Bantuan Tugas Sejarah
Sejarah adalah mata pelajaran yang menarik bagi sebagian orang dan membosankan bagi yang lain. Sementara beberapa siswa terkesan dengan berbagai peristiwa masa lalu, pertempuran, dan tokoh-tokoh menarik, yang lain menganggap sangat sulit untuk menghafal kronologi pertempuran, nama-nama pemimpin berpengaruh, dan beratnya informasi yang ditawarkan mata pelajaran ini.
Untungnya, dengan pertanyaan dan jawaban sejarah ini, mudah bagi kamu untuk mengingat beberapa peristiwa penting besar dan waktu tepat kapan mereka terjadi. Jangan terlalu khawatir bahkan jika nama-nama orang penting ini membuat kepalamu pusing. Bantuan tugas sejarah kami memiliki fitur asosiasi kecerdasan buatan yang akan menghubungkannya dengan beberapa cerita menarik untuk membantumu mengingatnya dengan lebih baik.
D. Champa E.Tonkin 15. Masyarakat pada masa berburu dan meramu tingkat awal memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara __ A Berhuma B. Berkebun C. Berladang D. menangkap ikan E. bersawah 16. Masyarakat praaksara hidup secara nomaden Nomaden arunya __ A. bergantung pada alam D. berburu binatang B. berpindah dari satu tempat ketempat lain E. memproduksi makanan C. mengumpulkan bahan makanan 17. Pembagian kerja dikalangan manusia purba pada masa food gathering berburu dan meramu didasarkan pada __ A Umur C. Besar kecilnya tubuh E. Kedudukan B. jenis kelamin D. Kekuasaan 18. Kehidupan menetap pada manusia purba mulai dilakukan pada masa. __ A Berburu Dan Mengumpulkan Makanan D. Bersawah B. Bercocok Tanam E. Megalitikum C. Perundagran
1. Siapakah Abu Bakar al Siddiq? 2. Bagaimana sikap Abu Bakar as Siddiq saat memerintah? 3. Sebutkan jasa-jasa yang diberikan Abu Bakar al Siddiq pada saat menjadi khalifah! 4. Siapa yang menggantikar Abu Bakar al Siddiq? 5. Sebutkan keteladanan yang dapat diambil dari sikap Umar bin Khatab saat menjadi khalifar select on Kelas $6SD/MI$ Kurikulum Merdeka
erjakan soal-soal di bawah ini dengan benar! acaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor $1-3$ goed Oetomo merupakan organisasi pemuda pertama yang dibentuk pada masa pergerakan lengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia . Boedi Oetomo merupakan organisasi emuda yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan budaya. Boedi Oetomo lahir karena bentuk indakan proaktif dalam merespons kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang saat itu membatasi akses pendidikan bagi orang Indonesia Organisasi ini memiliki misi untuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan di kalangan masyarakat Indonesia, terutama para pemuda. Berdirinya Boedi Oetomo diprakarsai oleh dr. Wahidin Soedirohoesodo Keresahan dr. Wahidin Soedirohoesodo akan kondisi bangsa Indonesia saat itu membawanya pada sebuah gagasan untuk nendirikan Studiefonds (dana pendidikan) guna menolong para pemuda agar dapat menuntut bendidikan di perguruan tinggi. Pada tahun $1906-1907$ ia melakukan perjalanan ke beberapa daerah di Pulau Jawa dengan tujuan membuka pikiran kaum priyayi untuk bersama-sama mencari jalan neningkatkan derajat bangsa melalui pendidikan. Akan tetapi usaha tersebut tidak mendapatkan anggapan dari kalangan priyayi golongan tua konservatif. Di sisi lain, gagasan tersebut mendapat sambutan hangat oleh kaum priyayi golongan muda, terutama para pelajar STOVIA Pelajar STOVIA ersebut, yaitu Soetomo, M. Soeradji, M Muhammad Saleh, M Soewarno, M. Goenawan , Soewarno, Q. M. Goembrek,R. Angka, dan Soelaiman. dr. Wahidin Soedirohoesodo mengajak mereka bertukar pikiran hingga akhirnya mereka tertarik dan sepakat untuk mewujudkan dan mengembangkan cita -citanya dengan mendirikan organisasi Boedi Oetomo.Boedi Oetomo diketuai oleh Soetomo dan M Soelaiman sebagai wakil ketua. Boedi Detomo memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Jawa Sunda, dan Madura tentang pentingnya merenungkan posisi mereka dalam masyarakat. Selain itu Boedi Oetomo nemiliki tujuan untuk meningkatkan perkembangan mata pencaharian serta kualitas hidup seluruh angsa Indonesia dengan fokus pada pendidikan, pengajaran , dan pengembanga n kebudayaan. Sumber: https://www ,connindonesia.com/edukasi/20230927112556-569 -100433331 budi-utomo-sejarah-tokoh-dan -tujuan-organisasi - Boedi Oetomo merupakan organisasi pergerakan nasional yang pertama kali dibentuk oleh para pemuda Indonesia. Bagaimana proses berdirinya Boedi Oetomo? Jelaskan! __
C. bangsa Proto Melayu yang berasal dari wilayah Yunan, Cina D. bangsa Melanesia yang masuk ke wilayah Kepulauan Indonesia E. orang-orang Vedda yang melakukan migrasi ke Kepulauan Indonesia 36. Berikut ini yang bukan menunjukkan peninggalan pada masa perundagian adalah. __ A. moko B. nekara C. gerabah D. kapak perunggu E. bejana perunggu 37. Pada masa praaksara, masyarakat cenderung hidup secara berkelompok. Hal ini tentu mem- permudah mereka dalam menjalankan aktivitas keseharian, seperti berburu dan mencari makan- an. Kebiasaan hidup berkelompok saat itu juga berhasil menciptakan suatu mahakarya berupa bangunan-bangunan batu besar tempat mereka melakukan ritual. Dari hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa masyarakat masa praaksara telah menerapkan nilai-nilai __ A. empati D. kepedulian B. religius E. gotong royong C. solidaritas 38. Salah satu hasil kebudayaan Bacson -Hoabinh yang ditemukan di Indonesia adalah kjokkenmoddinger. Penemuan kjokkenmoddinger menunjukkan bahwa __ A. manusia purba menetap di tepi pantai dalam waktu lama B. budaya manusia purba berkembang di daerah dataran rendah C. manusia purba hidup dari kebiasaan berburu di laut dan hutan D. budaya manusia purba berkembang mengi- kuti arus aliran sungai E. manusia purba belum mampu mengolah makanan yang berasal dari laut 39. Masyarakat Dongson mampu mengembangkan peralatan berbahan logam (perunggu), sedang kan masyarakat Bacson-Hoabinh terbatas pada pembuatan alat dari batu dan tulang Kondisi ini menunjukkan bahwa __ A. masyarakat Dongson membuat peralatan dari batu dan tulang B. masyarakat Bacson-Hoabinh terdesak oleh masyarakat Dongson C. kebudayaan Dongson memengaruhi masa perundagian di Indonesia D. kebudayaan Bacson-Hoabinh dipengaruhi oleh kebudayaan Dongson E. kebudayaan Dongson lebih maju daripada kebudayaan Bacson -Hoabinh 40. Teori Nusantara menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah Kepulauan Indonesia sendiri. Gagasan yang melandasi teori tersebut adalah __ A. perahu bercadik yang digunakan masyarakat Indonesia sejak masa praaksara B. masyarakat di kepulauan Indonesia telah memiliki kebudayaar tinggi C. Homo erectus dari Indonesia melakukan migrasi ke wilayah Asia Tenggara D. masyarakat Indonesia mampu berlayar mengarungi Samudra E. wilayah Indonesia memiliki banyak situs praaksara Smart Test Untuk menambah pemahaman kalian tentang Se mester I, pindailah QR Code berikut!
ditunjukan oleh nomor __ Pernyataan tersebut, yang merupakan usaha Muhammad Al-Fatih dalam menaklukkan Konstantinopel. a. 1) dan 2) b. 2) dan 3) C. 3) dan 4) d. 4) dan 5) 14. Salah satu bukti bahwa para Khalifah Daulah Usmaniyah memiliki sikap toleransi beragama , kecuali __ B. Memetapkan Islam sebagai agama resmi, tetapi diberi kebebasan memeluk agama lainnya b. Memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam memeluk agama masing-masing as Khalifah tidak memperdulikan urusan agama yang dianut oleh rakyatnya. d. Khalifah memfasilitas berkembangnya agama apa pun yang ada di wilayah kedaulatannya. 15. Sebuah bangunan peninggalan Sultan Ahmet I yang masih bisa dinikmati keindahannya hingga pada zaman sekarang __ a. Mosque Al-Manar C. Masjidil Aqsho b. Istana Al-Hamra Blue Mosque 16. Perhatikan wacana berikut! "Usaha penaklukkan kota Konstantinopel oleh Al-Fatih memakan waktu 9 bulan dan tepat pada 29 Mei 1453 M., kota Konstantinopel berhasil ditaklukkan Setelah memasuki Konstantinopel , Al-Fatih memasuki sebuah gereja Hagia Sofia/Aya Sofia (saat itu dijadikan sebagai tempat perlindungan para rahib, pendeta serta masyarakat dan Al-Fatih yang baik hati memberikan perlindungan kepada mereka" Dari wacana tersebut, dua nilai positif yang bisa kita teladani adalah __ a. Gotong royong dan pengorbanan b. Kegigihan dan toleransi C. Keteguhan dan keramahan d. Istigomah dan kesabaran 17. Perhatikan pernyataan berikut!Sejak mendeklarasikan diri sebagai sebuah republik pada tahun 1923 M., Turki berubah menjadi negara yang berpaham sekuler. Paham sekuler tersebut tidak cocok diterapkan di negara Indonesia. Alasan yang paling tepat dari pernyataan tersebut adalah __ a. Indonesia adalah negara yang memiliki multi pulau bahasa, dan suku. b.Semua rakyat Indoneia memilik keyakinan dan senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. C. Negara Turki Usmani sangat berbeda karakter dan adat istiadatnya dengan negara Indonesia d. Indonesia tidak akan berkembang jika menjadi negara sekuler. 18. Apa yang menjadi faktor utama yang menyebabkan kemajuan Dinasti Usmani pada awal masa kekuasaannya? a. Teknologi militer yang canggih b. Strategi perdagangan yang efektif C.Aliansi dengan negara-negara Eropa d.Kepemimpinan yang kuat dari para Sultan 19. Salah satu alasan utama untuk perluasan wilayah Dinasti Usmani adalah __ a.Hasil perang salib b. Keberhasilan diplomasi dengan negara-negara tetangga C. Kekuatan ekonomi yang besar d.Sistem pemerintahan yang efisien 20. Faktor apakah yang memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas politik Dinasit Usmani adalah __ a. Pemberontakan internal yang sering b. Sistem warisan kekuasaan yang jelas C. Kehadiran tentara yang kuat d. Aliansi pernikahan dengan bangsawan Eropa
3. Cara me mperkenalkan budaya Indonesia secara aktif adalah __ a. men ygunakan sosial media b. ha nya mem pelajarinya dari buku c. te alam aktivitas budaya d. men jadi bag ian dari k omunitas internasi onal
SOAL Pada masa Demokrasi Terpimpin PKI berusaha meyakinkan Soekarno bahwa PKI merupakan partai pendukung utama kebijakan pemerintah. PKI mencapai tujuan tersebut dengan cara A. mengangkat D.N. Aidit sebagai penasihat Presiden Soekarno mengutip slogan-slogan Nasakom dan pidato Soekarno menyusupkan kader PKI ke dalam MPRS dan Angkatan Darat mendukung pengangkatan Soekamo sebagai presiden seumur hidup I SOAL Pada 17 Agustus 1956 Kabinet Ali Sastroamidjojo membentuk pemerintahan semidjojo di Irian Barat dengan ibu kota di Soasiu, Tidore. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan A. memengaruhi rakyat Irrian Barat untuk bergabung dengan Republik Indonesia meminta dukungan Uni Soviet dalam konfrontasi militer dengan Belanda meminta dukungan negara-negara Asia dan Afrika mengenai masalah Irian Barat mendeklarasikan Irian Barat sebagai bagian dari Republik Indonesia mendesak pemerintah Belanda menaati persetujuan KMB SOAL Konsepsi Demokrasi Terpimpin dicetuskan oleh Presiden Soekarno sejak 21 Februari 1957. Langkah pertama yang ditempuh Soekarno dalam mewujudkan konsepsi tersebut adalah A. membentuk Majelis Permus yawaratan Rakyat Sementara membentuk Kabinet Gotong Royong meminta dukungan Angkatan Darat membubarkan Dewan Konstituante Amerika Serikat menekan Belanda agar bersedia berunding dengan Indonesia mengenai masalah Irian Barat. Tekanan tersebut diberikan karena kedudukan Belanda tidak didukung sepenuhnya oleh rakyat Irian Barat Amerika Serikat mencegah keterlibatan Uni Soviet dalam konfrontasi Amerika Serikat telah mengirim Ellsworth Bunker sebagai mediator Indonesia berhasil menguasai sebagian besar wilayah Irian Barat Belanda kalah dari Indonesia dalam konfrontasi militer SOAL Presiden Soekarno menolak keras pembentukan Federasi Malaysia Penolakan tersebut dilakukan Presiden Soekarno karena negara-negara Asia Tenggara mendukung pembentukan Federasi Malaysia pembentukan Federasi Malaysia mengancam keutuhan Republik Indonesia Malaysia telah bergabung menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB Malaysia menolak bergabung dalam pelaksanaan Games of New Emerging Forces pembentukan Federasi Malaysia dianggap sebagai proyek neokolonialisme Inggris I SOAL Pada 19 Desember 1961 Presiden Soekarno mengumumkan Tri Komando Rakyat (Trikora)yang bertujuan A. membentuk pemerintahan sementara di Irian mengadakan agresi militer sebagai usaha pengembalian Irian Barat menggerakkan rakyat sebagai pendukung usaha pengembaliar Irian Barat ISOAL Pada 1965 Indonesia resmi keluar dari keanggotaan PBB Dampak keputusan Indonesia tersebut adalah A. Indonesia kehilangan media untuk memperjuangkan kepentingannya di forum internasional B. Indonesia semakin disegani oleh negaranegara di Asia -Afrika dan anggota Gerakan Non-Blok PBB mengucilkan Indonesia dari dunia internasional konfrontasi Indonesia-Malaysia tetap berlanjut SOAL Pada 1964 Presiden Sockarno menerapkan kebijakan Dana Revolusi yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek mandataris presiden. Kebijakan tersebut berdampak pada A. meningkatnya cadangan devisa Negara B. meningkatnya utang-utang Negara C. menurunnya pendapatan Negara
1. Sebutkan penyebab Perang Dingin! Jawab: __ 2. Sebutkan isu yang memengaruhi peristiwa Detente! Jawab: __ 3. Apakah perbedaan paham yang dianut oleh Blok Barat dan Blok Timur? Jawab: __ 4.Bagaimanakah dampak positif Perang Dingin dalam bidang ekonomi? Jawab __ 5. Sebutkan hasil KTTGNB ke $-10$ di Jakarta Indonesia pada tanggal $1-6$ September 1992! Jawab: __
10. Sultan Syarif Kasim II merupakan salah satu raja pemersatu bangsa.Dukungan Sultan Syarif Kasim II dalam upaya integrasi bangsa adalah __ a. menyatakan Siak sebagai wilayah RI b. menawarkan ibu kota Ri dipindahkan ke Yogyakarta C. menjalin kerjasama dengan sulitan Hamengku Buwono IK dari Yogyakarta d. meminta rakyat Siak membantu perjuangan pemerintahan dan rakyat Indonesia e. menyerahkan sebagian harta untuk membantu perjuangan pemerintah Indonesia 11. Seorang tokoh prointegrasi yang berjuang lewat lagu-lagu yang syarat dengan nilai-nilai perjuangan dan rasa kecintaan terhadap tanah air dan bangsa , seperti Halo- Halo Bandung, Sepasang Mata Bola, dan Rayuan Pulau Kelapa adalah __ a. W. R. Supratman d. Ibu Soed b. Kusbini e. C. Simanjutak C. Ismail Marzuki 12. Jendral Soedirman tercatat sebagai Panglima tentara sekaligus Jendral Republik Indone- sia pertama termuda yang ada dalam sejarah. Peran Soedirman dalam upaya memper- juangkan keutuhan negara dan bangsa Indonesia adalah __ a. membentuk Badan Keamanan Rakyat b emberontakan PKI di Madiun C. melakukan pemberontakan terhadap Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia
16. Dibawah ini teori yang menyatakan masuknya agama dan kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia melalui para pemuka agama adalah __ A. Teori Sudra B. Teori Brahmana C. Teori Waisya D. Teori Kesatria E. Teori Arus Balik 17. Perkakas masa Mesolitikum terbuat dari batu yang diproses sederhana dengan cara dibelah menjadi dua bagian batu yang memiliki sisi sisi yang tajam mempengaruhi cara masyarakata pada masa ini dalam memenuhi kebutuhan hidup, yaitu __ A. berdagang B. berburu dan mengumpulkan makanan C. bercocok tanam berkebun D. bercocok tanam dengan cara berladang E. bercocok tanam dengan cara bersawah