Bantuan PR Sastra
Sastra adalah bentuk seni yang mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide, emosi, dan pengalaman melalui bahasa. Sastra adalah bagian integral dari budaya manusia, mencakup berbagai bentuk dan gaya. Karya sastra dapat mencakup novel, puisi, drama, esai, dan lain-lain. Sastra tidak hanya mencerminkan latar belakang sosial, sejarah, dan budaya, tetapi juga menginspirasi imajinasi, emosi, dan kemampuan berpikir kritis pembaca. Melalui sastra, orang dapat menjelajahi dunia dalam diri manusia, memahami perspektif dan nilai-nilai yang berbeda, dan merasakan kenikmatan keindahan. Sastra memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan pribadi dan perkembangan masyarakat.
1. Pasangkan kegiatan mencemari lingkungan berikut ini dengan jenis pencemaran yang sesuai. (1) Pencemaran udara (2) Pencemaran air (3) Pencemaran tanah (a) menyemprot hama dengan pestisida (b) membakar sampah (c) gas freon AC yang bocor (d) membuang limbah rumah tangga ke sungai (e) menangkap ikan dengan peledak (f) mengubur sampah plastik (g) membuang oli bekas ke tanah Pasangkanlah cerikut ini dapat mengurangi atau malah menambah pencemaran lingkungan. dengan kategori yang sesuai. (a) Membuka hutan untuk perluasan kota (1) Upaya konservasi lingkungan (b) Mengeluarkan Undang-Undang Lingkungan Hidup (c) Menambang batubara dengan sistem terbuka (2) Upaya pencemaran lingkungan (d) Mengubah lahan pertanian menjadi perkebunan kelapa sawit (e) Menggusur bangunan di area resapan air (f) Mengolah limbah pabrik secara internal (g) Mandi, mencuci,dan BAB di sungai 16. Pasangkan istilah-istilah berikut ini dengan pengertian yang sesuai. (1) pestisida (a) lapisan udara yang terdapat di atmosfer (2) partikel (b) keseluruhan flora dan fauna yang terdapat pada suatu daerah (3) biota (c) racun pembasmi hama (4) ozon (d) unsur dasar benda atau bagian terkecil benda yang masih memiliki dimensi (5) limbah (e) sisa proses produksi 17. Jodohkan kata kerja dari penggalan teks di atas dengan antonim yang sesuai. (1) menimbulkan (a) membeku , menyumbat (2) mendeteksi (b) sedikit kekurangan (3) menyumbang (c) menerima (4) menghirup (d) menurunkan , memadamkan (5) melimpah (e) menyembur menolak (6) mengalir (f) membebaskan , melempar
Read the following text. Many schools have allowed students to advance to the next grade even if they are not reading at grade level. However, more states are now considering policies that require students to repeat a grade if they fail reading tests. Currently, 26 states have such policies, up from 18 Which of the following best completes the blank number 9 ? A stricter focus on standardized test preparatio can ensure students meet academic benchmark more effectively. Limited classroom resources make it difficult fo teachers to provide personalized attention to ev student. Enhanced teacher training can help educators better understand and address students' needs. Organized after-school tutoring programs can reinforce what students learn during regular school hours. Additional homework assignments can push students to improve their reading skills more quickly.
Cermatilah kutipan teks cerpen berikut! (1) Ibu Ana menangis mengingat perilaku tetangganya pada anaknya. (2 ) Hanya karena dia tidak mampu , tetangganya itu mengejek anaknya dengan melemparkan makanan basi di wajah anaknya. (3) la bertekad akan bekerja keras agar keluarganya tidak lagi dihina. (4) la akan membuktikan bahwa nasib bisa diubah dengan usaha keras dan doa. Bukti watak tokoh Ibu Ana dalam teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor __ a. (1) dan (2) b. . (3) dan (4) C. . (2) dan (3) d. . (2) dan (4)
Pendidikan dan sosial Nilai kehidupan yang ada pada penggalan tersebut adalah nilai __ Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pikiranku Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak Kita tidak bolehterpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin. Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan- ramalan itu. Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakan, bahwa semua keturunan kita akan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah sajakepada-Nya. Doakanlah Lasuddin Moral dan agama Sosial dan budaya Agama dan budaya Sosial dan agama x 10 poin
5. Perhatikan kutipan ayat berikut! __ Perila ku terpuji yang seha rusnya yaitu __ ditunjukkan sesuai kutipan ayat di atas a. Amar menabung sebagian uang saku b. Nabila patuh kepada kedua orang tua c. Hasna belajar dengan rajin saat di rumah d. Salman menjalankan puasa sunah Senin-Kamis e. Ikhsan membantu nenek menyeberang jalan Perhatikan cerita berikut! Erdin seorang pekerja yang gemar menghambur-hamburkan uang. la suka pergike hiburan. Bahkan, iatidak mempunyaitabungan dan uangnya habis. Di tempat kerjapun pekerjaannya terbengkalai dan akhirnya dikeluarkan dari pekerjaan . Karena kebiasaannya pergi ke tempat hiburan, ia nekat mencuri untuk mendapatkan uang. Dampak negatif perilaku foya-foya sesua cerita di atas yaitu __ a. dapat memicu frustasiapabilah artany habis b berpotensi menimbulkan sifat kikir c. sibuk mengurusi harta orang lain d menimbulkan sifat iri dan dengki e memperkaya diri sendiri Cioka toman cakelas R ahma Siska seri
kehidupan orang lainnya. Dia mulateningkatan negarahteraan bag tunanear menyerukan peningkungerican Foundationals the Blind dar Helen Keller berhasil mendirikan glind keterbatasukanlah halangan Keller undation formbuktikan bahwa keterbatasan untuk berbuat kebaikan remberikarya. Dia selalu upaya untuk diri dan terhadap berbaskeller meninggal memberikan bantuan baskerang-orang dengan ditempatkan di samping thedral. teman dekatnya, Anne Sullivan di St Joseph's Chapel of Washingtor https://internasiong Sumber: Dirumuskall dumia-helen-keller-terbatasan ?page=all, 3.) Keterbatasan?page-all, 3.) 3. ) Dalamilah kisah Helen Keller tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut. Perasaan apa yang spontan muncul dalam diri kalian ketika membaca kisah Helen Keller tersebut? b. Bagaimanakah Helen Keller mengatasi keterbatasan dirinya? c. Apa peranan orang-orang di sekitar Helen Keller dalam upaya mengatasi keterbatasan dirinya? d. Inspirasi apa yang dapat kalian petik dari kisah tentang keterbatasan diri manusia tersebut? 4. Temukan berbagai kisah lain yang menunjukkan pengalaman dan perjuangan orang-orang dalam mengatasi keterbatasan dirinya. Salah satu contoh kisah yang dapat kalian temukan adalah kisah Stephanie Handoyo penyandang disabilitas di Indonesia yang prestasinya membanggakan .Stephanie menderita down syndrome yang menyebabkan dirinya memiliki keterlambatan pertumbuhan fisik dan mental . Dengan ketekunan yang total (menenggelam)can diri dalam usaha yang total) ia berprestasi, baik dalam hal olahraga maupun musik. Ceritakan kisah yang kalian peroleh kepada teman-teman di kelas!
Bacalah teks berikut! Keumalahayati adalah perempuan pejuang darikesultanan Aceh Ayahoya bernama Lakumana Mahmud Syah Kakeknya dan garis ayah adalah Laksamana M shammad Said Syah, putra dan Sultan Salahuddin Syah yang memerintah sektar tahun $1530-1539$ M. Pada tahun $1585-1604$ dia memerjang jabatan Kepala Barisan Pengawalistana Panglima Rahasa dan Pangima Protokol Pementahdari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV Malahayat memimpin 2000 pasukan inong bulere untuk berperang melawan kapal-kapal dan benteng benteng Belanda tanggal 11 September 1599 Dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya ini sehingg a la lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati B Siapakah yang dimaksud pada kata yang dicetak tebal? Jawab __ 9.Apa yang membuat Keumalahayat lebih dikenal dengan Laksamans Malahayati? Jawab __ 10. Tuliskan kata serapan yang terdapat dalam teks tersebut beserta kata asainya! Jawab __
4. k oko sangat cerdik dalam menga tursi Makna kata "c erdik" m e miliki arti . a . tajam pikiran b. ban yak akal C m n d. kura ng akal
26. Pidato yang disampaikan bertujuan untuk memberikan informasi atau pemahaman kepada audiens disebut pidato
Last Sunday, in the morning, Amir 16. __ to a bookstore.He got there by motorcycle. His father 17. __ it. At the bookstore, he 18. __ for an English textbook. He 19. __ the book and two pens . Then, Amir went home with his father. At home, his mother 20. __ lunch. Amir was on time to have lunch . He was happy.