Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
Pertanyaan 14 Ya Menurutmu apakah kebijakan Politik Etis mempengaruhi kemunculan Prinses Juliana School? $\square $ Tidak Ungkapkan pendapatmu: Jelaskan perbedaan Prinses Juliana School pada masa Hindia Belanda pendudukan Jepang do kemerdekaan.
SEBAB hangunan-bangunan lain. bangunan lain...... menggunakannya dalam pembengunan jombana, manusias, serto 18. Peradaban Maya, Artek dan Inca berkembang di Benus Amerika myatis dalam wakni bersamaan. SEBAB Keriga bangsa ini berasal dari asal-usul yang sama.hampa berbeda lakan geografin. 39. Suku Maya adalah suku bangsa pertama di Benua Amerika yang mengenal nilian SEBAB Suku Artek dan Inca baru mengenal tulisan serelah diperkenalkan oleh muku Maya. 40. Suku Aztek adalah satu-satunya suku di Benua Amerika yang mengembangkan sekolah formal yang wajib untuk semua anak. SEBAB Pendidikan dianggap penting apa dapat mengejar kecertinggalan dari nuku-suku hangsa lain di Amerika pada waktu itu. III. Esai alasan utama tidak memaksakar budaya Yunani dipraktikkan di Mesir, malahan membuat perpaduan antara budaya Yunani dan Mesir? Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar. 2. Jelaskan hasil kebudayaan yang berkembang pada masa pra-Sumetia dan pra-dinasti di Mesir. kondisi sosial-ekonomi-politik di Mesir yang mendorong bangsa Romawi menaklukkan Mesir yang saat itu berada di bawah kekuasaan Cleopatra VII. 4. Jelaskan perkembangan demokrasi di bawah Kleisthenes dan di bawah Pericles. 5. Jelaskan perbedaan penting antara polis Athena dan polis Sparta. 6. Jelaskan latar belakang Perang Yunani-Persia. Jelaskan arti dan fungsi lembaga-lembaga berikur: Ecdesiti Heliaia, dan Boule. Sebutkan dan jelaskan riga hasil pemikiran politik para filsuf Yunani yang menurut Anda Selash relevan bagi dunia politik Indonesia saat ini. Identifikasilah hasil kebudayaan yang berkembang di YuNus yang memiliki kemiripan dengan kebudayaan yang berkembang di Nusantara. 10. Jelaskan bahwa penduduk Lembah Sungai Indus telah mengembangkan sistem ansiektur drainase yang baik. 11. Jelaskan istilah-istilah berikut: rulang ramalan, tentara terakota, macuabuili, capachocha. moray. 12. Apa tujuan utama pembangunan Tembok Besat Tiongkok?
6.Unsur -unsur yang terpenting dalam sejarah adalah manusia , ruang dan waktu . Jika konsep waktu dalam sejarah berkait erat dengan kapan peristiwa itu terjadi konsep ruang adalah konsep yang berkaitan dengan __ A. Di mana peristiwa itu terjadi B. Motivasi terhadap peristiwa C. Akibat dari peristiwa tersebut D. Mengapa peristiwa itu terjadi E. Dorongan dan pencetus peristiwa 7. Peristiwa a sejarah berlangsung berkelanju tan dari waktu ke waktu. Penyusunan peristiwa -peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya dari sejak awal sampai yang paling akhir terjadi , akan menjadi daftar susunan peristiwa yang panjang. Penyederh anaan penyusunan peristiw -peristiwa yang dikelompokkan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dilakukan
6. Pada masa pemerintahan Sultan Muhammad I, terjadi akibat kekalahan dari ayahnya. Sultan Bayazid I. Akan tetapi, hal itu dapat diatasi. Keberhasilan yang diraih menyatukan wilayah dan mengembalikan kekuatan serta kekuasaan seperti semula Pelajaran yang dapat diambil dari keberhasilan sulitan Daulah Usmani tersebut ialah __ a. pemimpin yang adil dan bijaksana b. disiplin dalam menuntut ilmu C. tidak antipati terhadap orang lain d. semangat dalam membangun negeri 7. Membentuk pasukan khusus yang diberi nama Jenissaries merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh Sultan __ a. Usman 1 C. Sulaiman al Qanuni Murad 1 d. Bayazid 1 8. Masa Daulah Usmani diwarna dengan Perang Salib. Berikut peristiwa pemicu terjadinya pertempuran tersebut ialah __ a.Pertempuran antara pasukan Islam dan Kristen Eropa b. Paus Bonifacius mengadakan penyerangan terhadap pasukan Sultan Bayazid C.Penumpasan gerakan pimpinan pada masa Sultan Muhammad! d.pengepungan Konstantinope selama sembilan bulan 9. Sultan Muhammad al-Fatih berhasil mengalahkan Byzantium dan menaklukkan Konstantinope!tahun __ a. 1450 M 1453 M b. 1452 m 1455 M 10. Penyebab utama kemerosotan kondisi ekonomi masa Daulah Usmani adalah __ a. pendapatan yang menurun akibat pemberontakan gaya hidup mewah para penguasa C. beberapa wilayah kekuasaan memerdekakan diri d. banyak upeti atau pajak yang tidak dibayarkan 11. Sultan Sulaiman I naik takhta pada saat Daulah Usmani mengalami puncak kejayaan. Sultan Sulaiman I diberi gelar al Qanuni, karena __ a. Sang pembuat undang -undang b. Sang pembuat aturan Pembuat jalan raya d. Pembuat kapal laut 12. Perhatihan pernyataan berikut!init 1) Wilayah Islam yang semakin meluas di Balkan menyebabkan banyak pemimpin yang memeluk Islam. 2) Kedaulatan Usmani meluas hingga sampai dengan Asia Tenggara 3) Kedaulatan Usmani semakin dihormati dan dihargai bangsa Eropa. 4) Pengaruh Daulah Usman makin luas sehingga syiar Islam makin berkembang. 5) Membuat penyebaran Islam di Nusantara semakin maju Pernyataan yang merukan hikmah yang diperoleh dari kepemimpinan Sultan Murad I, yaitu ditunjukan pada nomor __ C. 2), 3) dan 4) a.1), 2) dan 3) 3), 4) dan 5) b. 1),2) dan 4) 13. Perhatikan pernyataan pernyataan berikut! 1) Melatih para tentara secara maksimal, dan mengirimnya pada misi penaklukan Konstantinopel. 2) Merangkul daerah-daerah yang sebelumnya sempat terlepas dan kekuasaan Daulah Usmaniyah 3) Membuat kesepakatan dengan negara tetangga, sepert Venesia, Magyar, dan Bosnia 4) Mengutus mata-mata untuk menyelidiki kekuatan dan kelemahan benteng musuh. Memberikan kontribusi terhadap persiapan kejayaan Daulah Usmaniyah pada masa kepemimpinan putranya.
18.Perumusan UUD 1945 memiliki nilai kesejarahan yang tinggi Pelajaran yang dapat diambil dari proses perumusan tersebut adalah $\square $ A. Menghorm ati pendapat orang lain dalam musya warah B. Mem pertahankan argumentasi meskipun tidak diterima anggota C. Menghorm ati musyawarah tetapi tidak mau melaksanakan D. Menentukar keputusar secara sepihak agar pelaksanaan musyawarah cepat selesai
Deskripsikan secara naratif bagaimana sejarah olahraga berkembang di Timur Tengah, terutama dalam cabang panahan dan berkuda
17. Berikut yang bukan termasuk anggota Walisanga yang berasal dari Kesultanan Demak adalah __ a. Sunan Kaljjaga b. Sunan Ampel C. Sunan Kudus d. Sunan Muria 18. Pendiri Keraton Yogyakarta yang memprakarsai perayaan Sekaten dan Grebeg yaitu (HOTS) a Sultan Hamengku Buwono I b. Sultan Hamengku Buwono II C. Sultan Hamengku Buwono III d Sultan Hamengku Buwono IV B. Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar! Jelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di pesisir pantail Jawab __ Jelaskan mengenai usaha perikanan dara!! Jawab __ Sebutkan faktor penyebab persebaran penduduk yang tidak merata! Jawab __ 4.Sebutkan kegunaan dari mengetahui kepadatan penduduk suatu wilayah! Jawab Terangkan pengertian dari pertumbuhan penduduk alami! Jawab __ 6 Apa yang dimaksud dengan komposisi penduduk? Jawab __ 7 Jelaskan pengertian pertumbuhan penduduk! Jawab 8 Jelaskan pengertian sensus penduduk! Jawab __ 9 Tuliskan wujud akulturasi dalam seni sastra dengan kebudayaan Islam! Jawab __ 10. Mengapa seni rupa dalam hiasan Islam kebanyakan berwujud tumbuhan yang telah distilir? Jawab 19. Perhatikan beberapa hal benkut! (1) Jirat (3) Latar (2) Nisan. (4) Cungkup Makam kuno peninggalan masa Islam umumnya terdiri atas bagian-bagian yang ditunjukkan pada nomor (HOTS) a. (2), (3), dan (4) b (1).3), dan (4 ) c (1). (2)dan (4) d. (1), (2 ), dan (3) 20 Masuknya Islam ke Maluku erat kaitannya dengan kegiatan __ a. perdagangan C. pendidikan b pernikahan d. keagamaan
30. Seorang tokoh yang dianggap sebagai orang pertama yang memperluaska n ajaran Marxisme di Indonesia ialah __ a. Semaun d. Karl Marx b. Tan Malaka e. Sneevliet c. Bergsma 31. Gerakan Nasionalisme di Asia dan Afrika timbul karena hal-hal berikut kecuali __ a. Kemenangan Jepang atas Rusia b. Munculnya golongan cerdik pandai c. Kenangan kejayaan masa lampau d. Imperialisme yang sangat menyengsarakan e. Teknologi perang yang canggih 32. Pada tahun 1923 Mustala Kemal Pasha berhasil menurunkan Sultan Muhammad $VI$ dan membentuk negara nasional Republik Turki dengan ibu kota __ a. Teheran d. Tunisia b. Tripoli e. Baghdad c. Ankara 33. Nasionalisme di Eropa sebelum abad ke 14 mengandung pengertian sebagai berikut __ a. rasa setia terhadap raja b. rasa setia bangsawan c. perjuangan kebebasan individu d. perjuangan untuk kepentingan golongan e. perjuangan membela tanah air 34. Para Pemimpin restorasi Meiji menginginkan Jepang menjadi negara yang kuat untuk itu mereka membangun __ a. pusat industri d. Program Wajib Belajar b. pusat pemukiman e. kekuatan militer yang besar c. pelabuhan-pelabuhan 35. Tokoh pergerakan kemerdekaan India yang terpilih sebagai ketua kongres tahun.1929 adalah __ a. Mahatma Gandhi d. Chiang Kai Shek b. Jawaharlal Nehru e. Ramohan Roy c. Mao Zedong
47. Salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II di wilayah Asia adalah __ A. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia B. Perlombaan senjata antar besar C. Perbedaan ideologi antara negara-negara Asia D. Serangan Jepang ke Indo-Cina E. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbour 48. Dalam perang melawan raja-raja Bali dikenal istilah Perang Puputan. Maksud dari istilah ini adalah __ A. Perang satu lawan satu B. Perang melibatkan semua laki-laki dewasa Bali C. Perang menggunakan berbagai senjata tradisional D. Perang sampai titik darah penghabisan E. Perlawanan sampai tujuan tercapai 49. Sebuah negara akan maju apabila memiliki sebuah sikap yang berlawanan dengan mentalitas inlander, yaitu __ A. Menakar diri lebih rendah dibandingkan bangsa-bangsa lain B. Memiliki keyakinan akan potensi dan kekuatannya sendiri C. Menyerahkan pengelolaan aset aset bangsa ke negara-negara lain D. Baru mau bekerja kalau dilecut E. Kurang kreatif, kurang disiplin, dan cenderung malas 50. Kata-kata seperti ruilslag gijzeling, beslag, in kracbt,dan bezet yang sering dipakai di Indonesia saat ini menunjukkan kuatnya pengaruh penjajah Belanda dalam bidang __ A. Hukum B. Politik C. Ekonomi D. Sosial-budaya E. Pendidikan
Tujuan memp erkenalkan budaya Indonesia a dalah __ a. men glsolas ya Indonesia b. men arik perh atian n egar a lain c.men ingkatka n keber agama n budaya d. men dorong m e lestarikan a