AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan PR Sastra

Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.

Use although to put the sentences below. 1. Ady is still young He is very clever and diligent. 2. Vina has a cold.She can still play basketbalal. 3. Bahru has already eaten.He still feels hungry Use the conjungtion but to combine the sentences bel 4. Marry is very clever .He has not many friends. 5. Irfan works slowly .He always gets the job done.

13. Bacalah cerita berikut! Didi melihat teman-temannya akan dua anak perempuan . Didi memberanikan diri menghadapi teman-temannya. Didi menjadi perisai bagi kedua teman perempuannya. Jangan! Jangan mengganggu merekal Mereka anak perempuan. Mengapa kalian mau mengganggu anak perempuan?" tanya Didi dengan lantang. Makna symbol perisai pada cerita tersebut adalah __ A. pelindung B. perangkap C. penolak D. penahan 14. Bacalah cerita berikut! Koko, seekor katak tengah berdiri di tepi kolam. Sore itu langit tampak gelap. Awan hitam siap menumpahkan air hujan. Tak lama kemudian, air hujan pun turun. "Akhirnya kau tiba!"kata Koko tampak girang. Koko pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam. la melihat Semut berteduh di bawah kelopak teratai. Maksud pernyataan bercetak tebal dalam cerita tersebut adalah __ A. Koko merasa senang dapat melompat mengitari kolam. B. Hati Koko gembira setelah melihat Semut berteduh. C. Koko gembira karena berada di tepi kolam. D. Koko senang karena hujan turun. 15. Bacalah kutipan cerita berikut! Bel tanda istirahat berbunyi. Siswa-siswa kelas VI SD Merdeka berhamburan menuju kantin. Dito tampak berlari paling depan. Sampai di kantin , Dito langsung memesan nasi lengkap dengan ayam geprek. Dilahapnya makanan favoritnya tersebut. "Dit, sudah cuci tangan belum? tanya Sandi yang duduk di depannya. "Nggak usah lah . Kumannya sudah takut padaku," jawab Dito sambil tertawa "Nanti bisa sakit perut,"celetuk Gani. Sesaat kemudian terdengar keras sendawa dari mulut Dito. Beberapa saat kemudian, Dito merasa ada yang aneh dengan perutnya. la buru-buru menuju toilet. Dito pun menabrak seorang temannya yang sedang berdiri di dekat toilet. Tak hanya sekali, ia berkali-kal I ke toilet karena sakit perut. Kesimpulan yang tepat untuk teks cerita tersebut adalah __ A. Suara sendawa terdengar keras membuat risih orang yang mendengarnya. B. Dito egois karena tidak meminta maaf kepada teman yang ditabraknya. C. Dito sakit perut karena tidak menjaga kebersihan tangan saat makan. D. Teman-temar Dito kurang perhatian saat mengingatkan Dito.

20. It....... very quickly. The car __ out of the side road and then the van __ __ into the back of it. a. Happened, come, drive b. Happened, come drove c. Happened, came, droven d. Happened, came drove

namen 22. DALAM HUJAN Jari-jari dan angin mengetuk jendela terbenam membangunkan endapan lama bangkit dari kesuraman silam sebuah jendela membuka dunia Iama dari garis hujan dan angin manisnya masa kecil dongeng nenek monjelang tidur Apa isi pulsi di atas? mesranya peluk bunda A. Pada waktu hujan penufis terkenang saat bersama ibu dan. B. Pada waktu hujan penulis dipeluk ibunya ....sambil mendengarkan dongèng neneknya. C. Pada waktu hujan penulis neneknya mengetuk jendela. membayangkan lbu dan D. Pada waktu hujan penulls membuka Jendela melihat ibu dan neneknya. 23 . Penggalan pulsl berikut yang merupakan gurindam adalah __ A. Burung dara burung merpati Terbang tinggi di atas awan Duhal abang si jantung hati Jangan terterbuai berangan- angan B. Berbuat kasar pada orang tua Hidup menyasar mati neraka C. Pergi ke pasar membell durian. Kawan lama jangan ditinggalkan D. Awan melingkupi hutan dan rimba Menutup mentari sedang berduka

11V 1P.200712008 17.Di Jepang masyarakat telah dilatih untuk __ terjadinya gempa demikian mereka tidak akan __ ketika sebelum bencana itu-datang. Dengan gempa itu terjadi. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah __ A. mempersiapkan, panik B. mengantisipasi, panik C.menanggulangi, lengah D. mengatur, berhamburan 18. Kata-kata dicetak miring dalam kalimat berikut mengalami perluasan makna. kecuali __ A. Mereka Matematika oleh Bapak diberi B. Ibu-Ibu PKK sedang mengadakan rapat di balai desa. C. Adik dimarahi Ibu karena ia tidak máu belajar. D. Wali kelas kami Ibu Supriyati. 19. Saya gembira membaca email darimu yang sudah lama Ini merupakan awal dari komunikasi kita cepat. Jika sempat duduk di yang.menyenangkan, murah, dan surat gratis, kan? komputer kampus, kita dapat berkirim Is] surat elektronika (email)di atas adalah __ A. Penulis akan selalu duduk di depan komputer kampus. B. Penulis akan selalu menulis email kepada sahabatnya dari kampus. C. Baru kali berkomunikasi dengan sahabatnya. D Berkirim surat lewal email cepat. menggemblrakan, murah, dan 20. Kondisi Jalan Empang Di sepanjang trotoar itu pedagang kaki lima berjubel. Sudah tidak ada lagi tempat yang dapat dilewat pejalan kaki.Bahkan separo badan jalan itu telah dipenuhi pedagang Kendaraan mengalir lambat erdesakan di jalan yang menjadi semakin sempit. Becak yang mangkal Suara klakson mobil bersaing menembah keruwatan jalan itu. derigan beragam lagu dari para penjual kaset dan CD. atas adalah __ Simpulan yang tepat atas laporan di memenuhi trotoar dan jalan. A. Pedagang kaki lima telah tempat di jalan itu. B. Pejalan kaki tidak memperoleh Soal A, Bahasa Indonesia Barat karena pedagang C. Kesemrawutan di Jalan Empang lima. D. Jalan macet karena banyaknya kendaraan dan pejalan kaki 21. KESENDIRIAN Seorang anak tidur gelisah ketika tangan kecilnya menggapai gapai ke bawah tak didapatinya ibunya di sana Suasana puisi berjudul KESENDIRIAN di atas jalah __ A.menegangkan B. menyenangkan C menyedihkan D. menyeramkan 22.DALAM HUJAN Jan-jari dan angin mengetuk jendela terbenam membangunkan endapan lama bangkit dari kesuraman silam sebuah jendela membuka dunia lama dari garis hujan dan angin manisnya masa kecil dongeng nenek monjelang tidur mesranya peluk bunda Apa isi pulsi di atas? terkenang saat bersama ibu dan. A. Pada waktu hujan penulis neneknya. B. Pada waktu hujan penulis dipeluk ibunya sambil mendengarkan dongeng neneknya. C. Pada waktu hujan penulis membay angkan lbu dan neneknya mengetuk jendela. D Pada waktu hujan penulls membuka jendela melihat lbu dân neneknya. 23. Penggalan puls berikut yang merupakan gurindam adalah __ A. Burung dara burung merpati Terbang tinggl di atas awan Duhal abang si jantung hati Jangan terterbuai berangan- angan B. Berbuat kasar pada orang tua Hidup menyasar mati neraka C. Pergi ke pasar membell durian. Kawan lama jangan ditinggalkan D. Awan melingkupi hutan dan rimba berduka Menutup mentari sedang

37, Bacalah paragraf berikut! letak di purwomartan i, kalasan sleman. Candi pada masa Sambi merupakan contoh peninggalan candi Hindhu (Siwa)Candi ini ter- pemerintahan raja rakal garung pada abad ke $-9$ Candi ini ditemukar Purbakala. dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Perhatikan kalimat-kalimat berikut! (1) Candi in purwomartani, Kalasan kabupaten Sleman. (2) Candi ini terletak di (3) Candi ini dibangun pada masa Pemerintahan raja Rakai Garung pada abad ke-9. (4) Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung pada abad ke-9. kesalahan penggunaan huruf kapital dari kalimat bercetak tebal berdasarkan kalimat yang tersedia ditunjukkan nomor __ A. (1) dan (3) C. (2) dan (3) B. (1) dan (4) D. (2) dan (4) 38. Bacalah teks berikut! Rani mengalami sesak naphas dan sakit kepala. la kemudian diperiksa oleh tenaga kesehatan di Puskesmas. la didiagnose keracunan makanan. Setelah di- ingat-ingat, Rani baru saja makan roti yang sudah kadaluarsa. Perhatikan kata-kata berikut! (1) napas (4) didiagnosis (2) nafas (5)kedaluwarsa (6) kadaluwarsa (3) didiagnosa Perbaikan penggunaan kata baku sesuai dengan kata yang tersedia secara ber- urutan ditunjukka n oleh nomor __ A. (2), (3), dan (5) C. (1), (3), dan (6) B. (2), (4), dan (6) D. (1), (4), dan (5) 39. Bacalah teks berikut! "Pak(:) tolong antarkan Ibu ke pasar(,)" kata Ibu Ibu akan membeli sayuran(=) sawi, kacang panjang dan wortel. Perhatikan tanda baca berikut! (1) tanda koma (,) (4) tanda titik dua (:) (2) tanda seru (!) (5) tanda titik koma (;) (3) tanda titik (.) Perbaikan penggunaan tanda baca sesuai dengan tanda baca yang tersedia se- cara berurutan ditunjukkan oleh nomor __ A. (2), (3), dan (5) C. (1), (2), dan (5) B. (1), (3), dan (4) D. (1), (2), dan (4) 40. Bacalah paragraf berikut! Tari Bedaya Semang diciptakan oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1792. Tari Bedaya Ketawang diciptakan oleh Sultan Agung pada rentang tahun $1613-$ 1645. Tari Bedaya Madiun diciptakan oleh Sultan Hameng II. Sedang- kan, Tari Bedaya Sangaskara diciptakan oleh Sultan Hamengkubuwon o IX. Itulah, beberapa Tari Bedaya dan penciptanya. Ide pokok paragraf tersebut adalah __ A. waktu penciptaan Tari Bedaya C. jenis Tari Bedaya B. nama lain Tari Bedaya D. pencipta beberapa Tari Bedaya

Choose the correct word in the brackets! Pilihlah kata yang tepat di dalam kurung! 1 There is a (whiteboard/whiteboards) __ in the classroom 2. There are four (window/windows) __ in my classroom 3. There are three (book/books) __ in my bag 4 There is a (cloth/clothes) __ on the desk 5. There are ten (chair/chairs) __ in the classroom.

33. Bacalah teks berikut! tangkis dikenal sebagai olahrage yang mampu yang mendapatkan 1) Olahraga mulai dikenal di Indonesingharumkan nama bangsa. 3) emas pada Olimpiade Tokyo tahun 2021. prestasi di tingkat internasio generasi , selalu pada mor __ mor tanda baca pada paragraf ditunjukkan oleh kalimat no- A. (1) dan (2) C. (2) dan (3) B. (1) dan (3) 34. Bacalah paragraf berikut! D. (2) dan (4) Pak Ilham Sapuira sarjana pendidikan jasmani dan olahraga telah mengajar 10 tahun di SD Sembada la,telah lulus magister pendidikan. Kini Pak Ilham menjadi kepala sekolah di sekolah lain Penulisan nama dar singkatan gelar yang tepat pada paragraf tersebut adalah __ A. Ilham Saputra, S .Pd.jas., m.Pd. B. Ilham Saputra, S .PD.jas., m.pd C. Ilham Saputra, S .Pd.Jas., M.Pd D. Ilham Saputra, S .PD.Jas., M.Pd. 35. Bacalah teks berikut! Hari ulang tahun Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. SD Sembada akan melaksanakan kegiatan perkemahan. "Apakah siswa kelas VI mengikuti perkemahan tanggal 14 ...)15 Agustus 2024(...)" tanya Bu Mira kepada kepala sekolah () Perhatikan tanda baca berikut! 1) tanda hubung (-) 2) tanda pisah (-) 3) (anda tanya (?) 4) tanda seru (!) 5) tanda koma (,) 6) tanda titik (.) Penggunaan tanda baca yang tepat secara berurutan pada kalimat-kalimat terse- but nomor __ A. (1), (3), dan (6) B. (1), (4), dan (5) C. (2), (3), dan (6) D. (2), (4), dan (5) 36. Bacalah paragraf berikut! 1) Tugu Jogja merupakan salah satu bangunan bersejarah 2) Bangunan ini diba- ngun setahun setelah perjanjian Giyanti. 3)Tinggi bangunar bersejarah ini adalah 25 meter. 4)Bangunan ini merupakan bentuk apresiasi sri Sultan Hamengkubu- wono kepada rakyat. Penggunaan huruf kapital yang tepat ditunjukkan oleh kalimat nomor __ A. (1) dan (3) B. (1) dan (4) C. (2)dan (3) D. (2) dan (4)

"Ada apa, Kok?" la masih dengan kesibukan yang sama. Dengan mata yang terpejam, ia terus -menerus menghirup aroma ia menarik tanganku. di hadapanmul Tangan-langan usi telah mengotorinya __ pada lingkungan terdiam karena ucapannya yang dalam. Kepeduliannya acuh tak hal seperti itu "Lalu apa yang membuat Kakek termenung di bawah hujan sederas ini?" tanyaku semban mengusap wajah yang basah "Menikmati karunia Tuhan yang mungkin tak bisa kita rasa lagi nanti." "Maksud Kakek?" "Lihatlah! Renungi! Di hadapanmu ini hanya bagian kecil dari dampak tangan-langan usil itu. Coba bayangkan kerusakan tak bisa dihindari. Alam tak disayang. Apakah kau yakin akan merasakan dunia lebih lama?" ujamya menjelaskan padaku. Mendadak lidahku kelu, tak bisa bersuara, sebab apa yang dikatakan Kakek itu benar adanya Hujan terus mengguyur lubuhku aku terpejam sejenak, merasakan tajamnya air yang jatuh dari langit sembari merenungkan ucapan Kakek itu. Aku menyadari bahwa hujan di Rabu pagi ini menyimpan rahasia yang penuh makna. 28. Cerita tersebut bertema tentang __ C. peduli lingkungan A. kesadaran diri B. kerusakan alam D. pengalaman hidup 29. Pengarang menggambarkan watak tokoh Kakek melalui __ C. dialog dan jalan pikiran tokoh A. dialog dan perilaku tokoh B. ucapan dan perilaku tokoh D. ucapan dan jalan pikiran tokoh

D (1) dan (4) D. (2) dan (4) 2. Bacalah kutipan teks berikut! Di era digital yang serba cepat ini informasi dapat menyebar dengan mudah dan instan. Namun, di balik kemudar an tersebut bahaya yang mengintai, yaitu penyebaran hoaks atau berita palsu.Hoaks dapat menimbulkan berbagai negatif, mulai dari keresahan masyarakat, kerugian finansia rusaknya reputasi individu dar organisasi. Berikut ini adalah tips bagi Anda untuk menghindar i menjadi korban atau secara tidak sadar ikut menyebarkan hoaks. 1 Fakta: Lakukan pengecekan fakta dengan mencari informasi tambahan dari beberapa sumber yang Jangan hanya mengandalkan satu sumber informasi atau satu sumber berita. 2. Gunakan Akal Sehat: Jangan mudah terpancing emosi atau terlalu cepat percaya pada informas yang terdengar tidak masuk akal atau terlalu dramatis . Pertimbangkan motivasi di balik informas i tersebut. 3. Laporkan Hoaks : Jika menemukan hoaks, laporkan ke platform media sosial atau ke otoritas yang berwenang agar dapat dihapus atau diinvestigas i kebenarannya. Dengan me ningkatkan kesadaran dan kewaspada an terhadap hoaks kita dapat membantu mengurang dampak negati yang disebabkan oleh penyebaran informasi palsu di era digital ini. Apa tujuan teks tersebut? A informasi tentang dampak hoaks. B tentang berbaga hoaks. B. Menginformasika hoaks dan cara menghindarinya. orang agar yaul bahayanya hoaks.