Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
Perhatikan bacaan berikut ! Seorang siswi bahkan sempat keliru menyebut Amerika sebagai negara Eropa Brilio.net - Sebuah video viral memperlihatkan beberapa siswa SMA yang kesulitan menyebutkan nama-nama negara di Benua Eropa. Momen tersebut terekam dalam konten yang dibuat oleh konten kreator Boyke Aldysha saat mengajak para pelajar bermain kuis berhadiah uang tunai Para siswa terlihat kebingungan ketika diminta menyebutkan nama negara di Eropa hingga menyebut Garut, Indonesia, dan Amerika sebagai jawaban Ketidaktahuan mereka tentang letak geografis negara- negara di dunia ini sontak membuat warganet prihatin dengan kualitas pendidikan generasi muda saat ini. Meski sudah diberi kesempatan untuk memperbaiki jawaban , beberapa siswa tetap menyebut nama negara yang salah seperti Brazil Australia, Filipina , hingga Vietnam Padahal, Boyke sudah menjanjikan hadiah uang tunai sebesar Rp200 ribu bagi pemenang yang bisa menyebutkan negara-negara Eropa dengan benar. Boyke memulai tantangan dengan menjelaskan aturan permainan kepada keempat siswa tersebut. Siswa yang tidak bisa menjawab atau memberikan jawaban salah harus keluar dari permainan. Sebut negara-negara di Eropa, nanti orang terakhir dapat Rp200 ribu. Tapi kalau enggak bisa jawab atau salah, itu keluar ," katanya. Boyke langsung mengajak empat siswa tersebut untuk bermain. Permainan pun dimulai dari pelajar laki- laki yang berada di barisan kanan Boyke. "Mulai dari kamu," ucapnya. Tak terduga, remaja laki-laki tersebut justru menyebutkan kota Garut yang berada di Jawa Barat.Jawaban itu bikin Boyke kaget. "Garut," jawabnya. "Lah, negara di Eropa ," terang Boyke. Remaja tersebut baru saja tersadar jika pertanyaannya seputar negara di Benua Eropa Jawaban akhirnya benar, meskipun pun harus dipandu oleh Boyke. Suasana permainan semakin menegangkan ketika giliran siswa pertama mendapat kesempatan menjawab. Boyke berusaha memancing jawaban dengan memberikan petunjuk tentang sepak bola. "Oh negara di Eropa Apa ya," ungkap siswa tersebut. "Sepak bola, timnas banyak," terang Boyke. "Oh iya, Indonesia,"jawab siswa itu. "Eropa," jelas Boyke kembali. "Inggris," jawabnya. Permainan berlanjut dengan jawaban-jawaban mengejutkan dari para peserta . Seorang siswi bahkan sempat keliru menyebut Amerika sebagai negara Eropa. "Amerika," ungkap siswi tersebut.
"Aku kasih kesempatan deh sekali," tegas Boyke. "Jerman,"kata siswi itu kemudian. Kondisi semakin memprihatinkan saat peserta lain memberikan jawaban yang jauh melenceng. Mereka menyebut negara-negara di luar Eropa tanpa ragu. "Brazil, " terang salah satu siswa. "Bukan, satu lagi deh," jelas Boyke. "Australia," jawab siswa tersebut. "Keluar," tegas Boyke. "Belanda, Polandia , Filipina, Vietnam,"terang dua pelajar lainnya. Jawaban para siswa tersebut bikin warganet garuk kepala . Pasalnya, nama -nama negara di Eropa sangat mudah untuk disebutkan. Meski jawaban anak SMA tersebut terdengar kocak, mereka sangat prihatin dengan kondisi pendidikan Indonesia saat ini. "Yg bener aja sma gak ngerti negara eropa," kata @kiribocho1. "Negara eropa 'GARUT"," kata @vyominekuri. "Parah pendidikan sekarang," ujar @dlhtobing. "Ini serius gak sih anak2 sekarang diyanya negara di eropa jawabnya garut," kata @ragilkun. "Adyg nyadar gaki kualitas pnddikan kita kyknya smkin turun. dlu pas jamanku 3SD ud d gembleng $nama^{2}$ negara dn ibukotanya. skrng klas 3 SMP kdng gk tw benua negara dil. knpa ya apa trlu di manjakan?" kata @luci-yarisafitri16. 6. Bagaimana menurut pendapat kalian tentang bacaan tersebut?Seberapa yakin kalian tentang Bagaiman mas pada tahun 2045? Apa yang harus dilakukan pelajar sekarang agar Indonesia
33. Perhatikan kutipan berikut! Dampak paling nyata dan bencana asap adalah masalah kosehatan Lebihdari tga bulan terpapar udara bercampurasap membuat daya tahan masyarakat kian Beberapa bantuanyang akan didistribusian melputi 125 nbumaskerke 97 kabupaten kota tordampak makanan tambahan 11 ton alat penjornh air, serta 4482 cormetry (alat cek denyut lantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pemapasan anak-anak yang dipordirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat udara (air punfer) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate, dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi di atas adalah __ eksideadaan makin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah terdampak kabut asap. b. Melihat kondisiyang kian mengkhawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali mengirim bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap. C. Bantuan-bantuan tambahan dari pemerin- tah sangat bermanfaat bagi masyarakat
Exercise Read each paragraph. Then,on the lines below.write the problem, the solution, and the main idea. Remember to write complete sentences. Compare your work with that of another student. Staying Healthy 1. As people get older., they usually begin to experience physical problems . They often begin to lose their eyesight, their hearing, and their memory , and they become less able to get around. Getting older is a fact of life, of course , and there is nothing you can do to stop the years from passing. However, some scientists at Tufts University in Boston have discovered that there may be a way to prevent some of the physical problems associated with aging. In experiments with rats whose age was the same as humans at sixty.-five to seventy-five , the scientists fed the animals half a cup of blueberries every day. After eight weeks, the rats showed improved physical skills . They also showed improved short-term memory, as demonstrated by the fact that they could find their way through mazes more quickly. In fact, blueberries contain antioxidants , which slow the aging process. One leading scientist says he now eats blueberries everyday. Problem: __ Solution: __ __ __
1. Definisi dan Tujuan Jelaskan apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah populer dan sebutkan Tiga tu juan utama penulisan artikel tersebul!
the The berieffs that you get after shudying this chapter are as futows (1) pertect continuous the jobs D. this chapter that you do not understand If you nave difficulty in - discuss it with your friends and reacher ment Chapter 3 F a, b, c, d or e for the correct answer ruily sence june D. been C. has been I am going to visit your country. Where want to go shopping? a I should go must go should I go go ought to I go 10 He aidine only arlows two pieces of luggage You __ pack too much or you will have to take it out at the airport had not better d better better not e not had better not 11 Mr. Budi Sonjaya teaching at Persage University ence March a. wills a had been has been e. Will have 12 Puti Amelia __ for her mother to pick her up she came back from work 1. has been waiting since b. has been wait since C. has been wait for has been waiting, for e had been waiting since 13 Guruh Abimayu is the cidest employee here He __ since the company established a.has work b has worked has been working d has been worked had been working 14 The protesters at the House o . Representative since __ had been shouled d. has been shouled yestertay e has been shouting hand withen paper? B. You __ type it no I can consily read it x had bener b. would E would rather d. can e may 10. A. The price of petrol is getting unitiachable by our peopin government __ Nubsicly for the needy a may give B. munt have given should give d shoukt have given a. ought to have given II Answer the following question correctly White sentences first in the negative and then in the the example Terryistuity Frencivibidy German Tarry hasn't been studying French He's been studying German Jenny-send poskcard to her friends -write Answer __ 2 Robert-drive to work this week .take the b Answer __ Batara-ketia swaenter-make a scalf Answer __ 4.Ann-work overtime this week-go home esd Anliwer Kevin-study for his exam - wathe TV all ove Answer __ Projeot Task Make a simple par agraph in a piece of paper tense. Then translate into Indonesian langas
14. Gatekna ukara-ukara ing ngisor iki! 1) Njentrehake sawijining bab/kawruh 2) Panulisane asipat informative 3) Adhedhasar kasunyatan/fakta, ateges lelandhesan kahanan saknyatane 4) Panulisane gamblang, padhet , ringkes, lan cetha. Ukara-ukara ing dhuwur yaiku titikan saka teks __ A. Narasi B. Argumentasi C. Deskripsi D. Persuasi E. Eksposisi
1. What do you know about procedure text? 2. What are the generic structures of procedure texts? 3. What are the language features of a procedure text!Mention at least 3 ! Look at the picture below to answer questions number 4 and 5! How to The purpose of this procedure is to guide you through the steps of preparing instant noodle quickly and (C) easily. 1 packet of instant noodles Seasoning package (usually included with the noodles) Saucepan Steps: 1. Boil a pot of water 2. Add the instant noodle block to the boiling water 3. Cook for $2-3$ minutes until the noodles are soft 4. Drain the water 5. Mix in the provided seasoning 6. Serve and enjoy your instant noodles! o Making instant noodles at home is a simple process that requires minimal ingredients and time. Follow the steps to enjoy a quick and satisfying meal in minutes. 4. Identify the structure of procedure text ! 5. Write a im perative sentence from the text above!
Buatlah kalimat paragraf tentang Tujuan praktik pembuatan jelly dari sari buah naga yang berkaitan dengan pengolahan hasil pertanian
5 KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA YANG MENARIK BAGI SISWA SD antara lain dapat dilakukan dengan (1) bermain pentas drama, (2) Bernyanyi bersama, (3) Membaca dan bercerita, (4) Bermain kata berantai,(5) Mengacak kata, dan (6) Mencari awalan kata. Pilih 2 model kegiatan pembelajaran dan aplikasikan dalam pembelajaran. pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam bentuk scenario