuhan yang terkena dampaknya. Tanaman tomat akan layu dan mengering jika berinteraksi dengan jamur Fusarium. https://gooddoctor.id biologi/apakah-yang-dimaksad-dengan -antibiosis-berikan- contohnya/ Berdasarkan teks tersebut dampak negatif interaksi antibiosis bagi petani adalah __ A. interaksi antibiosis anatar jamur dan bakteri mengganggu keseimbangan alam B. zat antibiotik yang dihasilkan organisme tertentu dapat mematikan bakteri lain C. senyawa fusarotoksin menyebabkan kerusakan akar, batang dan daun tanaman tomat D. senyawa fusarotoksin dari jamur Fusarium dapat menghambat pertumbuhan bakteri lain
Apa yang dimaksud dengan energi metabolis murni (EMM)? a. Energi bersih yang dapat dimetabolisme dikurangi energi yang hilang seiring bertambahnya panas D b. Total energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan reproduksi c. Energi kotor pakan dikurangi energi kotor feses, urin, dan gas pencernaan d. Energi yang tersedia untuk pemeliharaan dan produksi
Apa yang dapat mempengaruhi i kualitas protein pakan? A. Kandungan serat kasar B. Profil asam amino, struktur protein, dan kecernaar protein C. Jumlah lemak dalam pakan D. Jumlah protein yang dikonsumsi dalam sekali makan