AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI

Bantuan Tugas Teknologi Informasi

Bantuan tugas teknologi informasi dapat memberikan pengguna informasi yang sangat berkualitas mengenai perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat data informasi yang sangat terperinci dan terkategorisasi, dan perangkat lunak ini sendiri tidak memiliki izin untuk menggunakannya, sehingga semua orang dapat menikmati teknologi sepenuhnya.

Menariknya, ini juga merupakan organisasi konten yang sangat baik untuk teknologi dan kehidupan. Ini menghubungkan pengguna dan merek untuk menghasilkan konten yang menarik dan profesional. Ini mencakup informasi teknis, tinjauan mendalam, tips keterampilan, dan pengalaman produk, dll. Ini memiliki format konten grafis, video, dan infomercial, dan mencakup platform media baru utama.

$\square $ Mark for Review 14. Dari pelajaran Alice Anda , instruksi pemrograman mana yang mewakili gerakan berikut:Seekor penyu bergerak maju separuh jarak ke bunga. (1) Points this.Turtle move Forward this.Turtle getDistanceTo this.Flower 2 this.Turtle move Forward this .Turtle getDistanceTo this.Flower / 0.5 this.Turtle move Forward this .Turtle getDistanceTo this.Flower 11.0 this.Turtle move Forward this Turtle getDistanceTo this.Flower /2.0 $\square $ Mark for Review 15. Dari pelajaran Alice Anda , fungsi bawaan menyediakan detail properti yang tepat untuk bidang -bidang berikut: (1) Points Jarak dan pengumpulan. Kedekatan dan ukuran. Kedekatan dan sudut pandang. Kedekatan ukuran hubungan spasial, dan sudut pandang.

12. Konversi bilangan biner dari bilangan desimal 90 adalah __ A. 110010 C. 101110 B. 100111 D. 1011010 13. Bentuk bilangan heksadesimal dari bilangan biner 1110001 adalah __ A. 51 C. 61 B. 71 D. 41 14. Sistem bilangan ini digunakan untuuk memberi kode warna di dunia computer. Berikut yang menyatakan sistem bilangan dengan besaran 14 adalah __ A. B C. D B. C D. E 15. Teknologi perangkat lunak yang diciptakan sedemikian rupa sesuai kebutuhan suatu tugas maupun pekerjaan yang ada. Perangkat lunak ini menjadi alat pada computer yang umumnya ada dengan tujuan membantu untuk meringankan sebuah pekerjaan manusia disebut __ A. Aplikasi C. Program B. Perangkat lunak D. Worksheet 16. Setelah selesai membuat dokumen, tentunya dokumen tersebut akan disimpan di dalam folder komputer. Ikon yang digunakan adalah __ A. Save C. Open B. Save As D. Print 17. Paket aplikasi perkantoran yang digunakan untuk menunjang produktivitas adalah __ A. Ms. Word, Ms Excel, Ms. Edge C. Ms. Word, Ms . Excel, E-mail B. Ms. Word, Ms Excel, Ms. Power Point D. Ms. Word, Ms Excel, Spreadsheet 18. Untuk mengelola ekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain, yang utamanya berisi teks dan gambaar menggunakan aplikasi __ A. Aplikasi pengolah paint C. Aplikasi pengolah lembar kerja B. Aplikasi pengolah presentasi D. Aplikasi pegolah kata 19. Menyalin tekss atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan merupakan fitur __ A. Copy C. Paste B. Cut D. Save 20. Selain tombol PrtScr.untuk menangkap atau mengambil layar pada Windows menggunakan tools __ A. Snipping tool C. Calculator B. Notepad D. Calender 21. Gerbang logika dasar utama terdiri atas __ A. AND, OR, NOR C. OR, AND, NOT B. XOR, XNOR, NAND D. AND, NOR, NOT 22. Gerbang logika yang terdiri dari gerbang AND dan NOT disebut __ A. Gerbang logika NAND C. Gerbang logika XOR B. Gerbang logika NOR D. Gerbang logika XNOR 23. Sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer,berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah yaitu __ A. Brainware C. Software B. Hardware D. Security

"Ibu Susi adalah seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar . Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods)yang melibatkan survei terhadap 150 guru, wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah, serta observasi langsung di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi antara guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa . Sebelum memulai pengumpulan data, Ibu Santi merancang instrumen penelitian seperti kuesioner,panduan wawancara, dan lembar observasi. la juga menetapkan jadwal pelaksanaan pengumpulan data dan meminta izin dari pihak sekolah untuk melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan studi kasus tersebut,jelaskan tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Susi untuk mendapatkan

5.Dalam perusahaan $IP192.168.1.0/25$ dan IP tersebut akan dibagi ke dalam empat (4) bagian $DivisiAkutansi=50host,divisiManager=15host,$ divisi $StafU\quad Umum=30\quad host$ dan divisi $General\quad Manager=6host.$ Tentukanlah network address, range IP dan broadcast address pada setiap bagian yang telah ditentukan menggunakan VLSM! Jawaban: __ ..................................

kumpulan instruksi dan data Perangkat lunak adalah yang dikerjakan oleh komputer . Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras. Perangkat lunak berisi perintah dari pengguna , dan perangkat keras yang akan melaksanakan perintah tersebut secara nyata. Perangkat lunak terdiri atas program, library (kumpulan program kecil , dan data yang berhubungan dengan perangkat lunaktersebut, seperti dokum entasi, media digital , dan lainnya .Berikut ini yang termasuk dalam perangkat lunak adalah __ Keyboard, Mouse , Speaker Ms Word, Ms Excel ,Ms Powerpoint Mouse, Ms Word , printer Ms Word, Ms Excel , CPU 2 poin

1. Ketajaman warna grafis berbasis bitmap sangat ditentukan oleh faktor. __ a. tingkat kerapatan titik b. titik koordinat c. banyaknya pixel warna d. tingkat kehalusan layar e. kecanggihan program aplikasi 2. Jenis grafis yang cocok pada kondisi monitor apapun adalah __ a. bitmap c. vektor b. bitmap dan vektor d. foto e. rasterize 3. Dokumen grafis berbasis bitmap memiliki ekstensi di bawah ini, kecuali __ a. bmp c. gif b. .jpg e. tif d. cdr 4. Berikut ini adalah salah satu program aplikasi grafis berbasis vektor adalah __ a. Adobe Photoshop c. CorelDRAW b. Flash d. Macromedia Dreamweaper e. Gif Animation 5. Dokumen yang dibuat dengan CoreIDRAW mempunyai ekstensi __ a. cdr c. jpeg b. jpg d. pix 6. Kumpulan ikon yang berguna untuk melakukan proses desain atau editing disebut. __ a. meu bar c. control bar b. toolbar d. scroll bar e. toolbox 7. Ikon atau tombol Navigasi yang berguna mengontrol halaman secara cepat adalah __ a. page control c. toolbox b. windows box d. rulers e. scroll bar

Pilitiah salah satu jawaban yang benar! 1. Landasan berpiki yang digunakan dalam belajar informatik __ berpikir komputasional 6. berpikir logis d berpikir komputerisasi 2 Berikut ini yang bukan karakteriotik berpikir komputasions adalah __ ra mampu memecahkan masalah mampu menganalisis data C. mampu melaksikan represer itsist data melalui abotraksi d mampu memecahkan massish yang rumit dengan cara yang Susah 3 k seseorang dalam memecah kan masalah dengan mengambil konsep/metode sepert seorang ahli teknologi informasi adalah __ a. augmented intellegent b. augmented reality C. computational thinking d artificial intellegent 4. Berikut ini yang bukan metode berpikir komputasional adalah __ a. algoritma b. komposisi C. abstraksi d. dekomposisi 5. Urutan langkah -langkah kegiatan yang disusun secara logis dan masalah disebut __ sistematis untuk menyelesaikan a. pemrograman b berpikir kritis algoritma d.abstrak

$\square $ Mark for Review 11. Di Alice , pemrograman yang berbeda tidak diperlukan untuk objek yang berbeda , karena semua objek bergerak dengan sama . TRUE atau FALSE? (1) Points TRUE FALSE 12. Gaya pegang mana yang akan digunakan untuk memutar subbagian objek sumbu x,y, dan z? $\square $ Mark for Review Rotasi (1) Points Default Penerjemahan Ubah ukuran $\square $ Mark for Review 13. Saat Anda mengedit properti objek di editor Adegan , perubahan tidak berpengaruh hingga tombol Jalankan diklik . TRUE atau FALSE? (1) Points TRUE FALSE

19. CPU memiliki tugas utama dalam mengolah data berdasarkan __ a. Intruksi b. Interupsi c. Klasifikasi d. Komunikasi 20. Penghubung antara perangkat keras (Hardware) dengan perangkat lunak (SoftWare) adalah __ a. File system(berkas) b. Prossesor (CPU) c. Sistem Operasi d. Schedule task 21. Cara mengurutkan data secara cepat menggunakan perintah __ a. Data Short b. Home-sort c. Sort-Descending d. Sort-Data-Home

Apa yang dimaksud dengan konsistensi 4 poin dalam konteks keandalan data? Data yang tidak berubah dari waktu ke waktu Data yang selalu menghasilkan hasil yang sama dalam pengukuran Data yang dapat dipercaya oleh semua orang Semua data yang dikumpulkan dari sumber yang sama