AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Teknologi Informasi

Bantuan tugas teknologi informasi dapat memberikan pengguna informasi yang sangat berkualitas mengenai perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat data informasi yang sangat terperinci dan terkategorisasi, dan perangkat lunak ini sendiri tidak memiliki izin untuk menggunakannya, sehingga semua orang dapat menikmati teknologi sepenuhnya.

Menariknya, ini juga merupakan organisasi konten yang sangat baik untuk teknologi dan kehidupan. Ini menghubungkan pengguna dan merek untuk menghasilkan konten yang menarik dan profesional. Ini mencakup informasi teknis, tinjauan mendalam, tips keterampilan, dan pengalaman produk, dll. Ini memiliki format konten grafis, video, dan infomercial, dan mencakup platform media baru utama.

interpretasi d adalah an makna data yang interpretasi dan penjelasa beografi yang berisi dikumpulkan adalah __ a. Hasil Penelitian b. Tinjauan Pustaka c. Bab Pendahuluan d. Metodolog i Penelitian e. K esimpulan dan Saran 2 Penelitian eksploratif sangat sedikit mem- berikan penjelasan mengenai konsep penelitian karena. __ a.mengkaji konsep penelitian yang akan digunakan b. menge mbangkan teori baru yang bersifa tentatif c. menguji kebenarar hipotesis yang tela berkembang d bangkan metode baru unti menyelesaikan masalah e. m emba ndingkan berbagai kons penelitian yang digunakan

5. Jika pengguna ingin terkoneksi ke internet menggunakan ISP, maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk jaringan yang disebut __ a. Point of Presence $(POP)$ b. World Wide Web $(WWW)$ ) WiFI (Wireless Fidelity) d. WLAN (Wireless LAN) e. WAN 6. Perhatikan data berikut! (1) Peer to LAN (2) Jaringan broadcast (3) WAN to broadcast (4) Point-to-Point Berdasarkan data tersebut, jenis jaringan berdasarkan teknologi transmisi yang dikategorikan ditunjukkan oleh nomor __ a. $(1)$ dan $(3)$ dan $(4)$ x $(2)$ C. (1), (2), dan $(3)$ d. (2), (3), dan $(4)$ e. (1), (2), (3)dan $(4)$ 7. Perhatikan data-data berikut! (1) LAN (2) WAN (3) MAN Berdasarkan data tersebut , scope jaringan sendiri yang dibagi ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan $(3)$ b. (2) dan (4) d. (2), (3), dan (4) e. (1), (3), dan (4) \& (1),(2), dan (3) 8. Sejarah internet dimulai pada tahun __ d. x $1960-an$ $1990-an$ e. $2000-an$ b. $1970-an$ $1980-an$ 9. Kemampuan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya disebut sebagai __ jaringan komputer a. komunikasi data b. jaringan global e. komuniasi mobil C. interoperabilitas 10. Jenis perangkat yang berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet adalah. __ a. ethernet d telepon b. modem C. NIC e. smartphone 11. Kepanjangan dari TCP/IP adalah __ X Transmission Control Protocol/Internet Protocol b. Transmission Control Protocol/Internet Procedure C. Transmission /Internet Protocol d. Transmission Convortable Internet Procedure e. Transmission Control Portable/Internet Protocol Komputer dengan sistem perasi Macintosh sering disebut __ 12. OS Mac OS e. b. Mas OS Windows C. Mae OS 13. Jenis jaringan yang memiliki cakupan di dalam satu kantor atau gedung adalah jaringan __ a. GAN d. WAN e. WiFi C. MAN x LAN 14. Sebuah sistem komunikasi data antar komputer disebut sebagai __ a. station d. client b. server e. WiFi or network 15. Perhatikan data-data berikut! (1) Struktur jaringan (2) Jaringan global (3) Paket data (4) Interoperabilitas Berdasarkan data-data tersebut, penelitian yang dilakukan oleh Levi C.Finch dan Robert W. Taylor yang berkaitan ditunjukkan oleh nomor __ a. (1) dan $(3)$ d. (2), (3), dan $(4)$ \&< (2)dan $(4)$ e. (1), (2), (3), dan $(4)$ C. $(1),(2)$ dan $(3)$ 16. Teknik yang digunakan pada data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer dengan dipotong menjadi paket kecil-kecil terlebih dahulu agar lebih mudah ditangani adalah __ a. scoope jaringan b. teknologi transmisi C. identifikasi system d. teknik packet switching e. transmisi 17. Arah sasaran internet cenderung mengarah pada jaringan komputer dengan skala __ a. antarwilayah b. daerah e. antardesa C. global 18. Lalu lintas file di internet dapat meng gunakan media berupa __ a. akses internet b. gelombang elektromagnetik C. Telnet dan FTP d. kabel bawah laut e. jalur bawah tanah 19. Jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data adalah __ a. kabel koaksil b. motor servo C. kabel bawah laut Xx WiFi e. tethering

Apa manfaat enkripsi ketika mengirim pesan melalui gawai?

28. Perhatikan perintah berikut. [band] (power por chain [protocol] (number of chains] Kode yang menunjukkan range frekuensi yang digunakan wireless adalah __ a.band b. protocol power per chain d. number of chains e.keseluruhan dari perintah tersebut 29. Parameter yang digunakan untuk membatasi besaran input yang akan diterima oleh interfoce dan sering disebut juga dengan received adalah. __ a. Ax b. Rx Tx d. $Ux$ e. $D\times Q$ 30. Berikut yang bukan termasuk empat tipe interface pada metode HTB yang akan dilewati oleh paket yang ada pada MikroTikOS versi 5 atau RouterOS v5 adalah __ a. global-in b. global-out c. global-total d. global interface e. outgoing interface

B. Kerjakan soal-soal berikut! B. Kerjakan medalam penelitiannya kuantitatif dan penelitian gabungan atau disebut research). Deskripsikan alasan seorang peneliti memilih metode tersebut! 2. Buatlah contoh kuesioner tertutup mengenai gaya hidup hemat listrik di rumah! 3. Perhatikan ilustrasi berikut! NOTS Chandra dan kelompoknya ingin melakukan penelitian sosial tentang pembuatan konten TikTok yang dilakukan pelajar di lingkungan sekolah. Mereka membutuhkan banyak data dari tiap- tiap kelas untuk melakukan generalisasi guna mengetahui latar belakang pelajar melakukan tindakan tersebut. Apa metode penelitian yang sebaiknya digunakan oleh Chandra dan kelompoknya? Jelaskan dasar pendapatmu! 4. Jelaskan kelemahan teknik pengumpulan data melalui survei! 5. Jelaskan secara singkat perbedaan pengolahan serta analisis data kualitatif dan kuantitatif!

Ayo Berdiskusi! Jenis Aktivitas: Kelompok No Aktivitas: DS1-K12-03 1. Pada aktivitas ini kalian secara kelompok diminta untuk mendiskusikan bagaimana agar aplikasi media sosial yang kelompok kalian miliki bisa dimanfaatkan secara positif. Sebagai contoh kelompok kalian berdiskusi tentang pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan kegiatan ekstrakurikuler, mempromosikan majalah sekolah, menjual produk karya dari hasil kegiatan ekstrakurikuler atau tema apapun yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah. 2. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, buatlah daftar tentang apa saja yang bisa dilakukan pada masing-masing media sosial yang digunakan. 3. Selanjutnya coba buat paparan kreatif dengan menggunakan beragam peraga atau program aplikasi presentasi untuk menyampaikan hasil penelaahan di depan kelas dan diskusikan dengan teman-teman yang lain. 4. Jangan lupa untuk mencatat semua hasil penelaahan dan diskusi tersebut pada Jurnal Aktivitas Siswa.

8. Rilis perdana KWord pada Juni 2005 dan Januari 2011 dengan versi __ mengalami penyermpurnaan kembali 19 a. 2.3.0 b. 2.3.1 C. 2.3.2 d. 2.3.3 9. Kita dapat melakukan pencarian file dari jendela Explorer dengan cara menekan tombol pada toolbar yaitu __ a.Search b. Search Result C. Folders d. Find

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b, c, atau d pada jawaban yang benar! 1. Platiform pembelajaran pemrograman yang 9 menggunakan serupa dengan Scratch adalah __ a. Scratch b. Blockly Games C. Literasi numerik d. Modularisasi program 2. Berikut yang termasuk dalam literasi numerik dalam pemrograman adalah __ a. pembuatan program modular b. konversi sistem bilangan C. penggunaan antarmuka visual d. pembuatan hipotesis sains 3 Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah adalah __ a.modularisasi program b. literasi sains C. konversi sistem bilangan d. literasi numerik 4 Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit $0-9$ disebut __ a. bilangan biner b. bilangan oktal C. bilangan desimal d. bilangan heksdesimal 5. Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d 16 6. Bilangan biner menggunakan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d. 16 7. Blok perintah move (10) steps digunakan untuk __ a.memutar sprite searah jarum jam b. menggerakkan sprite ke arah mouse- pointer atau ke arah sprite lainnya C.menggerakkan sprite maju atau mundur d.guna menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage Sebuah robot penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut __ a. Arm robotic C. Humanoid b. Drone d. Manipulator Sebuah mesin buatan manusia yang mampu melakukan suatu pekerjaan baik secara otomatis maupun melalui remole control dikenal dengan istilah __ a. android C. ragum b. komputer d robot 10. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri dari karakter 0 (nol)dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan __ a. comportable language b. editorial language C. machine language d. tesktual language 11. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah __ a degrees b. C. to (1) d. - (E) degrees 12. Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah __ a. control C. motion b. events d sound 13. Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang- ulang disebut dengan __ C. a. sekuensial percabangan b.perulangan d. oriented 14. Perhatikan poin-poin berikut! (1)PHP (3) Variabel (2) Java. (4) $C++$ Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) C. (1),3), dan (4) d. (2)(3), dan (4) 15. Peran utama robot di era digital adalah __ a. mengurangi efisiensi operasional b. meningkatkan risiko kecelakaan C. memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan d.menghambat produktivitas keseluruhan

13 . Sistem tertanam membutuhkan perangkat keras yang dibangun dengan __ A mikroprosesor B . mikrobiologi C . mikroelektron D mikrofon E mikroorganisme fitur dalam Arduino , kecuali __ A.multiplatform environment B . memiliki tampilan dan fungsi yang bersifat intuitif dan mudah digunakan C. close source baik perangkat keras maupun perangkat lunak D . investasi yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan platform lain (dipandang dari segi biaya dan waktu pengembangan) E . sumber informasi luas karena banyak forum dan artikel yang telah membahas mengenai penggunaan arduino 14 . Berikut ini merupakan fitur-2 poin 2 poin

8. Berikut ini adalah software yang dapat pengolah table dan angka atau diistilahkan software "Spreadsheet" adalah __ a. Microsoft Office d. Microsoft Excel b. Microsoft Word e. Adobe indesign c. Microsoft Power Point 9. Jika sistem komputer dibangun dengan salah satu komponen yang disebut software . Maka berikut pernyataan yang benar dengan komponen software __ a. Bagian dari data yang diolah menjadi informasi. b. Perangkat penghubung antara output dan input sistem. c. Perangkat penghubung antara hardware dan software d Data yang diprogram dan diformat secara digital sebagai penghubung antara hardware dan brainware e. Data yang diprogram dan diformat secara digital sebagai penghubung antara hardware dan software.