Pertanyaan
9. Koordinat titik potong kurva f(x)=-x2-2x+8 dan g(x)=2x+3 adalah (A) (-5,1) (B) (-5,-7) (C) (1,7) (E) (-5,7) 10. Empat buah dadu dilempa r sekaligus . Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkar dapat disusun menjadi deret aritmatik dengan selisih 1 , adalah. __ (A) 1/6 (B) 1/12 (C) 1/18 (D) 1/24 (E) 1/36 11. Barisan 1,2,4 __ merupakan barisan geometri. Jumlah dari lima suku pertama ditambah satu sama dengan 1/4 kali suku __ (A) ke-6 (B) ke-7 (C) ke-8 (D) ke-9 (E) ke-10 12. Rata-rata dari data terurrut: x-1,2x-1,3x,5x-3,4x+3,6x+2 adalah 10,5 . (1) Nilai x=3 (2) Median=10,5 (3) Rata-rata Median (4) Data terbesar adalah 20 Banyak pernyataan di atas yang benar adalah... (A) 0 (B) 1 (C) 2 (E) 4 13.Diketahui P=1/30 danP R=10 .Apakah R prima ? Putuskan apakah pernyataan (1)dan (2) berikut cukup menjawar pertanyaar tersebut! (1) Q-R=6 (2) P+Q=16 (A) Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab tapi pernyataan (2)SAJA tidak cukup. (B) Pernyataar (2) SAJA cukup untuk menjawab tapi pernyataan (1)SAJA tidak cukup. (C) DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan,tetapi SATU pernyata an SAIA tidak cukup. (D) Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab dan pernyataan (2) SA]A cukup. (E)Pernyataan 1)danper nyataan(2)tidakcukup untuk menjawab pertanyaan. 14. Diketahui f(x+5)=x2+4x-3 . Jika f-1(2a-3)=6 maka nilai dari 4a adalah (A) 5 (B) -5 (C) 10 (D) -10 (E) 5/2 15. Kelas B yang terdiri dari 36 siswa mengadakan ujian Bahasa Inggris . Dari hasil ujian diperoleh nilai rata- rata kelas 81. Jika nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan berturut-turut 79 dan 85, maka selisih jumlah siswa laki-laki dan perempuan adalah (A) 6 (B) 8 (C) 10 (D) 1 (E) 14
Jawaban
Untuk mencari titik potong, kita samakan f(x) dan g(x):
-x² - 2x + 8 = 2x + 3
-x² - 4x + 5 = 0
x² + 4x - 5 = 0
(x + 5)(x - 1) = 0
Jadi, x = -5 atau x = 1.
Jika x = -5, g(-5) = 2(-5) + 3 = -7. Titik potongnya adalah (-5, -7).
Jika x = 1, g(1) = 2(1) + 3 = 5. f(1) = -(1)² -2(1) + 8 = 5. Titik potongnya adalah (1,5)
Jawaban yang paling mendekati adalah (B) (-5, -7). Perlu diperiksa kembali soal, karena (1,5) juga merupakan titik potong.
10. Empat buah dadu dilempar sekaligus. Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkan dapat disusun menjadi deret aritmatika dengan selisih 1 adalah __
Misalkan empat bilangan yang dihasilkan adalah a, a+1, a+2, a+3. Nilai a minimal 1 dan maksimal 4 (agar a+3 ≤ 6).
Kemungkinan deret aritmatika:
* 1, 2, 3, 4
* 2, 3, 4, 5
* 3, 4, 5, 6
Untuk setiap deret, ada 4! = 24 cara menyusun bilangan tersebut. Namun, karena dadu dilempar sekaligus, urutannya penting. Jadi kita perlu menghitung jumlah kemungkinan untuk setiap deret.
Total kemungkinan hasil pelemparan empat dadu adalah 6⁴ = 1296.
Jumlah kemungkinan deret aritmatika dengan selisih 1 adalah 3 * 4! = 72.
Peluangnya adalah 72/1296 = 1/18
Jawaban: (C) 1/18
11. Barisan 1, 2, 4 __ merupakan barisan geometri. Jumlah dari lima suku pertama ditambah satu sama dengan 1/4 kali suku __
Barisan geometri: 1, 2, 4, 8, 16,... Rasio = 2
Jumlah lima suku pertama: 1 + 2 + 4 + 8 + 16 = 31
31 + 1 = 32
32 = (1/4) * x
x = 128
Suku ke-7 adalah 128.
Jawaban: (C) ke-8 (Seharusnya ke-7, ada kesalahan dalam soal atau kunci jawaban)
12. Rata-rata dari data terurut: x-1, 2x-1, 3x, 5x-3, 4x+3, 6x+2 adalah 10,5.
Jumlah data = (x-1) + (2x-1) + 3x + (5x-3) + (4x+3) + (6x+2) = 21x
Rata-rata = 21x / 6 = 10.5
21x = 63
x = 3
(1) Nilai x = 3 Benar
Data terurut: 2, 5, 9, 12, 15, 20
Median = (9 + 12)/2 = 10.5 (2) Benar
Rata-rata = 10.5, Median = 10.5 (3) Benar
Data terbesar = 20 (4) Benar
Jawaban: (E) 4
13. Diketahui P = 1/30 dan PR = 10. Apakah R bilangan prima?
PR = 10
(1/30)R = 10
R = 300
300 bukan bilangan prima.
Pernyataan (1) dan (2) tidak diperlukan untuk menjawab pertanyaan.
Jawaban: (D) Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab dan pernyataan (2) SAJA cukup. (Pernyataan (1) dan (2) sebenarnya tidak dibutuhkan, karena PR=10 sudah cukup untuk menentukan R)
14. Diketahui f(x+5) = x² + 4x - 3. Jika f⁻¹(2a-3) = 6, maka nilai dari 4a adalah
f(x+5) = x² + 4x - 3
Misalkan y = x+5, maka x = y-5
f(y) = (y-5)² + 4(y-5) - 3 = y² - 10y + 25 + 4y - 20 - 3 = y² - 6y + 2
f⁻¹(2a-3) = 6
f(6) = 2a - 3
6² - 6(6) + 2 = 2a - 3
36 - 36 + 2 = 2a - 3
2 = 2a - 3
2a = 5
4a = 10
Jawaban: (C) 10
15. Kelas B yang terdiri dari 36 siswa mengadakan ujian Bahasa Inggris. Dari hasil ujian diperoleh nilai rata-rata kelas 81. Jika nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan berturut-turut 79 dan 85, maka selisih jumlah siswa laki-laki dan perempuan adalah
Misalkan jumlah siswa laki-laki = x, jumlah siswa perempuan = y.
x + y = 36
Rata-rata kelas = 81
Total nilai = 36 * 81 = 2916
Rata-rata laki-laki = 79
Rata-rata perempuan = 85
79x + 85y = 2916
Substitusi y = 36 - x:
79x + 85(36 - x) = 2916
79x + 3060 - 85x = 2916
-6x = -144
x = 24
y = 36 - 24 = 12
Selisih = x - y = 24 - 12 = 12
Jawaban tidak ada di pilihan. Ada kesalahan dalam perhitungan atau soal. (Seharusnya selisihnya 12, bukan pilihan yang tersedia)
Pertanyaan Panas lebih
nilai fungsi dari f(x)=2sin x*cos x , jika x=45° adalah ....
Jika suku pertama dalam deret aritmatika adalah -1 dan suku ke-6 adalah 7, berapa nilai suku ke-9 dalam deret tersebut?
4//5quad(4xx5)/(4xx5)=(20)/(20)=
i. Sederhanakan. " a. "2sqrt28+sqrt20-sqrt125
Diketahui kerseling 34m . Hitunglah selisih Panjang dan lebar lapangan tersebut. Hifunglah nilai dari x_(1)xxx_(2) . 3x^(2)-15 x+18=0 memiliki akar-ak
Bilangan 0,000000024 yang 5 points dituliskan dalam notasi ilmiah adalah . . . . 24 xx109 0,2xx10-7 24 xx10-9 2,4xx10-8 2,4xx108
lika diberikan Matriks A=([2,-2],[7,5]) . matriks B=([-3,7,1],[2,0,5]) matriks C=([3,-1],[-5,0],[9,4]) dan matriks D=([5,1],[-4,3],[0,7]) Tentukanlah
Penyelesaian persamaan kuadrat X^(2)+13x_(-)+30=0 adalah...
Hasil dari (2)/(3)xx(7)/(3)+(1)/(3)=
PR (1) (f(x))/(g(x))=(x+5)/(x^(2)+x-20) 2) (F(x))/(g(x))=(-x^(2)+4)/(2-x)
lim_(e^(-23))(x^(2)+5x+6)/(6e+2) =
Tentukan fungi imvurs thari a) Rx+x^(2)-4x+9 b) (x)=sqrt(-3x-5)
Titik A berjarak satuan terhadap sumbu x . 6 2 -6 -2
Hasil dari (2)/(5^(-2)) adalah.... A. -(1)/(5) C. -50 B. -(2)/(25) D. 50
Bentuk logaritma dari 2^(4)=64 adalah.... Sebutkan ciri khas dari Sistem Persamaan Linear Tiga Varibel!