Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
d. Salman Al-Farisi e. Umar bin Khattab 18. Perjanjian Hudaibiyah terjadi kurena .... __ b. Kaum muslim dilarang masjik ke kota Mekkah a. Kaum Kafir Quraisy dilarung masuk ke kota mekkah d. Kaum berjualan di kota c. Kaum kafir Quraisy berjualan di kota Mekkah Mekkah e. Kaum muslim dihina di kota Mekkah 19. Selain "Ukaz masih ada pasar yang dijadikan tempat berkumpulnya para penyair yaitu pasar a. Zul Majaz dan Ahlul Hadhar b. Zul Majaz dan Khithabah c. Majimnah dan Khithabah d. Majinnah dan Zul Majaz e. Majinnah dan baitul Himah 20. Apakah yang membedakan Nabi Muhammad dengan nabi lainnya __ a. Nabi Muhammad rajin bertafakuur dibandingkan nabi lainnya b. Nabi Muhammad sangat sabar dan tidak mau memohonkan Azab bagi kaumnya yang membangkang sedang nabi yang lain memohonkan Azab c. Nabi Muhammad sangat rajin ibadah dibanding nabi yang terdahulu d. nabi lainnya memiliki mukjizat yang beragam nabi muhammmad hanya al-Quran e. Nabi Muhammad diutus untuk menghadapi kaum quraisy saja dan nabi lainnya untuk kaumnya juga 21. Di kota Mekkah pusat perdagangan, yaitu pasar Ukaz, yang dibuka pada bulan -bulan a. Rabiul Awal, Zulhijjah dan Muharram b. Safar, Zulhijjah, dan Muharram c. Zulqa'dah, Zulhijjah dan Muharram d. Rabiul Akhir, Zulhijjah dan Safar e. Zulqa'dah, Rabiul Akhir dan Muharram 22. Nabi Muhammad saw.mendapat wahyu pertama pada usia __ tahun a. 60 b. 40 c. 30 d. 20 e. 50 23. Salah seorang paman Nabi Muhammad saw. yang memusuhinya adalah __ a. Abu Jahal b. Abu Bakar d. Abu Lahab e. Abu Utsman c. Abu Thalib 24. Strategi dakwah Nabi Muhammad periode Mekkah adalah __ a. Sangat terang-terangan b. Seruan umum c. Sembunyi dan terang -terangan d. Sembunyi dan rahasia e. Sirriy ah dan sembunyi -sembunyi 25.Pasukan Muslim dan Pasukan kafir Quraisy dalam perang Badar adalah __ a. 300 dan 700 b. 100 dan 300 c. 300 dan 1000 d. 300 dan 500 e. 200 dan 700
1. Jelaskan tujuan dibentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)! 2. Jelaskan makna penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! 3. Jelaskan secara singkat mengenai Pertempuran Ambarawa! 4. Jelaskan peran Jenderal Soedirman dalam usaha mempertahankan kemerdekaan! 5. Tulislah hasil Konferensi Meja Bundar (KMB)! 6. Jelaskan cara menghargal jasa para pejuang yang telah mempertahankan kemerdekaan! 7. Tulislah isi Dasasila Bandung! 8. Jelaskan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN! 9. Jelaskan tujuan berdirinya organisasi APECI 10. Apa saja sikap dan perilaku mempertahankan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia?
9. Tujuan didirikannya organisasi Gerakan Non-Blok adalah untuk meredakan ketegangan dunia antara __ dan __
1. Bangsa Arab sebelum datangnya Islam gemar memuja __ a. Allah swt b. Malaikat c. Berhala d. Nabi e. Rasul 2. Nama berhala besar yang diletakkan disamping Ka'bah untuk disembah dan diagung-agungkan adalah __ a. Latta b. Hubal c. Uzza d. Manna e. Zeus. 3. Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad saw adalah __ a. Surah Al-Fatihah ayat 1-7 b. Surah Al-Alaq ayat $1-5$ c. Surah Al-Mudatsir $1-3$ d. Surah Al-Hijr ayat 94 e. Surah Al-Alaq ayat 1-3 4. Yang menjadi dasar dalam persaudaraan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar adalah. __ a. Perasaan kasihan dan kemanusiaan b. Tolong-menolong sesama manusia c. Persamaan iman d. Persamaan hak dan kewajiban dalam bermasyarakat e. Persamaan senasib dan sepenanggungan 5. Firman Allah swt.yang mengatakan bahwa Abu Lahab kelak akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka). Terdapat dalam surah __ a. Al-Mudatsir ayat $1-5$ b. Al-Hujurat ayat 13 c. Al-Alaq ayat 1-5 d. Al-Hijr ayat 94 e. Al-Lahab ayat $1-5$ 6. Faktor yang mendorong kaum kafir Quraisy menentang seruan Islam adalah, kecuali __ a. Tidak ingin berbuat baik b. Taklid kepada ajaran nenek moyang c. Faktor ekonomi d. Persaingan berebut kekuasaan e. Penyamaan hak antara kaum bangsawan dengan rakyat biasa 7. Perang yang dilatarbelakang akibat kekalahan kaum kafiri Quraisy dalam perang Badr adalah __ a. Perang Ahzab b. Perang Badar c. Perang Khandaq d. Perang Uhud e. Perang Nizar
27. Kebudayaan zaman neolitikum masuk ke Indonesia melalu jalur barat, yaitu memasuki Indonesia melalui __ a. Filipina b. Papua c. Semenanjung Malaya d.Sulawesi e. Maluku 28. Kebudayaan zaman neolitikum masuk ke Indonesia melalui jalur barat, adalah. __ a. Kapak lonjong b. Kapak bahu c. Kapak corong d. Kapak persegi e. Beliung persegi 29. Bentuk tubuhnya tegak dan keningnya sudah tidak menonjol. Mereka hidup dari 900.000 sampai 200 .000 tahun yang lalu Adalah ciri-ciri manusia jenis __ a. Megantropus Palaejavanicus b. Homo Soloensis c. Homo Mojokertensis d. Pithecanthropus Ereectus e. Pithecanthropus Robustus 30. Salah satu peninggalan neolithikum adalah __ a. Kapak gengam b. Kapak perimbas c. Ujung mata panah d. Abris sous rache e. Kapak lonjong 31. Suku di Indonesia yang tergolong Proto Melayu adalah __ a. Dayak b. Jawa c. Sumatra d. Bali e. Madura 32. Peninngalan pada masa berburu dan menggumpulkan makanan adalah __ a. Lukisan pada dinding goa b. Terciptanya animism dan dinamisme c. Mulai menanami lahan pertanian d. Kemahiran dalam menggolah logam e. Kepercayaan terhadap roh -roh 33. Hasil kebudayaan pada zaman perundingan, kecuali __ a. Kapak corong b. Chandrasa c. Nekara perunggu d. Bejana perunggu e. Kapak lonjong 34. Ciri-ciri hasil budaya pada zaman Mesolothikum adalah __ a. Batunya kasar b. Belum dibentuk c. Batunya agak halus d. Batunya sudah halus e. Dibentuk sesuai kebutuhan 35. Suku di Indonesia yang termasuk Deutro Melayu Muda adalah __ a. Lombok b. Nias c. Papua d. Jawa e. Dayak
17.Yang mendapat julukan sebaga bapak sejarah ( The Father of History ) adalah __ a. Ptolomeuz b. Herodotus c. Socrates d. Plato e. Aritoteles 18. Sejarah dikatakan sebagai Ilmu Karena memiliki objek yaitu. __ a. Peninggalan-peninggalar kuno b. Fosil manusia purba c. Alat-alat peninggalar manusia purba d. Kejadian-kejadian masa lalu e. Bekas-bekas kerajaan tua 19. Unsur - unsur penting dalam peristiwa sejarah terdiri dari manusia, ruang dan waktu Dalam hal ini sejarah menempatkan manusia sebagai a. Penggerak sejarah b. Pelaku sejarah c. Perusak sejarah d. Penggagas sejarah e. Penemu sejarah 20. Salah satu karasteristik sejarah sebagai ilmu adalah bersifat empiris. Maksudnya adalah __ a. Selalu dapat teruji sejalan dengan pengalaman manusia di masa lalu b. Pengalaman manusia dapat dijadikan sebagai renungan c. Berkaitan dengan masalah yang telah lampau d. Berkaitan dengan segala hal yang pernah dialami oleh semua hal e. Berkaitan erat dengan pengalaman manusia yang benar - benar terjadi 21. Manusia purba tertua yang terdapat di Indonesia adalah __ a. Pithencantropus Paleojavanicus b. Pithencantropus Mojokertensis c. Megantropus Paleojavanicus d. Homo Soloensis e. Homo Wajakensis 22. Tokoh pertama kali yang menemukan fosil manusia purba di Indonesia adalah __ a. Van Koenigwald b. Eugene Dubois c. Salenka 23. Megantropus Paleagjavanicus ditemukan oleh Van Koenigwald yang berada di daerah __ a Mojokerto b. Wajak c Sanggiran d. Ngandong e. Solo 24. Kebudayaan zaman neolitikum masuk ke Indonesia melalui jalur barat, yaitu memasuki Indonesia melalui __ a. Filipina b. Maluku c. Papua d. Sulawesi e. Semenanjung Malaya 25. Hasil kebudayaan pada zaman Palaeolithikum, kecuali __ a. Ujung mata panah b. Kapak lonjong c. Perhiasan d. Gerabah e. Kapak gengam 26. Nenek moyang bangsa Indonesia datang pertama diperkiran pada tahun __ SM a. 1500 b. 2000 c. 2500 d. 1700 e. 300
3. Bagaimana peran lembaga pendidikan dalam pemanfaatan SDA? __ 4. Sebutkan beberapa contoh lembaga keluarga!
17.Yang mendapatjulukan sebaga bapak sejarah ( The Father of History )adalah __ a Ptolomeuz b. Herodotus c. Socrates e. Aritoteles 18. Sejarah dikatakan sebagai Ilmu Karena memiliki objek yaitu. __ a. Peninggalan -peninggalan kuno b. Fosil manusia purba c. Alat-alat peninggalan manusia purba d. Kejadian-kejadian masa lalu e. Bekas-bekas kerajaan tua 19. Unsur - unsur penting dalam peristiwa sejarah terdiri dari manusia, ruang dan waktu. Dalam hal ini sejarah menempatkan manusia sebagai a. Penggerak sejarah b. Pelaku sejarah c. Perusak sejarah d. Penggagas sejarah e Penemu sejarah 20. Salah satu karasteristik sejarah sebagai ilmu adalah bersifat empiris. Maksudnya adalah __ a. Selalu dapat teruji sejalan dengan pengalaman manusia di masa lalu b. Pengalaman manusia dapat dijadikan sebagai renungan c. Berkaitan dengan masalah yang telah lampau d. Berkaitan dengan segala hal yang pernah dialami oleh semua hal e. Berkaitan erat dengan pengalama manusia yang benar -benar terjadi 21. Manusia purba tertua yang terdapat di Indonesia adalah __ a. Pithencantropus Paleojavanicus b. Pithencantropus Mojokertensis c. Megantropus Paleojavanicus d. Homo Soloensis e. Homo Wajakensis 22. Tokoh pertama kali yang menemukan fosil manusia purba di Indonesia adalah __ a. Van Koenigwald b. Eugene Dubois c. Salenka d. Teuku Jacob e. Van Reitschotten 23. Megantropus Paleaojavanicus ditemukan oleh Van Koenigwald yang berada di daerah __ a. Mojokerto b Wajak c Sanggiran d. Ngandong 24. Kebudayaan zaman neolitikum masuk ke Indonesia melalui jalur barat, yaitu memasuki Indonesia melalui __ a. Filipina b. Maluku c. Papua d. Sulawesi e. Semenanjung Malaya 25. Hasil kebudayaan pada zaman Palaeolithikum, kecuali. __ a. Ujung mata panah b. Kapak lonjong c. Perhiasan d. Gerabah e. Kapak gengam 26. Nenek moyang bangsa Indonesia datang pertama diperkiran pada tahun __ SM a. 1500 b. 2000 c. 2500 d. 1700 e. 300
9. Sejarah dapat dipandang sebagai karya seni. Maksudnya __ a. Mirip sekali dengan dongeng b. Tak berbeda dengan cerita fiksi c. Penyimpulan dan penulisan suatu peristiwa sejarah erat dengan kaidah dan keindahan Bahasa d. Merupakan karya seniman e. Pengisahan sejarah bukan hal yang fiktif 10. Yang merupakan sumber sejarah berbentuk dokumen, kecuali __ a. Catatan pribadi b. Notulen rapat d. Prasasti e. Laporan 11 I gambar disamping adalah gambar sumber sejarah yang berbentuk __ a. Catatan pribadi b. Prasasti c. Candi d. Laporan e. Makam 12. Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi tiga yaitu __ a. Sumber premier, sekunder dan tersier b. Sumber lisan, tertulis dan tidak tertulis c. Sumber documenter, tulis dan tidak tertulis d. Sumber sumber doc umenter, artefak dan lisan e. Sumber artefak, primer dan sekunder 13. kesaksisan dari seorang saksi dengan mata kepala sendri atau saksi dengan menggunakan pancaindra lain atau dengan alat mekanis yang hadir pada peristiwa itu (saksi pandangan mata) dinamakan sumber __ a. Sumber primer c. Sumber tersier d. Sumber sejarah e. Sumber tidak tertulis 14. Kesaksian dari siapapun yang bukan merupakan sak si pandangan mata, seseorang yang tidak hadir pada peristiwa yang dinamakan sumber __ a. Sumber primer b. Sumber sekunder c. Sumber tersier d. Sumber sejarah e. Sumber tidak tertulis 15. Mata uang termasuk sumber sejarah yang termasuk dalam __ a. Sumber artefak b. Sumber sejarah c. Sumber primer d. Sumber sekunder e. Sumber tersier 16. Bangunan bersejarah masa islam adalah makam. Makam Islam tertua adalah makam Fatimah Binti Maimun. Makam termasuk dari __ a. Sumber artefak b. Sumber sejarah c. Sumber primer d. Sumber tersier e. Sumber sekunder
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B , C, D atau E dibawah ini 1. Sejarah berasal dari Bahasa Arab" Syajaratun "yang berati __ a. Akar b. Batang c. Daun e. Ranting 2. Pentingnya seseorang belajar sekarah adalah __ a. Mengetahui dan memaham i suatu peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu dan tidak memiliki arti apapun dalam kehidupannya. b. Mengetahui dan meme ahami suatu peristiwa yang sudah terjadi akan memberikan dampak terhadap kejadian saat ini dan akan mempengaruhi masa depan c. Mengetahui suatau peristiwa yang telah terjadi dimaknai untuk menggingat tahun kejadiannya d. Memahami suatu peristiwa yang terjadi sebagai peristiwa tunggal dalam suatu waktu e. Memahami peristiwa masa lalu sebagai suatu relasi Antara manusia denan manusia lainnya. 3. Bahasan pada sejarah adalah hubungan manusia dengan waktu yang berkelanjutan, maka sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi __ a. Masa lalu b. Masa kini c. Masa depan d. Masa lalu dan masa kini e. Masa lalu, masa kini dan masa depan 4. Untuk menggungkapkar kehidupan masa lampau, sejarah telah merumuskan kedalam enam pertanyaan. Salah satunya adalah how yang berate menunjuk kepada __ a. Tempat terjadinya peristiwa b. Tokoh atau orang yang terlibat dalam peristiwa c. Waktu terjadinya peristiwa d. Menunjuk pada peristiwa yang terjadi pada masa lampau e. Menunjuk pada proses terjadinya peristiwa 5. Sejarah adalah suatu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara istematis keseluruh perkembanga masyaraka serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian - kejadiannya pendapat __ a. Roeslan Abdulgani b. Moh. Yamin c. Thomas Carlyle d. Ibnu Kaldun e. R. Moh Ali 6. Salah satu alasan sejarah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia karena __ a. Sejarah sebagai alat mengenang manusia b. Sejarah berkembang disekitar kehidupan manusia c. Sejarah mempelajari peristiwa masa lalu manusia d. Manusia menjadi subjek dari sebuah peristiwa sejarah e. Peristiwa sejarah tidak akan pemah berhenti 7. Secara praktis, kata sejarah sering dipahami dalam empat pengertian ruang lingkup, yaitu sebagai. __ a. Mitos, dongeng, kisah dan kronik b. Cerita, legenda, dongeng ,dan babad c. Kisah, ilmu, cerita rakyat, dan kronik d. Kenang-kenangan kisah, ilmu dan seni e. Peristiwa, kisah, ilmu, dan seni 8. Perhatikan informasi berikut: 1. Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti dapat dibuktikan kebenarannya 2. Sejarah menceritakan peristiwa yang benar - benar terjadi 3. Sejarah menceritakan peristiwa peristiwa masa lampau 4. Sejarah bertujuan memberi legimitasi kekuasaan kepada para pejabat 5. Semua peristiwa sejarah dapat menjadi panutan serta pedoman bagi pembacanya Berdasarkan informasi tersebut, ciri - ciri sejarah sebagai ilmu adalah __ a. 1,2,dan 4 b. 1,2,dan 5 c. 2,3,dan 4 d. 12, dan 3 e. 3,4,dan 5