Bantuan Tugas Ilmu Sosial
Pastinya kamu ingin meningkatkan kesan umummu tentang dunia ini dan setiap negara. Paling tidak, kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang peradaban yang ada dan apa yang terjadi di Bumi. Jika ini benar, kami akan siap sedia untuk membantumu.
Mulai dari Revolusi Perancis dan naiknya Napoleon ke tampuk kekuasaan hingga pemicu Perang Dunia II dan masalah ekonomi tersembunyi di baliknya, kamu akan menemukan jawabannya dalam "ensiklopedia" hebat ini. Kamu dapat menggunakan bantuan tugas ilmu sosial untuk mengajukan pertanyaanmu dan kami akan mencocokkanmu dengan jawaban yang paling berwenang. Begitu mudahnya. Mulailah meningkatkan nilai ilmu sosialmu hari ini.
1.Dalam perkembangan Ilmu Fikih, pada masa Dinasti Abbasiyah mengalami perkembangan Dipandang sebagai periode kesempurnaan, yakni periode munculnya imam-imam besar. Pada masaini juga disebut sebagai periode pembinaan dan pembukuan hukum Islam. Jelaskan pengertian dari ilmu fikih? __ sussement ...................................................................... ......................................................................scenera scsseme stees essences museum ....sussement ..... ....assistant ... iii area ........ .... insummeria ...................... un ......... asso essums ... .... ....... ...assession executions ....sussesses ...................................................................... 2.Tuliskan ulama -ulama yang dikenal dengan sebutan "Imam Madzhab", yang menyusun kitab -kitab fikih terkenal dan mengembangk an madzhabnya pada masa Daulah Abbasiyah! __ ...................................................................... .............................................................................. ...................................................................... ..... .... sussement seniors ......... ..... . ............-.......... essenses . ........ .. . . ......... ..... ........ ............. .... ....... .... . ........-...... ......................................................................
24. Jika kita akan bepergian jauh yang memenuhi syarat untuk melakukan salat dalam keadaan berangkat jam 10.00 WIB dari Semarang ke Cirebon lama perjalanan kurang lebih 6 jam, maka yang tepat melaksanakan __ a. jamak ta'khir b. jamak taqdim c. salat qasar d. salat jamak
7. Apa yang dimaksud dengan "mampu" dalam konteks zakat fitrah? a. Memiliki harta berlimpah b. Memiliki cukup makanan untuk diri sendiri dan keluarganya hingga hari raya c. Memiliki mobil dan rumah mewah d. Memiliki pekerjaan tetap 8. Mengapa zakat fitrah disebut juga zakat fitrah? a. Karena dikeluarkan saat fitri (hari raya) b. Karena membersihkan diri dari dosa-dosa kecil c. Karena membersihkan jiwa dari sifat kikir d. Semua jawaban benar 9. Apa yang terjadi jika kita tidak membayar zakat fitrah? a. Tidak ada apa-apa b. Akan mendapatkan dosa c. Akan dihukum penjara d. Akan miskin 10. Selain beras ,zakat fitrah juga bisa berupa __ a. Emas b. Uang tunai (nilai setara beras) c. Perhiasan d. Tanah Soal Esai: 1. Jelaskan pengertian zakat fitrah menurut pemahamanmu. 2. Sebutkan 5 manfaat mengeluarkan zakat fitrah. 3. Mengapa zakat fitrah penting bagi umat Islam? 4. Bagaimana cara kita mengetahui besaran zakat fitrah di daerah kita? 5. Jelaskan perbedaan zakat fitrah dengan zakat mal.
19. Menjadi pemimpin yang adil, begitu juga menjadi rakyat yang taat, menjadi harapan kita semua. Jika ada persoalan yang belum dapat dipecahkan, harus tetap dicari solusinya secara adil, yang maknanya adalah __ A. mencari solusi dari beberapa pilihan yang sama -sama menyulitkan B. keterlibatan beberapa komponen masyarakat yang bersatu padu C. semua orang tanpa kecuali diperlakukan sama di mata hukum D. bersikap menyatukan dan mendamaikan masyarakat E. tertibnya lingkungan dari kesadaran masyarakat 20. Kehidupan saat ini sering kita temukan konflik kepentinga antar berbagai kelompok masyarakat. Semua itu harus kita hadapi dengan adil dan bijak. Jika tidak, muncul kelompok penyusup yang berdampak negatif bagi __ A. kerusakan fasilitas umum dan kerugian fisik serta mater B. berlalunya waktu dan sumber daya masyarakat yang mengitari C. keamanan menjadi kondusif dan belum dapat dipisahkar D. sikap dari sebagian masyarakat yang ingin damai E. kelompok yang ingin terhindar dari problema 21. Saat jayanya kerajaan Islam, peran ulama sangat menonjo sebagai bagian dari pejabat elite. Adapun perannya yang paling penting adalah __ A. Duduk menemani para pemimpin yang membidangi pemerintahan B. Berbeda-beda peran sesuai wilayah atau daerah yang dikuasai C. Menjadi penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaan. D. Mempengaruhi pemimpin agar menegakkan aturan D. Mempengaruhi pemi bernegara yang menyimpang 22. Syekh Nawawi pernah menjadi imam di Masjidil Haram, mengajar di Haramain, dan mendapatkan gelar Sayyidul Hijaz. Saat itu, yang termasuk Hijaz adalah wilayah __ A. Timur Tengah seluruhnya B. Makkah, Madinah, dan Damaskus C. Palestina, Yordania dan Yaman D. Saudi Arabia, Irak dan Iran E. Jazirah Arab, Makkah , Madinah. 23. Sampai saat ini,karya-karya beliau masih dipelajari, dikaji, dan ditelaah di pesantren. Misalnya kitab Sullam al- Munâjah syarah Safinah alShalâh dan Nashâih al-"Ibâd syaral al-Manbahâtu 'ala al-Isti "dâd li yaum al-Mi'âd.Itu adalah karya tulis dari __ A. Abu Abdul Mu 'thi Nawawi al-Tanari al-Bantani B. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al -Makasari C. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al--Palimbani D. Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani
geoas dan sekehendaknya sendir secara bebas dan tanggung jawab 2. Kemerdekaan mengemukakan pendapat kemerdekaan yang __ K menjaga ketertiban masyarakat atau perorangan b. mengutamakan kepentinganindivjdu c. memajukan kepentingan kelompok d amakan kepenting an negara atau pemerintah 3. Berikut ini hak warga negara terkait kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah __ a. mendapat jaminan perlindungan hukum b . menghormat hak-hak orang lain c mengeluarkan pikiran secara bebas d.mendapat penjagaan dari aparat 4. Hakatas kebebasar berserikat berkumpul dan mengeluark an pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia. Hal ini diatur dalam UUD NRI Tahun 1945 pasal __ a. 28B c. 28D b. 28C d. 28E i . Kemerdekaan berpendapat merupakan hak setiap warga negara sebagai dari hak asasi manusia . Hakikat kemerdekaan berpendapat adalah __ a.kewajiban untuk setuju dengar pendapat mayoritas b keterbatasan untuk berpendapat kebebasan untuk menyampaik pendapat tanpa rasa takut d kebebasan untuk berbicara c. meng d. tidak 7. Kemerde muka u negara. a di b di c. d d. 8. Sala ber a. b 9
4 Perilaku ikhtiar sangatlah baik apabila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari secara rutin. Contoh ikhtiar sendiri adalah sebagai berikut, kecuali __ 4. menghindari sikap malas b. berdoa agar diberikan kekuatan c.giat dan bersemangat dalam belaiar d. memasrahkan segala urusan pada Allah Swt. Budi selalu mencoba hidup sederhana dan menyesuaikan diri dengan keadaan, tidak rakus dan tamak. Perilaku Ahmad tersebut mencerminkan sikap __ 1.tawakal c. sabar b. ikhtiar. d. qana'ah Berdasarkan riwayat seiarah Nabi Musa as. lahir dikota Mesti pada lahun __ 1525 SM c.1527 SM b. 1526 SM d. 1528 SM 7.Salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Musa as. adalah tongkatnya yang ketika dilemp... bisa berubah menjadi ular Hal tersebut sebagaimana yang diceritakan dalam QS __ c. al-Baqarah 120 ha/20:60
Salah satu bentuk penghargaan positif terhadap budaya kita adalah: Mengadakan pesta yang meriah Menggunakan bahasa dan kesenian daerah dalam kebaktian. Berdoa di depan makam nenek moyang Mendirikan patung-patung untuk ibadah.
Analisis peran Pancasila dalam menjaga pluralisme dan keberagaman di Indonesia di tengah pengaruh globalisasi! Bagaimana Pancasila menjadi dasar negara yang mampu menjembatani konflik kepentingan antara masyarakat dengan budaya yang berbeda-beda? Berikan contoh konkret! Jelaskan upaya konkret pemerintah dalam merealisasikan nilai-nilai Pancasila di bidang pendidikan dan ekonomi! Uraikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kebijakan publik untuk mencegah korupsi di Indonesia! 6. Diskusikan tantangan terbesar dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di era digital! Analisis bagaimana pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia dapat berjalan selaras dengan Pancasila! 8. Bandingkan hak dan kewajiban warga negara Indonesia berdasarkan UUD 1945 dengan negara lain yang menganut sistem demokrasi liberal! Jelaskan hubungan antara kewajiban membayar pajak dengan prinsip keadilan sosial dalam Pancasila! 10. Evaluasi penerapan demokrasi Pancasila dalam sistem pemilu Indonesia saat ini! Apa kelebihan dan kekurangannya? 11. Bagaimana penerapan prinsip musyawarah dalam pengambilan keputusan di lembaga legislatif mencerminkan nilai-nilai Pancasila?Berikan contoh kasus! 12. Jelaskan peran lembaga negara dalam menjalankan kedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila! 13. Analisis peran Pancasila dalam menyelesaikan konflik horizontal yang sering terjadi di masyarakat Indonesia! 14. Bagaimana cara pendidikan karakter yang berbasis Pancasila dapat membangun semangat nasionalisme di kalangan generasi muda? 15. Jelaskan upaya pemerintah dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah isu separatisme dan disintegrasi nasional! 16. Bagaimana asas keadilan dalam Pancasila dapat menjadi pedoman dalam pembentukan sistem peradilan di Indonesia? 17. Analisis bagaimana Pancasila memengaruhi pembentukan hukum di Indonesia dalam mengakomodasi keberagaman budaya dan agama! 18. Jelaskan tantangan terbesar dalam menegakkan supremasi hukum di Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila! 19. Diskusikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan untuk melawan penyebaran ideologi radikal di era globalisasi 20. Bagaimana peran masyarakat dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah derasnya pengaruh budaya asing? 21. Jelaskan bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila! 22. Jelaskan pentingnya pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa yang berintegritas! 23. Bagaimana strategi pendidikan di sekolah dapat mencegah berkembangnya sikap apatis terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa? 24. Analisis bagaimana metode pembelajaran PPKn yang berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap implementasi Pancasila! 25. Jelaskan peran teladan dalam menanamkan nilai-nila Pancasila kepada peserta didik melalui proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari!
49. Dalam Injil Markus $28:16-20$ berisikan perintah untuk memberitakan injil. Bentuk pewartaan yang bisa digunakan pada zaman sekarang adalah __ A. Kotbah, pelajaran agama , pendalaman kitab suci B. Pelajaran agama, menjelekkan orang lain C. Kesaksian, homili, percaya orang kudus D. Pelajaran agama, membaca kitab suci E. Bersifat kesusilaan 50. Sakramen adalah merupakan lambang dan symbol mengungkapkan karya Tuhan yang menyelamatkan. Sakramen yang menjadi tanda kesatuan umat adalah sakramen __ A. Permandian B. Ekaristi C. Tobat D. Perkawinan E. Krisma
Daerah (DPD), Dewan me ai tinginging dalam MM ditentukan melalui musyawarah dan pemilihan di berbagai tingkat yang dilakukan secara periodik. utama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dalam struktur organisasi A. Menjalankan kegiatan IMM di tingkat kampus B. Mengelola kegiatan IMM di tingkat daerah C. Menjadi pusat komando dan pembuat kebijakan utama IMM D. Menghubungkan DPP dengan DPC E. Memilih Ketua IMM di tingkat komisariat 2. Bagaimana pemilihan ketua IMM dilakukan? A. Dipilih langsung oleh Ketua Muhammadiyah B. Diangkat oleh pimpinan IMM tingkat pusat C. Melalui musyawarah dan pemilihan di berbagai tingkat organisasi D. Dipilih berdasarkan masa jabatan yang ditetapkan tanpa pemilihan E. Diangkat oleh pemerintah setempat 3. Apa peran utama Komisariat dalam struktur organisasi IMM? A. Mengelola kegiatan IMM di tingkat daerah B. Menjalankan program -program IMM di tingkat kampus C. Menjadi pusat komando IMM di tingkat pusat D. Menghubungkan DPC dengan DPD E. Mengatur hubungan antara IMM dan organisasi internasional.